7 Tips dan Trik Persiapkan Badan Untuk Hadapi Musim Hujan

Pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan, hal ini disebabkan karena tubuh harus beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya. Untuk menjaga kesejatan kita pada saat musim pancaroba dan musim hujan kita bisa mengikuti cara yang dibagikan oleh Danabijak dalam artikel ini.

7 Tips dan Trik Persiapkan Badan Untuk Hadapi Musim Hujan

7 Tips dan Trik Persiapkan Badan Untuk Hadapi Musim Hujan

Saat ini sudah penghujung tahun, itu artinya musim hujan sudah tiba. Walapun banyak orang yang menanti-nantikan turunya hujan. Namun hal ini juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh seseorang akan menurun. Banyak sekali dari masyarakat akan mengeluh sakit saat musim penghujan datang, seperti flu, batuk, masuk angin, sakit kepala, dan perut kembung. Hal tersebut tidak perlu hiraukan, perlu bagi kita untuk segera mengatasinya.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Walau Sibuk Bekerja

Oleh karena itu untuk mengahadapi musim penghujan yang kini akan mengancam kesehatan, maka anda sebaiknya mengikuti tips menjaga kesehatan di musim hujan di bawah ini.

Selalu Membawa Jas Hujan atau Payung

Musim Hujan

www.verywellfit.com

Penting sekali mengingat bahwa membawa payung atau jas hujan saat ke mana pun kita pergi di saat musim hujan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, kita tidak akan tahu nasib cuaca sore hari. Bisa jadi kita terjebak hujan hingga malam karena kita menganggap tidak akan turun hujan hari itu.

Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bernutrisi

Musim Hujan

caramenurunkanguladarahtinggi24.blogspot.com

Saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit, sepert. Perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

Baca Juga: Ini 5 Makanan dengan Kandungan yang Efektif untuk Hambat Penuaan

Perbanyak Asupan Vitamin C

Musim Hujan

hellosehat.com

Di musim hujan, vitamin C sangat dibutuhkan kehadirannya dalam tubuh manusia karena selain dapat berfungsi sebagai antioksidan, ia juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. kita selalu bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai jenis suplemen, tapi akan lebih baik jika kita memperolehnya dari sumber yang alami. Vitamin C banyak terkandung dalam buah jeruk, kiwi, tomat, dan buah-buahan lain yang berwarna cerah. Agar lebih bervariasi, coba buat menjadi jus, smoothie, dessert sehat, atau dicampurkan dalam semangkok oats sebagai menu makan pagi.

Baca Juga: Selain Jeruk, Kita Bisa Temukan Khasiat Vitamin C di Buah-Buah Ini

Konsumsi Minuman Hangat

Musim Hujan

business.org.ge

Rasa dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh kita. Jadi saat musim hujan, perbanyaklah mengonsumsi minuman yang dapat menghangatkan tubuh seperti teh atau jahe hangat. Makanan seperti sup, bakso, atau cream soup juga berfungsi menghangatkan tubuh kita. Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Pastikan air yang Anda minum bersih dan matang. Selain itu, baik sekali minum teh herbal untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi jika Anda habis kehujanan.

Baca Juga: Ingin Menikmati Sejuknya Hujan? Siapkan 5 Minuman Hangat Ini!

Kenakan Pakaian yang Tebal dan Hangat

Musim Hujan

www.hollisterco.com

Baju yang kita kenakan juga akan memengaruhi kesehatan tubuh di musim hujan. Hindarilah menggunakan baju tipis bahkan transparan, terlebih jika kita sering beraktivitas di luar ruangan. Sweater atau cardigan tebal dan hangat akan menjaga tubuh kita dari udara dingin saat musim hujan. Jika kita termasuk orang yang tidak tahan dingin pakailah jaket yang lebih tebal seperti, jaket jeans, long coat, parka atau jacket windbreaker dan rainproof. 

Jaga Kebersihan Lingkungan

Musim Hujan

www.newslive24x7.com

Selain menyegarkan, musim hujan juga rawan sekali penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai macam tempat, dan jika mengendap di halaman rumah kita, bisa membawa penyakit. Jadi, bersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah bersarangnya penyakit.

Baca Juga: Alasan Sayur dan Buah Lebih Baik daripada Mengonsumsi Multivitamin

Hindari Begadang

Musim Hujan

pro.orange.fr

Tidur yang teratur dapat menjaga ketahanan daya tubuh kita . Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh dan memulihkan stamina. Tidur juga bisa menghilangkan stres. Tidur juga akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh kita. Karena itu, pastikan kita memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat di malam hari karena waktu tidur dimalam hari tidak dapat digantikan di siang hari.

Baca Juga: 10 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: