Mengetahui Perbedaan Pesawat Terbang Komersil : Airbus dan Boeing

Pesawat terbang merupakan alat transportasi melalui udara, pesawat terdiri dari berbagai jenis dan fungsi. Pesawat terbang yang biasa digunakan untuk transportasi umum atau komersil yang bisa menampung lebih banyak orang yaitu jenis pesawat Airbus dan pesawat Boeing.

Mengetahui Perbedaan Pesawat Terbang Komersil : Airbus dan Boeing

Mengetahui Perbedaan Pesawat Terbang Komersil : Airbus dan Boeing

Jenis pesawat terbang yang digunakan untuk transportasi umum atau untuk keperluan komersil yang sudah diakui oleh dunia yaitu pesawat Airbus dan pesawat Boeing. Pesawat airbus dan pesawat boeing telah digunakan hampir seluruh perusahaan komersil penerbangan yang ada di dunia.

Baca Juga : Ikuti 6 Cara Ini untuk Dapatkan Tiket Pesawat Murah

Pesawat airbus merupakan pesawat terbang yang diproduksi oleh Eropa, yang mulai dibuat pada tahun 1970, setelah adanya persetujuan dari Prancis dan Jerman. Pesawat airbus dengan kode A380 merupakan pesawat yang dapat menampung 555 penumpang dan pesawat komersial terbesar di dunia, mulai tahun 2006.

Sedangkan, pesawat boeing adalah salah satu produsen pesawat terbesar di dunia, dan juga merupakan kontraktor terbesar di dunia pada tahun 2015. Pesawat boeing diproduksi oleh Amerika Serikat. Kedua pesawat terbang tersebut digunakan untuk keperluan komersil atau transportasi umum di dunia, lalu apa yang membedakan pesawat Airbus dengan pesawat Boeing ya?

Bentuk Badan

Pesawat Terbang

Sumber : Tribunnews.com

Perbedaan yang dapat Rekan Bijak lihat dari pesawat airbus dengan pesawat boeing adalah bentung badan, dimana pesawat airbus yang dibuat oleh Perancis memiliki bentuk dibagian paling depan atau hidung yang berbentuk lebih bulat dan melengkung, sedangkan pesawat boeing yang dibuat oleh Amerika Serikat memiliki bentuk bagian paling depan atau hidung yang lebih runcing.

Kemudian, bentuk dari jendela kokpit keduanya juga berbeda, yang membedakan yaitu bentuk jendela kokpit pesawat airbus memiliki bentuk lebih lurus, sedangkan, bentuk jendela kokpit pada pesawat boeing memiliki bentuk jendela yang agak meruncing di bagian bawah.

Dan hal yang mudah Rekan Bijak bedakan dalam sekali lihat antara pesawat airbus dan pesawat boeing adalah bentuk sayap kedua pesawat tersebut, dimana pesawat airbus memiliki bentuk sayap yang runcing dan pesawat boeing memiliki bentuk sayap yang melengkung ke atas.

Cara Mengendalikan Pesawat

Pesawat Terbang

Sumber : airport.id

Hal yang berbeda dari pesawat airbus dengan pesawat boeing yaitu cara mengendalikan pesawat. Untuk mengendalikan pesawat airbus menggunakan sidestick yang berbentuk seperti joystick yang biasa digunakan untuk bermain video game, dan sidestick berada di sisi kanan dan kiri dan pada pesawat airbus memiliki sistem perlindungan yang disebut dengan fly by wire, dimana seorang pilot tidak bisa mengambil kendali penuh pada sistem.

Sedangkan, untuk mengendalikan pesawat boeing menggunakan alat kendali yang dinamakan dengan yoke, yang memiliki bentuk hampir sama dengan setir mobil, dimana alat kendali ini ditempatkan di bagian depan pilot, dan dengan menggunakan alat kendali yoke dapat membuat pilot bebas mengendalikan semua fungsi yang berada di sistem pesawat.

Baca Juga : 9 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan

Lampu Strobo

Pesawat Terbang

Sumber : brilio.net

Rekan Bijak mungkin bingung, memang ada ya lampu strobo di pesawat? Yap, tidak hanya polisi saja yang menggunakan lampu strobo, tetapi, pesawat juga memiliki lampu strobo. Lampu strobo dapat Rekan Bijak lihat pada sayap pesawat ketika akan masuk runway, dimana ada lampu yang berkedip terang berwarna putih. Fungsi utama lampu strobo ada di pesawat yaitu untuk memberikan tanda bahwa ada keberadaan fisik sebuah pesawat.

Nah, perbedaan lampu strobo dalam pesawat airbus dengan pesawat boeing yaitu pada pesawat airbus, lampu strobo akan berkedip satu kali dalam satu detik, kemudian, pada pesawat boeing, lampu strobo akan berkedip dua kali dalam satu detik. Jadi, ketika Rekan Bijak sedang melihat pesawat lalu lampu strobo berkedip satu kali dalam satu detik, berarti pesawat yang Rekan Bijak lihat adalah pesawat airbus.

Mesin Pesawat

Pesawat Terbang

Sumber : WordPress.com

Perbedaan antara pesawat airbus dengan pesawat boeing adalah mesin pesawat, dimana mesin pesawat pada pesawat airbus pada umumnya ditempatkan pada bagian bawah sayap pesawat. Sedangkan mesin pesawat pada pesawat boeing berada di bagian depan sayap pesawat. Akan tetapi, tidak selalu pesawat airbus memiliki mesin yang berada di bagian bawah sayap dan tidak selalu pesawat boeing berada di bagian depan sayap pesawat ya Rekan Bijak, karena, semuanya balik lagi kepada produsen yang membuat pesawat airbus dan pesawat boeing itu sendiri.

Baca Juga : Yuk, Intip 7 Pekerjaan yang Cocok untuk Orang yang Senang Travelling!

Nah, Rekan Bijak, ternyata pesawat airbus dan pesawat boeing memiliki perbedaan ya? Jika Rekan Bijak masih bingung dengan perbedaan pesawat airbus dengan pesawat boeing, dapat membaca kembali artikerl diatas ya!

Pesawat Terbang

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: