Perbedaan Body Lotion, Body Moisturizer dan Body Care Lainnya

Seringkali kita mendengar tentang istilah body lotion, body cream, body butter, atau body milk dan masih banyak macam body care lainnya. Semuanya memang bermanfaat untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Lalu, kira-kira apa perbedaan dari jenis-jenis body lotion tersebut?

Perbedaan Body Lotion, Body Moisturizer dan Body Care Lainnya

Perbedaan Body Lotion, Body Moisturizer dan Body Care Lainnya

Banyak dari kita yang masih belum paham perbedaan antara body lotion dan body care lainnya, saat ini ada banyak jenis krim perawatan tubuh dan kulit yang sangat beragam dam memiliki manfaat yang berbeda dari masing-masing jenisnya. Body care atau bisa disebut skin care. Produk-produk kecantikan yang berhubungan dengan kesehatan kulit seperti kulit kering, kulit berminyak, perlindungan kulit dari matahari atau bakteri, sampai pemutih kulit. Intinya produk-produk ini dibuat untuk menjaga kesehatan kulit kita.

Body Lotion

Body Lotion

www.ebay.com

Bentuk paling umum dari body moisturizer adalah body lotion. Sejak zaman dahulu, jenis ini sudah ada. Pilihannya juga paling banyak. Seringkali body lotion dilengkapi manfaat lain selain melembapkan kulit, seperti efek mencerahkan, fitur non greasy, serta tambahan SPF.

Body lotion umumnya berbentuk cairan kental hingga creamy, namun ada juga yang berupa gel lotion bahkan padat. body moisturizer berbentuk lotion cocok dipakai di pagi dan sore hari. Yang berentuk gel direkomendasikan untuk kita yang memakai pakaian serba tertutup. Sementara lotion bar praktis dibawa bepergian.

Baca Juga: 12 Tips dan Cara untuk Atasi Kulit Kusam Agar Kembali Cerah

Body Butter

Body Lotion

http://www.leannegrace.com

Bagi kita yang memiliki kulit sangat kering, body butter sangat dianjurkan. Melalui teksturnya yang menyerupai mentega (itulah mengapa disebut body butter), body moisturizer jenis ini mampu memberikan kelembapan ekstra.

Kebanyakan body butter memang agak lengket dan kadang menyisakan bekas noda putih pada pakaian. Body butter kurang nyaman dipakai di cuaca panas, namun cocok sekali untuk kamu yang tinggal di ruangan ber-AC dan pada malam hari.

Baca Juga: 10 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Body Sorbet

Body Lotion

www.vemale.com

Dibandingkan dengan body lotion dan body butter, body sorbet memiliki tekstur yang paling ringan. Salah satu keunggulan body sorbet adalah memiliki wangi yang menyegarkan dan efek dingin di kulit. Teksturnya yang seperti gel juga mudah meresap ke kulit dan tidak menimbulkan rasa berminyak atau lengket.

Namun, fungsi utama body sorbet memang untuk menyegarkan, jadi kalau kulit kita kering, body lotion atau body butter adalah pilihan yang lebih baik.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Walau Sibuk Bekerja

Body Oil

Body Lotion

www.kamaayurveda.com

Seperti namanya, body oil merupakan pelembap tubuh dalam bentuk minyak. Pelembap tubuh jenis ini dapat memberikan kelembapan lebih baik dari pada jenis lotion yang biasa. Sebagian orang mungkin tidak suka dengan sensasi berminyak yang dihasilkan. Tapi kita bisa coba pakai body oil pada kulit setengah kering. Oil akan mengunci air di kulit kita sehingga kelembapan kulit terjaga lebih lama.

Untuk siang hari di cuaca panas memang body oil tidak disarankan karena bisa menyumbat keringat. Namun tentu saja kalau kita merasa nyaman, maka pakai saja. Bagusnya lagi, beberapa body oil punya manfaat lebih advance dari sekedar melembapkan kulit. Ada body oil yang dapat menghilangkan stretch mark, dan ada juga oil serbaguna yang bisa kita pakai sebagai face oil. Namun kekurangannya, harga body oil cenderung lebih mahal dibandingkan body moisturizer lain.

Baca Juga: 5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Body Serum 

Body Lotion

www.linahanson.com

Secara tekstur, body serum mirip dengan body lotion, hanya berbeda formulanya. Sederhananya, body serum adalah body lotion yang diberi tambahan serum. Tentu saja cara kerjanya lebih baik. Body serum akan menghidrasi kulit terus menerus, jadi kelembapan kulit kita tidak akan hilang sekalipun terkena air. Sementara kandungan serumnya melembapkan kulit dari dalam, body serum sekaligus memberi perlindungan dari paparan polusi.

Baca Juga: Selain Lezat, Kurma Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan, Loh!

Body Cream

Body Lotion

heavy.com

Jenis body lotion ini adalah memiliki tekstur yang kebih pekat dan  kental. Karena teksturnya yang creamy dan punya kandungan minyak, body cream cocok digunakan di bagian tubuh yang kering, seperti tangan dan kaki dan daerah siku. Jadi body cream memang merupakan produk yang direkomendasikan bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit super kering, atau bisa juga untuk kita yang yang seharian berada di ruangan ber-AC atau cuaca dingin di luar. Jadi, lebih baik selalu mempersiapkan body cream di dalam tas kita sehingga kulit kita tetap terjaga.

Baca Juga: Rutin Minum Air Hangat? Ini 6 Manfaat yang akan Dirasakan Tubuh!

Body Milk

Body Lotion

www.shopclues.com

Kalau body lotion ini lebih cair dari body butter dan body cream, body milk ini lebih cair lagi dari pada jenis body lotion lainnya. Body milk punya tekstur yang ringan dan gampang menyerap ke kulit, jadi cocok buat kita ketika pagi hari sedang tergesa-gesa untuk pergi ke sekolah atau ke kantor. Body milk juga jadi salah satu body care yang punya sifat watery. Sehingga nyaman dipakai di tubuh kita di siang hari.

Baca Juga: 5 Makanan dengan Kandungan yang Efektif untuk Hambat Penuaan

Body Yogurt

Body Lotion

dailyvanity.sg

Body yogurt adalah inovasi terbaru dalam perawatan kulit setelah body butter yang dulu fenomenal. Body yogurt dibuat dari susu almond yang difermentasikan dan ditambah dengan ekstrak berbagai buah-buahan, seperti strawberry, mangga, dan almond. Selain itu juga mengandung asam hialuronic untuk melembabkan dan mencegah dehidrasi kulit serta vegetarian glycerin untuk membantu menjaga kadar air pada lapisan teratas kulit. Dengan formula gel-cream, body yogurt hanya butuh waktu 15 detik untuk meresap ke dalam kulit dan memberikan kelembaban hingga 48 jam.

Baca Juga: 7 Cara Tepat untuk Menghindari Makanan Junk Food

Body Mist

Body Lotion

www.hermo.my

Teksturnya paling cair dari body care lainnya. Ringan, menguap di udara dan harum. Karena teksturnya ini, body mist sering disebut juga Body sprayBody mist biasanya terdiri dari 2% essential oil, sisanya alcohol dan air. Untuk wanginya pun hanya bertahan kurang lebih 1 jam. Katanya body mist ini bisa melembabkan, agar kulit tidak pecah-pecah, dan sebagai penyegar.

Baca Juga: Suka Cokelat? Nikmatilah Ketujuh Manfaat Cokelat Ini, Rekan Bijak!

Body Gel

Body Lotion

www.safasunshine.com

Ciri utamanya adalah bening, dan teksturnya lebih lembut dan cair, body lotion dan lebih padat dibanding body mist. Biasanya sih body gel itu terbuat dari aloe vera (lidah buaya) karena teksturnya (dan ciri-cirinya) mirip dan bisanya berfungsi sebagai moisturizing (pelembab alami) saja. Karena teksturnya ini, membuat body gel bisa di gunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak. kandungannya yang ringan membuat produk body gel bisa digunakan pada wajah dan tubuh.

Baca Juga: 20 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Body Scrub

Body Lotion

www.amazon.com

Body scrub adalah sebuah perawatan tubuh yang di sebut juga sebagai facial untuk tubuh. Body scrub menghidrasi kulit, membuat kulit terlihat dan terasa lembut. Body scrub umumnya terbuat dari bahan-bahan abrasif seperti garam, gula, ampas kopi, dsb yang biasanya di campur dengan massage oil dan essential oil.

Sama seperti sel-sel kulit di wajah, sel-sel kulit di tubuh juga terganti secara regular dengan sel-sel baru yang lebih sehat di bawah kulit. Proses penggantian sel-sel tersebut akan melambat seiring bertambahnya umur kita. Untuk membantu proses penggantian sel-sel tersebut, gunakanlah body scrub.

Manfaat body scrub adalah ketika di pijat di kulit kita, butiran-butiran pengelupasan memiliki peran membantu membuang kulit mati. Dengan menggosokkan scrub di kulit akan meningkatkan sirkulasi dan membantu menguras kelenjar getah bening, dengan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit.

Tetapi, kegunaan penting lainnya dari menggunakan scrub adalah kenyamanan yang kita rasakan saat dalam proses menggunakan body scrub. Tekstur dari scrub akan menyegarkan kulit kita, dan harumnya akan memberikan kita kenyamanan tersendiri untuk menikmati treatment.

Beberapa bahan-bahan yang umumnya terdapat di body scrub adalah garam, gula, kulit kacang yang sudah di hancurkan dan bahkan beberapa bahan kimia. Alpha hydroxy dan glycolic acid yang ada di body scrub dapat melembutkan dan meningkatkan ketahanan kulit. Salicyl acid dapat menghapus jerawat dan bercak-bercak merah.

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Sebenarnya Dapat Membahayakan Kesehatan

Body lotion merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan oleh pria maupun wanita. Fungsinya sendiri sangat beragam, mulai dari melembabkan, mencerahkan, menutrisi, hingga melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Saat ini Hampir semua brand kosmetik memiliki produk perawatan body lotionnya jadi tidak terlalu susah untuk kita mencari produk skin care.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: