Mengenal Perbedaan Tes Bahasa Inggris : IELTS dan TOEFL

Belajar bahasa asing merupakan kegiatan yang positif untuk menambah pengetahuan, serta kemampuan kita yang berguna untuk kedepannya, baik untuk berkomunikasi, untuk belajar di sekolah, maupun untuk mencari pekerjaan. Salah satu bahasa asing yang wajib semua orang kuasai yaitu Bahasa Inggris.

Mengenal Perbedaan Tes Bahasa Inggris : IELTS dan TOEFL

Mengenal Perbedaan Tes Bahasa Inggris : IELTS dan TOEFL

Belajar bahasa inggris merupakan sebuah kegiatan untuk membantu Rekan Bijak menjadi lebih berkembang, sama halnya ketika kita belajar sesuatu haruslah melakukan tes atau ujian, dan hal ini berlaku juga untuk tes bahasa inggris. Tes atau ujian bahasa inggris yang dimaksud yaitu IELTS (International English Language Test System) dan TOEFL (Test of English as a Foreign Language).

Melakukan tes bahasa inggris tersebut biasanya untuk mendapatkan sertifikat yang akan digunakan untuk persyaratan seperti persyaratan masuk ke sebuah sekolah, masuk ke perguruan tinggi, bahkan untuk persyaratan melamar pekerjaan.

Ada banyak penyelenggara yang dapat Rekan Bijak untuk mengikuti dua tes bahasa inggris tersebut. Dari kedua ujian bahsa inggris tersebut, masih banyak orang yang bingung perbedaan kedua ujian bahasa inggris tersebut, padahal keduanya memiliki perbedaan. Lalu, apa saja perbedaan tes bahasa inggris IELTS dan TOEFL?

Penyelenggara Tes

Tes Bahasa Inggris

Sumber : angletsurfphoto.info

Sesuai dengan namanya, IELTS merupakan ujian bahasa inggris yang lebih sering digunakan pada seluruh wilayah Eropa, US dan Asia. Pada tes IELTS bekerja sama dengan tiga lembaga yaitu University of Cambrige, British Council dan IDP Education Australia yang dimulai pada tahun 1989, dan pada tes ini bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris Britania atau British.

Sejak tahun 1964 tes TOEFL diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) yang berada di Princenton, New Jersey, USA. Pada Tes TOEFL bahasa inggris yang digunakan adalah dengan logat atau ciri khas dari Amerika, oleh karena itu, hasil tes TOEFL sering digunakan untuk sekolah, atau pekerjaan yang berada di Amerika dan Kanada.

Bentuk Soal dan Sistem Penilaian

Tes Bahasa Inggris

Sumber : ciricara.com

Bentuk soal TOEFL yaitu bentuk soal pilihan ganda mulai dari soal listening, reading, speaking serta writing. Lalu untuk sesi speaking yang berbicara adalah komputer atau menggunakan alat bantu, dimana sebuah suara atau percakapan yang sudah di rekam terlebih dahulu.

Bentuk soal IELTS jarang adanya pilihan ganda, untuk soal listening berupa isian singkat, untuk soal reading memiliki bentuk soal yang beragam serta pertanyaan pada soal untuk menentukan ide pikiran dari setiap paragraf, untuk soal speaking yaitu di uji langsung dengan native speaker, dan untuk soal writing yaitu berupa esai yang terdiri dari dua bentuk, yaitu menjelaskan menganai tabel atau grafik dan menjelaskan mengenai pendapat tentang sebuah masalah.

Sistem penilaian TOEFL berdasakan dari hasil secara keseluruhan berdasarkan pada penggunaan kosa kata, penggunaan gaya bahasa serta tata bahasa yang digunakan dan TOEFL memiliki rata-rata skor antara 310-677 dan 0-120. Sedangkan sistem penilaian untuk IELTS berdasarkan pada masing-masing sesi yang dijumlah secara terpisah sesuai dengan logika, kohesi, tata bahasa serta kelancaran Rekan Bijak dalam berbicara dan IELTS memiliki nilai rata-rata sekitar 1.0 sampai 9.0.

Biaya Tes

Tes Bahasa Inggris

Sumber : ujiansma.com

Biaya tes untuk kedua ujian bahasa inggris ini berbeda, dimana untuk IELTS membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada TOEFL. Hal ini disebabkan oleh sertifikat yang akan diberikan oleh kedua tes tersebut memiliki fungsi yang berbeda, jika TOEFL maka sertifikat hanya digunakan atau berfungsi terhadap negara Amerika, Kanada dan beberapa tempat di Asia saja.

Sedangkan untuk sertifikat dari hasil tes IELTS lebih banyak berfungsi atau digunakan, dimana Rekan Bijak dapat memakai sertifikat IELTS untuk melanjutkan studi atau melamar pekerjaan di Eropa, US dan hampir seluruh negara di Asia. Untuk biaya secara rinci tergantung oleh lembaga atau tempat Rekan Bijak melaksanakan tes IELTS atau TOEFL.

Jenis dan Fungsi Tes

Tes Bahasa Inggris

Sumber : edukasi.kompas.com

Jenis atau metode yang digunakan pada tes TOEFL yaitu pBt (paper base) yang menggunakan kertas dan pensil atau bulpoin, cBt (computer base) yang menggunakan media berupa komputer dan iBt (internet base) yang menggunakan komputer yang sudah terhubung langsung di internet, pada sistem ini baru dikeluarkan pada tahun 2005.

Jenis atau metode yang digunakan pada tes IELTS yaitu TOEIC (Test Of English For International Communication) yang dimana Rekan Bijak diukur tentang kemahiran dalam berbahasa inggris mulai dari intermediate (menengah) dan advance (lanjutan), SAT (Scholastic Aptitude Test) untuk menguji Rekan Bijak secara kritis, GRE (Graduate Record Examinations) yang diperuntukan kepada jenjang studi S1 dan S2 untuk mendapatkan pekerjaan atau meneruskan ke jenjang perkulian yang lebih tinggi, dan jenis atau metode yang terakhir yaitu GMAT (Graduate Management Admission Test) yang digunakan khusus untuk melanjutkan studi dengan gelar Master (MBA).

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan perbedaan tes bahasa inggris TOEFL dan IELTS? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel diatas ya!

Tes Bahasa Inggris

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: