6 Pertanda Ini Mengharuskanmu Mengatur Ulang Keuangan Pribadi!

Semua orang pastinya mempunyai sistem keuangan tersendiri. Ada yang sistemnya terstruktur, namun ada juga yang berantakan, sehingga karena berantakannya tersebut, biasanya dalam pengeluarannya juga berantakan, sehingga kehidupannya berantakan karena sistem keuangan pribadi yang berantakan. Lalu, apa sajakah tanda bahwa sistem keuangan yang berantakan sehingga harus diganti sistem keuangannya?

6 Pertanda Ini Mengharuskanmu Mengatur Ulang Keuangan Pribadi!

6 Pertanda ini Mengharuskanmu Mengatur Ulang Keuangan Pribadi!

Rekan Bijak, apakah Rekan sedang memiliki masalah dalam keuangan pribadi, terutama dalam masalah yang berhubungan dengan utang dan tabungan? Jika ya, mungkin sudah saatnya Rekan Bijak untuk mengganti sistem dalam keuangan pribadi. Sistem dalam keuangan pribadi yang dimaksudkan adalah sistem yang dipakai dalam keuangan sendiri, seperti dalam transaksi, menabung, bahkan investasi sekalipun, semuanya tergabung dalam sistem keuangan pribadi.

Bila keuanganmu kamu rasa tidak beres, karena keuanganmu bisa dikatakan berantakan dan selalu habis, tandanya mungkin kamu sudah harus mengganti sistem keuanganmu, karena mungkin sistemmu memang tidak bisa dipakai dalam gaya hidupmu sehari-hari, atau pun mungkin memang sistem keuangan pribadinya sebenarnya berantakan, namun memang kamu kurang peka terhadap sistem keuanganmu.

Lalu, apa sajakah pertanda bahwa kamu sudah harus mengatur ulang keuangan pribadi yang kamu punya? Simak ulasan ini, Rekan Bijak!

Tidak Memiliki Tabungan

keuangan pribadi

Sumber : Moviehut.co.uk

Tidak memiliki tabungan adalah salah satu blunder terbesar dalam sistem keuanganmu. Pasalnya, menabung merupakan salah satu motif dari 3 motif penggunaan uang, yakni motif bertransaksi, berjaga-jaga dan spekulasi. Dan yang penting adalah berjaga-jaga. Pasalnya, menabung atau berjaga-jaga dapat dipakai ketika sedang urgen, atau pun mungkin saja sudah di hari tua, sehingga membutuhkan uang tabungan.

Memiliki tabungan jelaslah diperlukan, apalagi untuk sistem keuangan pribadimu. Sistem keuangan kamu mungkin sudah saatnya harus diganti jika kamu merasa uang yang ditaruh di tabungan itu sedikit, atau bahkan tidak punya uang tabungan sama sekali. Dengan alasan apapun, seperti gaji yang tidak cukup, penghasilan yang pas-pasan, dan lain-lain, kamu tetap harus menabung. Jika memang penghasilan pas-pasan, kamu bisa mencari penghasilan di ranah lain bukan?

Tidak Menghitung Pengeluaran

keuangan pribadi

Sumber : Propertyguru.com.sg

Tidak ada perhitungan dalam pengeluaran merupakan pertanda lainnya agar kamu segera mengganti sistem keuangan pribadimu. Mengapa? Karena dalam pengeluaran, uang-uang yang keluar pun harus dihitung untuk bisa menghitung keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran. Jika kamu tidak pernah menghitung pengeluaran, sudah saatnya kamu menghitung!

Pengeluaran dan pendapatan yang tidak seimbang, dengan catatan pengeluaran lebih besar daripada pendapatan, merupakan hal yang buruk dan sudah pasti suatu hal harus digantikan dan mempunyai sistem keuangan pribadi yang lebih baru, dengan perhitungan pengeluaran yang lebih jelas.

Banyak Utang

keuangan pribadi

Sumber : Money.usnews.com

Banyak utang bisa menjadi suatu masalah yang besar. Pasalnya, banyak utang memang bisa jadi karena saat itu kamu sedang sangat butuh uang. Namun, jika kamu berutang kebanyakan dikarenakan oleh kebutuhan untuk gaya hidup sosialita, seperti bepergian seminggu sekali atau pun karena hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu berguna, maka sudah saat sistem keuanganmu diganti.

Kebanyakan utang pun bisa disebabkan oleh kebanyakan memakai kartu kredit. Penggunaan kartu kredit yang berlebihan hanya akan membuat utang bertambah banyak. Pastikan ketika kamu menggunakan kartu kredit atau ingin berutang, kamu memastikan kamu pasti dapat membayarnya dengan tepat waktu dan tanpa sistem gali lubang tutup lubang.

Uang Habis sebelum Akhir Bulan

keuangan pribadi

Sumber : Herworld.com

Uang habis di tengah bulan atau pun akhir bulan merupakan pertanda yang cukup buruk bahwa kamu memang sudah harus mengganti sistem keuangan pribadi kamu. Pertanda uang habis di pertengahan bulan atau akhir bulan, atau bahkan di awal bulan sudah habis saking borosnya, merupakan pertanda sistem keuanganmu yang amburadul, dan sudah saatnya untuk mengganti dengan sistem yang lebih baru lagi.

Dengan habisnya uang, kamu harus bisa mencoba mencari pendapatan lain jika memang keadaan kamu memaksa kamu karena pendapatan yang pas-pasan. Kamu dapat mencoba dengan mencari pendapatan sekunder seperti membuat sebuah online shop atau menjadi seorang barista, atau menjadi influencer.

Tak Ada Sisa Pendapatan untuk Orangtua

keuangan pribadi

Sumber : Busycatholic.blogspot.com

Untuk kamu yang memang sedang magang atau pun masih belum mempunyai pendapatan tetap, mungkin adalah hal yang biasa jika kamu memang belum memberikan sebagian kecil pendapatan kamu. Namun apa yang terjadi jika kamu sudah mempunyai pendapatan tetap dengan gaji UMR, namun kamu masih belum bisa memberikan sebagian kecil pendapatan kamu untuk orangtua kamu dengan dalih pendapatan yang tidak cukup?

Ketika pendapatan kamu tidak cukup untuk orangtua kamu, namun kamu sudah digaji UMR, tentunya ada yang bermasalah dengan kamu. Mungkin kamu punya dendam terhadap orangtua, atau pun kamu memang mempunyai pendapatan yang sebenarnya tidak terlalu pas-pasan namun karena gaya hidupmu boros, lalu pendapatan kamu tidak mencukupi. Sudah seharusnya jika kamu sadar akan hal ini, kamu harus mengganti sistem keuangan pribadi kamu!

Kondisi ini Terus Berulang

keuangan pribadi

Ketika hal-hal ini terus terjadi tiap bulan, kamu tahu apa yang harus kamu lakukan. Segeralah mengganti sistem keuangan pribadimu yang mungkin sudah bobrok secara cepat, dan sesegeralah mungkin. Semakin kamu sering menunda, semakin kecil peluang kamu akan mengubah gaya keuangan pribadi kamu. Dengan mengganti sistem keuangan pribadimu, mungkin keuanganmu akan lebih tertata rapi.

Dengan adanya keuangan yang lebih tertata rapi, kamu akan mempunyai perencanaan keuangan yang lebih sehat. Dengan perencanaan keuangan yang lebih sehat, tentunya hal ini akan membantu kamu dalam mengontrol pengeluaran, sehingga keuangan kamu pun bisa terbagi rata ke transaksi dan tabungan, bahkan kamu juga masih bisa investasi jika kamu hidup hemat!

Begitulah Rekan Bijak, bagaimana dengan kamu? Jika keuanganmu kamu rasa tidak beres, ditambah lagi keuangan pribadi kamu bermasalah dengan masalah-masalah yang ada diatas, mungkin sudah saatnya kamu mengganti sistem keuanganmu sendiri!

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: