5 Persoalan Keuangan yang Harus Diselesaikan Sebelum Menikah

persoalan keuangan merupakan salah satu hal yang wajib didiskusikan sebelum menikah. Mengapa? Karena apa-apa memang membutuhkan uang, dan jika tidak ada uang, tidak ada makan atau penghidupan yang layak. Dengan begitu, pembicaraan uang merupakan hal yang diharuskan sebelum menikah.

5 Persoalan Keuangan yang Harus Diselesaikan Sebelum Menikah

5 Persoalan Keuangan yang Harus Diselesaikan Sebelum Menikah

Banyak persoalan yang harus diselesaikan ketika seseorang akan menikah. Persoalannya pun banyak, seperti mulai dari masalah mental karena pasti adanya tuntutan-tuntutan tertentu, lalu ada juga masalah persoalan kejiwaan, dan lain-lain, dan itu semua harus diselesaikan. Tidak sedikit orang yang menemui persoalan-persoalan tertentu yang membuat orang-orang tersebut berselisih dengan pasangannya hingga putus lalu tidak jadi nikah. Hal-hal seperti ini memang sangat rentan, apalagi ini menyangkut komitmen dan janji seumur hidup.

Persoalan-persoalan tersebut memang sangatlah penting dalam menjaga hubungan seumur hidup. Jika sebuah pasangan tak bisa menjanjikan kebahagiaan atau pun belum siap untuk berjuang bersama, persoalan-persoalan seperti ini rentan untuk menceraikan sebuah pasangan, oleh karena itu persoalan-persoalan ini harus segera diselesaikan sebelum menikah. Persoalan tersebut termasuk persoalan keuangan.

Dalam urusan keuangan, hal ini juga menjadi suatu hal yang penting untuk dipersiapkan. urusan-urusan keuangan ini haruslah diselesaikan. Lalu, persoalan keuangan apa saja yang harus diselesaikan sebelum menikah? Inilah 5 urusan yang harus diselesaikan sebelum menikah!

Urusan Tujuan Keuangan

persoalan

Sumber : dbs.com

Tujuan keuangan merupakan hal paling penting dalam pernikahan, mengingat pernikahan itu memang memerlukan sesuatu yang dinamakan uang. Keuangan harus diperiksa per orang. Ketika keuangan masih belum stabil, pastinya kehidupan pasca pernikahan pun akan memburuk dan pastinya akan sering terjadi keributan antar pasangan akibat dari masalah keuangan. Masalah keuangan ini merupakan masalah utama dari banyak perceraian, selain perselingkuhan.

Oleh karena itu, pastikan sebelum menikah, kamu harus sudah memastikan tujuan keuangan kalian sama. Tujuan keuangan yang dimaksud adalah bagaimana keuangan harus dikendalikan, dan tujuan akhir dari pengendalian keuangan itu apa. Ketika keuangan sudah stabil, tujuan keuangan pun menjadi lebih mudah untuk tercapai. Lalu, pastikan tujuan keuangan kamu, seperti membeli rumah, membeli mobil, lalu liburan, uang untuk anak-anak, dan lain-lain.

Tentukan Dana untuk Hal-Hal Tertentu

persoalan

Sumber : Herworld.com

Menentukan dana dalam pernikahan adalah urusan keuangan lainnya yang harus diselesaikan. Dalam penentuan dana, kamu harus bisa mengalokasikan uang dan harus mampu untuk menaruh uang dengan baik. Dalam mengalokasikan uang, kamu harus tau, berapa dana dan jumlah uang yang kamu sisakan untuk tabungan bersama, berapa dana untuk makan, dan lain-lain.

Apalagi jika kamu sudah mempunyai anak, kamu harus membiayai anak kamu. Kamu harus ingat, dunia itu nantinya bukan milik kamu dan pasanganmu lagi, namun dunia kamu akan bertambah dengan masuknya anak kamu ke dalam dunia. Ditambah lagi biaya untuk mertua atau orangtuamu, yang pastinya kamu harus benar-benar bisa mengalokasikan dananya secara serius sebelum menikah.

Saling Jujur Tentang Penghasilan Per Bulan

persoalan

Sumber : Idntimes.com

Kejujuran merupakan hal yang penting dalam sebuah pernikahan. Dalam sebuah hubungan, kejujuran merupakan sesuatu yang dinilai merupakan salah satu kunci penting dalam langgengnya sebuah hubungan. Hal ini termasuk pendapatan. Dalam pendapatan, kamu harus sudah jujur dengan pasangan kamu. Pendapatan itu agar pasangan kamu percaya bahwa kamu sudah mempunyai pendapatan tetap.

Pendapatan ini juga dimaksudkan sebuah pekerjaan yang tetap, baik pekerjaan yang berbentuk bisnis sendiri atau pun pekerjaan biasa dan bekerja untuk orang lain. Yang penting, bisa dipastikan bahwa kamu memang punya pendapatan tetap, bukan pendapatan yang tidak tetap. Ditambah lagi, kamu juga harus jujur pendapatan kamu sebesar apa. Ketika pendapatan kamu dinilai belum terlalu besar, lebih baik menunda pernikahan dan pastikan pendapatannya membesar.

Punyalah Rekening Bersama

persoalan

Sumber Lifestyle.inquirer.net

Rekening bersama juga salah satu cara agar tujuan bersama pasca pernikahan bisa berhasil. Dengan adanya rekening bersama, rekening itu bisa dijadikan rekening yang dijadikan sebagai tabungan bersama dalam sebuah keluarga. Rekening ini memang dibutuhkan agar tujuan pasca pernikahan pun bisa dicapai.

Dengan rekening bersama ini, kamu juga pasti mengerti cara penggunaan uang dengan baik. Kamu takkan berusaha untuk memakai uang yang ada dari rekening bersama tersebut, melainkan kamu akan menabung di rekening bersama tersebut dan memakai uang yang ada untuk sesuatu yang bersifat urgen dan penting.

Pemisahan atau Menggabungkan Aset?

persoalan

Sumber : Counselinglongbeach.com

Aset yang kamu punya akan kamu gabungkan, atau tidak kamu gabungkan? Tentunya hal ini penting. Kamu memang pastinya ketika kamu menikah dengan pasangan kamu, kamu pastinya akan memiliki banyak aset yang bersifat sebagai aset bersama, seperti rumah, mobil, dan lain-lain. Namun, ada juga aset yang seharusnya  kamu punyai sendiri bagaimanapun juga.

Aset yang kamu punya sendiri ini dimaksudkan aset-aset seperti investasi saham, dan lain-lain. Tidak mungkin bukan, jika kamu investasi saham, pasangan kamu yang tidak mengerti aset saham, malah ikut jual aset saham tersebut? Aset ini kamu harus punyai sendiri, namun kamu juga ketika menikmati keuntungan dari aset tersebut, kamu harus membagi keuntungannya juga dengan keluarga kamu. Dan kamu harus memastikan aset apa saja yang akan kamu miliki sendiri dan yang kalian punyai bersama, agar tidak terjadi keributan tentang aset di saat pasca menikah.

Nah, Rekan Bijak, bagaimana dengan kamu? Tentunya hal-hal ini semua penting dalam pernikahan. Jadi pastikan kamu sudah siap dengan hal-hal seperti ini sebelum menikah! Kamu harus memastikan hal-hal ini yang berbau keuangan agar keuangan kalian bisa lancar dan mengurangi masalah keuangan, dan sudah ada persiapan keuangan sebelum masuk ke dalam kehidupan pernikahan.

persoalan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: