Persiapan-Persiapan yang Harus Dilakukan Ketika Mendaki Gunung

Apakah kamu pernah pergi mendaki sebuah gunung? Jika kamu belum pernah mendaki gunung dan belum ada pengalaman, ada baiknya kamu mempunyai persiapan-persiapan tertentu untuk kamu pergi mendaki, karena persiapan-persiapan ini akan membuat kamu lebih puas dalam mendaki!

Persiapan-Persiapan yang Harus Dilakukan Ketika Mendaki Gunung

Persiapan-Persiapan yang Harus Dilakukan Ketika Mendaki Gunung

Mendaki adalah sebuah kegiatan yang dilakukan biasanya oleh mahasiswa-mahasiswa pecinta alam dan komunitas-komunitas pecinta alam lainnya. Namun, kegiatan mendaki ini menjadi suatu kegiatan yang populer di kalangan masyarakat, terutama masyarakat dari generasi milenial. Memang generasi ini dikenal dengan semangatnya yang menggebu-gebu untuk mencoba suatu hal yang baru, dan salah satu hal baru tersebut adalah dengan mendaki.

Tentunya, dalam pendakian, kegiatan ini bukanlah kegiatan yang bisa dilakukan oleh sembarangan orang dan dilakukan dengan tanpa persiapan yang baik, karena hal ini akan menyangkut fisik dan bahaya-bahaya terhadap nyawa pun juga ada. Lalu, apa saja persiapan yang perlu dilakukan ketika akan mendaki sebuah gunung? Inilah persiapan-persiapan yang harus dilakukan sebelum kamu memutuskan untuk mendaki!

Cari Informasi Tentang Gunung yang Akan Didaki, Sekaligus Keamanannya saat Hari Pendakian

mendaki

Mencari informasi tentang gunung yang akan didaki adalah salah satu hal yang paling penting sebelum hari pendakian dilangsungkan. Pasalnya, kamu harus tahu “medan perang” yang akan kamu lalui ketika kamu memutuskan untuk naik gunung. Kamu harus tahu tempat yang akan kamu lalui akan banyak binatang atau tidak, lalu tempatnya ganas atau tidak, hingga tempat yang ada sering terjadi bencana atau pun tidak. Ditambah lagi kamu juga harus membaca pengalaman orang-orang yang sudah pernah mendaki gunung tersebut. Semua ini juga sudah mudah untuk dicari, karena sudah ada Google yang akan cenderung memudahkan pencarian informasi.

Lalu kamu juga harus tahu pada saat hari pendakian, akan terjadi apa saja. Apakah saat kamu pergi nanti, kota-kota yang akan kamu lalui akan terjadi kemacetan sehingga berpotensi membuat kamu terlambat ke lokasi pendakian, ditambah lagi kamu juga harus tahu bagaimana keadaan nantinya. Keadaan yang dimaksudkan terutama terkait dengan kondisi cuaca di gunung yang didaki. Jika cuacanya hujan, lebih baik untuk tidak mendaki.

Memeriksa Perlengkapan

mendaki

Memeriksa kembali perlengkapan ketika ingin pergi mendaki adalah hal yang sangat penting. Ketika pergi untuk naik gunung, yang dinamakan dengan perlengkapan, barang sekecil apapun seperti obat atau pun ponsel sekalipun, mereka ini adalah barang-barang yang penting dan sangatlah dibutuhkan, apalagi ketika keadaan sedang urgent. Tentunya sangatlah dibutuhkan barang-barang seperti ini.

Sekarang ini, perlengkapan untuk pendaki dapat dicari sendiri. Perlengkapan oleh seorang pendaki pun bermacam-macam, tergantung oleh kebutuhan sang pendaki maupun oleh berapa lama pendaki tersebut akan mendaki. Yang pasti, jika pendakiannya memang benar-benar jauh dari masyarakat, sangat diharapkan untuk pergi dengan membawa tenda sendiri, dan perlengkapan seperti pakaian, obat-obatan, payung atau jas hujan, dan lain-lain sangatlah diperlukan dan dibutuhkan.

Jaga Fisik

mendaki

Menjaga fisik sebelum pergi mendaki adalah salah satu hal yang penting. Sangat disayangkan jika kamu sudah merencanakan untuk pergi dalam kegiatan naik gunung, lalu beberapa hari tepat sebelum pergi, kamu tiba-tiba terserang sakit, sehingga kamu harus membatalkan rencana kamu sendiri. Ditambah lagi, jika kamu memaksakan pergi ketika sakit, wah kamu sudah akan membahayakan nyawa kamu sendiri!

Lebih baik, ketika kamu ingin pergi ke mendaki, kamu harus memastikan bahwa dirimu sudah siap dan tidak akan sakit apapun, dan memastikan diri kamu secara fisik sudah siap 100%. Jika kamu saat pergi nanti mendaki, lalu kamu sakit, yang akan terjadi adalah kamu akan terancam lebih sakit saat pulang dan justru tidak bisa menikmati keindahan alam pegunungan, ditambah lagi malah akan menyusahkan teman sependakianmu!

Surat Izin Pendakian

mendaki

Surat izin pendakian adalah suatu hal yang diperlukan ketika pergi mendaki. Surat izin pendakian, atau biasanya disebut sebagai SIMAKSI, diperlukan agar memudahkan pemerintah untuk mengetahui berapa banyak orang yang mendaki. Hal ini sangatlah penting ketika terjadi pendakian, seperti masalah yang terjadi di Gunung Rinjani, dimana ada sekitar 829 orang yang pergi ke pendakian di Gunung Rinjani, dan hal tersebut juga bukanlah angka yang pasti.

Banyaknya orang yang terjebak dalam pendakian akan membuat repot pemerintah ketika terjadi suatu bencana. Oleh karena itu, dengan adanya SIMAKSI, diharapkan agar tidak menyusahkan pemerintah dan pemerintah tahu berapa orang yang pergi mendaki secara pasti.

Membawa Plastik sebagai Tong Sampah

mendaki

Terkadang, seorang pendaki sering melupakan hal-hal yang sebenarnya sangatlah penting, bukan bagi diri seorang pendaki, tetapi bagi kecintaan alam seorang pendaki, yakni membawa kantong plastik untuk menjadi tong sampah. Pastinya, seorang pendaki yang sejati tidak akan mengotori alam di lokasi pegunungan, melainkan akan menjaga alam yang diciptakan Tuhan.

Berbeda dengan pendaki yang memang hanya ingin mendaki demi kepuasan tersendiri. Pendaki yang hanya mendaki demi kepuasan tersendiri, tidak akan terlalu peduli dengan kondisi alam sekitarnya sehingga akan mengotori dan merusak alam yang ada. Orang-orang seperti inilah yang tidak cocok untuk pergi mendaki.

Menentukan Lokasi Selesainya Pendakian

mendaki

Penentuan lokasi untuk puncak pendakian adalah hal yang penting dan tentunya harus disiapkan dari awal sebelum mendaki, untuk menakar sejauh apa pendakiannya, dan penting untuk fisik. Dengan penentuan ini, kamu jadi tahu apa saja yang harus kamu persiapkan, dan akan memakan waktu berapa lama ketika pendakian hingga harus menginap atau pun tidak.

Ditambah lagi, dengan adanya lokasi puncak pendakian, ketika kamu dan tim kamu pergi naik gunung untuk mencapai puncak, jangan lupa bawa tiang bendera dari bambu untuk ditancapkan, dengan benderanya! Pasti akan ada kebanggaan tersendiri, Rekan Bijak!

Perhatikan Orang Lain

mendaki

 

Dalam kegiatan pendakian, adalah hal yang penting untuk memperhatikan orang lain, karena hal ini akan mengetes kerjasama kamu dengan orang lain. Bentuk perhatiannya pun juga bukanlah seperti perhatian saat pendakian, namun bentuknya adalah juga sebelum dan sesudah pendakian. Hal ini bisa dimulai dari saling mengingatkan tentang perlengkapan hingga mengingatkan tentang fisik. Hal ini sangatlah penting, mengingat pendakian pun butuh yang dinamakan dengan kerjasama.

Perhatian dengan orang lain tidak hanya menguntungkan orang yang diperhatikan, namun juga kamu akan diuntungkan. Pasalnya, kamu diuntungkan karena kamu tidak akan dibebani nantinya oleh orang yang kamu ingatkan. Misalkan, saat pendakian, ia tidak fit 100%, lalu disaat pendakian, ia sakit, sehingga kamu harus membantunya karena ia sakit. Tentunya akan mengesalkan, bukan?

Berdoa

mendaki

Bagaimanapun, yang dapat menjagamu dari semua bahaya-bahaya yang ada, jika kamu memang seorang yang percaya keberadaan Tuhan, berdoa adalah kunci dalam menenangkan kamu dalam segala bahaya, termasuk dalam kegiatan mendaki. Ketika kamu berdoa, kamu berharap untuk dijaga dan dijauhkan dari segala bencana yang mengancam.

Dengan doa, kamu berharap diberikan kekuatan untuk bisa menghadapi dan melewati segala masalah yang ada. Dengan begitum doa penting, bukan?

Nah, Rekan Bijak, jika kamu memang ingin pergi mendaki, ada baiknya kamu mempunyai persiapan-persiapan ini agar kamu bisa selamat dan kamu juga bisa menikmati kegiatan pendakian!mendaki

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: