Perhatikan 6 Hal ini sebelum Melakukan Cicilan Mobil!

Banyak orang sekarang ini mencicil barang-barang yang mungkin sulit untuk dibeli karena biayanya kurang terjangkau. Namun, dengan adanya sistem mencicil, orang pun memilih untuk mencicil segala sesuatu yang memang biayanya sulit untuk dijangkau. Barang-barang yang memang sulit untuk dijangkau itu termasuk mobil.

Perhatikan 6 Hal ini sebelum Melakukan Cicilan Mobil!

Perhatikan 6 Hal ini sebelum Melakukan Cicilan Mobil!

Cicilan mobil biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah mempunyai pendapatan tetap. Banyak orang sekarang ini melakukan cicilan mobil karena ingin sesegera mungkin mempunyai mobil, apalagi sekarang ini banyak mobil murah. Mobil mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu indikator mengapa orang-orang bisa dipandang statusnya. Ditambah lagi dengan tinggal di kota-kota metropolitan seperti Jakarta, Bandung atau Semarang, tentunya hal ini akan membuat orang lebih ingin mempunyai mobil sebagai salah satu tuntutan untuk pergi.

Mencicil mobil sebenarnya merupakan kegiatan yang memang sudah biasa dilakukan oleh orang-orang, namun yang tidak biasa adalah ketika membeli mobil yang mungkin saja bukan pada waktunya, atau pun membeli mobil yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum mencicil sebuah mobil. Simak, Rekan!

Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan

cicilan mobil

Sumber : Doorot.com

Ketika kamu membeli mobil, kamu harus memperhatikan, apakah kamu membeli mobil karena memang ingin mempunyai mobil saja, atau kamu memang mempunyai keluarga sehingga mempunyai mobil keluarga merupakan salah satu kebutuhan. Ketika seseorang ingin membeli sebuah mobil, pastinya ia akan mempertimbangkan mobil apa yang ia butuhkan, dan ia baru memutuskan untuk membeli mobil tersebut.

Tidak mungkin ketika kamu sudah mempunyai sebuah keluarga, lalu tiba-tiba kamu memutuskan untuk membeli sebuah mobil yang kecil. Atau pun, kamu membeli sebuah mobil yang lebih mahal untuk bepergian, padahal kamu sedang membutuhkan dua buah mobil karena memang merupakan tuntutan. Atau malah, kamu membeli dua mobil padahal kamu hanya butuh satu.

Cari Perbandingan

Cicilan mobil

Sumber : Asia.nikkei.com

Sebelum membeli apapun barang yang memang akan dipakai lama dan juga dengan biaya yang tidak sedikit, terbiasalah untuk membandingkan harga atau pun spesifikasi, termasuk dalam membeli mobil. Membandingkan mobil dengan harganya adalah cara terbaik dalam menemukan mobil yang memang sesuai dengan kebutuhan kita. Namun jangan hanya saja membandingkan harga, bandingkanlah hal-hal seperti sistem pembayaran, spesifikasi, dan lain-lain.

Dengan begitu, kamu bisa mencari mobil terbaik untuk keadaan kamu. Misalkan, kamu mempunyai uang sekitar Rp 30 juta, dan harga sebuah mobil Rp 200 juta, dengan DP mobil awal Rp 25 juta dengan cicilan Rp 2,5 juta per bulan. Lalu ada sebuah mobil dengan harga Rp 180 juta, dengan DP mobil awal Rp 50 juta dengan cicilan Rp 3 juta per bulan, tentunya kamu akan memilih cicilan mobil yang pertama. Itulah gunanya membandingkan.

Perhatikan Harga Beli dan Harga Jual

cicilan mobil

Sumber : Gobankingrates.com

Banyak orang muda yang saat membeli mobil pada awal-awal tidak memperhitungkan harga jual pada nantinya. Pada kenyataannya, mobil itu adalah sebuah investasi. Dengan investasi mobil, kamu jadi mempunyai sebuah jaminan di masa depan jika kamu mengalami suatu hal yang tidak diinginkan. Pada kenyataannya, mobil-mobilpun banyak yang menjadi jatuh harganya ketika dijual sebagai mobil bekas. Hal ini yang menjadi masalah.

Kebanyakan orang memutuskan untuk membeli sebuah mobil keluarga karena mobil keluarga memang jarang jatuh harganya. Harga mobil keluarga cenderung menurun, namun tidak akan pernah jatuh, berbeda dengan mobil-mobil biasa lainnya. Oleh karena itu, lebih disarankan jika kamu memutuskan untuk membeli sebuah mobil, belilah mobil yang memang harganya tidak jatuh.

Harga Total yang Dibayar

cicilan mobil

Sumber : Thecoli.com

Harga total yang dibayar sangatlah penting untuk dilihat dan dipahami. Mungkin kamu akan tertarik dengan yang masa cicilannya lebih ringan, namun yang lebih baik adalah ketika kamu melihat sebuah mobil dengan harga yang tinggi, walaupun cicilannya ringan dan bisa dicicil hingga beberapa tahun ke depan. Namun, sebisa mungkin, cari cicilan mobil dengan cicilan rendah juga harga mobil yang tidak tinggi.

Misalkan kamu menemukan sebuah mobil dengan harga Rp 500 juta dengan cicilan Rp 4 juta, lalu ada mobil yang sama dengan harga Rp 450 juta dengan cicilan Rp 5 juta. Lalu kamu digaji Rp 10 juta. Tentunya, opsi kedua lebih baik. Mengapa? Walaupun cicilan lebih besar, namun masa cicilannya tidak akan terlalu lama, karena opsi pertama lebih lama. Tentunya kamu ingin untuk terlepas dari “penjara tagihan cicilan mobil”, bukan?

Lihat Kemampuan Masa Cicilanmu

cicilan mobil

Sumber : NYtimes.com

Kemampuan masa cicilan juga sangatlah penting. Ketika kamu mampu mencicil tiap bulannya Rp 4 juta sampai masa cicilannya berakhir, mungkin kamu akan lebih santai dan juga lebih tenang. Namun, jika sebaliknya, apabila kamu tidak mampu? Jika memang kamu mampu mencicil mobil tiap bulannya Rp 4 juta sampai masa cicilan mobil berakhir, namun beberapa bulan kemudian kamu harus menyekolahkan anak kamu, kamu harus menyediakan uang pangkalnya. Tentunya menjadi beban lagi bukan?

Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan kemampuanmu dalam membayar. Ketika kamu membeli sebuah mobil dalam keadaan tidak kepepet, namun kamu juga harus membayar suatu hal yang tidak sedikit biayanya, tentunya kamu harus menahan dulu keinginanmu membeli mobil!

Sekali lagi, Sesuaikan dengan Kebutuhanmu, Bukan Lapar Mata Semata

cicilan mobil

Sumber : Otodriver.com

Kebanyakan orang memang membeli mobil karena gengsi semata, walaupun sebenarnya masih kemana-mana pun bisa menggunakan busway atau pun naik ojek. Nah, inilah sebenarnya yang menjadi masalah kebanyakan orang. Gengsi sangatlah berpengaruh, sehingga orang berani untuk mengeluarkan uang untuk sesuatu yang ia anggap cukup untuk meningkatkan citra dirinya.

Sekali lagi, perlu yang dinamakan penyesuaian dengan keadaan dan kebutuhan. Jika tidak terlalu membutuhkan, lebih baik ditahan terlebih dahulu keinginan untuk membeli mobil. Namun jika memang sudah sangat memerlukan mobil, ada baiknya dimulai untuk membeli mobil.

Bagaimana dengan kamu Rekan Bijak? Apakah kamu sudah merencanakan sebuah cicilan mobil agar kamu bisa memakai mobil tersebut untuk bepergian kemana-mana? Lebih baik, kamu harus mempunyai tabungan untuk kamu berjaga-jaga jika sudah mencicil mobil!

cicilan mobil

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: