Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pemutihan Pajak Kendaraan

Pemutihan pajak kendaraan adalah suatu hal yang sekarang ini mungkin disukai oleh sebagian masyarakat. Selain karena bisa mengurangi denda yang ada, juga pemutihan pajak kendaraan itu seperti memberi kesempatan kedua kepada orang-orang wajib pajak kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan. Lalu, sebelum melakukan pemutihan pajak tersebut, apa saja yang perlu diperhatikan?

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pemutihan Pajak Kendaraan

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pemutihan Pajak Kendaraan

Pemutihan pajak kendaraan adalah tindakan yang dilakukan oleh negara terhadap orang-orang yang lama tidak melakukan kewajibannya yakni dengan membayar pajak kendaraan, dengan cara menertibkan orang-orang tersebut dan menghapus beban denda dalam periode waktu tertentu. Untuk kamu yang masih kurang paham dengan pemutihan pajak kendaraan, contohnya adalah seperti ini : Misalkan kamu sudah telat membayar pajak kendaraan selama 4 bulan, lalu kamu mempunyai denda-denda tertentu pada periode 4 bulan, lalu dengan ada nya pemutihan pajak kendaraan, kamu hanya perlu bayar pajak wajib tanpa perlu denda.

Tidak ada biaya dalam prosedur untuk melakukan pemutihan pajak kendaraan ini. Pemutihan pajak kendaraan ini tentunya juga sangat bermanfaat, dan mempunyai tujuan-tujuan seperti :

  1. Menertibkan semua administrasi kendaraan yang berada di luar daerah.
  2. Mempercepat perubahan nama pemilik kendaraan bermotor dari angkutan umum, orang dan atau angkutan umum barang dari milik perseorangan atau pun badan usaha menjadi badan hukum.
  3. Meningkatkan pendapatan daerah dari pajak kendaraan.
  4. Meringankan orang-orang yang wajib pajak untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai pemilik kendaraan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemutihan pajak kendaraan. Apa sajakah yang perlu diperhatikan?

Kelengkapan Persyaratan Administrasi

pemutihan pajak kendaraan

Sumber : Batamnews.com

Dalam pemutihan pajak, jika kamu sedang berada di gedung administrasi pemutihan pajak kendaraan tersebut, pastikan kamu telah membawa barang-barang yang ada dan telah dipersyaratkan. Hal ini paling penting, mengingat satu barang saja yang tidak ada karena tertinggal atau lebih buruknya lagi hilang, hal itu hanya akan membuat kamu malah dipersulit untuk ikut program tersebut, atau malah tidak diperbolehkan ikut sama sekali.

Barang yang perlu dibawa adalah :

  • SNTK (asli dan fotokopi ) 
  • KTP yang bersangkutan dengan data di STNK (asli dan fotokopi )
  • BPKB (asli dan fotokopi )
  • Map Kuning (Motor) dan/atau Map Merah (Mobil)

Jangan lupa juga membawa uang yang ada untuk membayar!

Perhatian akan Penampilan

pemutihan pajak kendaraan

Sumber : Graphic.com.gh

Penampilan juga sangatlah penting ketika pergi ke administrasi pemutihan pajak kendaraan. Seseorang dapat dianggap sebagai seseorang yang memang ingin serius dari baju yang dipakainya, seperti mulai dari pemakaian sepatu yang formal, celana panjang hingga baju yang memang dikenal cukup formal, seperti minimal baju polo, atau jika ingin jaga-jaga, memakai kemeja.

Bayangkan jika kamu memakai hanya sendal, celana pendek dan bahkan memakai baju dengan lengan buntung. Tentunya kamu akan diusir atau tidak dilayani sama sekali!

Pembayaran di Loket Resmi

pemutihan pajak kendaraan

Sumber : setkab.go.id

Banyak orang yang berusaha mencari uang dengan menghalalkan cara apapun, termasuk dengan cara menipu sekalipun. Penipuan pun banyak dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab seperti ini, dan sudah seharusnya kita hindari. Jasanya pun dikatakan dapat melalui orang dalam dan tidak perlu mengantre, padahal sudah seharusnya ikut antrean.

Lalu, ketika sudah menawarkan jasa tersebut, orang tersebut akan menawarkan jasanya dengan harga yang tidak masuk akal dan mahal, dengan iming-iming lebih cepat dan tanpa perlu menunggu. Oleh karena itu, lebih baik bersabar dan menunggu antrean yang ada, Rekan Bijak!

Jangan Mendaftar di Saat-Saat Akhir Pemutihan Pajak Kendaraan

pemutihan pajak kendaraan

Sumber : Kupang.tribunnews.com

20 Oktober 2017 lalu di Jawa Timur, kepala Bapenda Jatim Bobby Soemarsiono mengaku bahwa masih ada banyak orang yang ketika melakukan pemutihan pajak kendaraan, mendaftar di akhir-akhir waktu saat tahun 2016. Hal ini tentunya perlu diberantas, karena dengan adanya pendaftaran di akhir-akhir waktu, hal itu hanya akan membuat penumpukan pendaftar pemutihan pajak kendaraan.

Oleh karena itu, untuk menghindari adanya penumpukan seperti itu, yang hanya akan memberatkan masyarakat, lebih baik orang-orang yang ingin mengikuti program pemutihan pajak kendaraan, lebih baik untuk mendaftar tidak di akhir-akhir agar tidak terjadi penumpukan.

Nah, itulah hal-hal yang perlu diketahui ketika ingin melakukan pemutihan pajak kendaraan! Jika Rekan Bijak ingin melakukan pemutihan pajak tersebut, lebih baik ikuti hal-hal yang perlu diperhatikan ini agar nantinya lancar!

pemutihan pajak kendaraan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: