Mana yang Lebih Untung? Pinjaman Online atau KTA?

Bagi sebagian orang, KTA sudah sangat familiar. Tapi, bagi sebagian lain, pinjaman online dirasa lebih menguntungkan karna prosesnya yang cepat. Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih detail tentang pinjaman online dan KTA.

Mana yang Lebih Untung? Pinjaman Online atau KTA?

Ajukan Pinjaman : Lebih Untung Pinjaman Online atau KTA?

Dunia perbankan di Indonesia berkembang semakin pesat. Beragam produk perbankan ditawarkan dan tak jarang memikat banyak orang. Dari beragam produk yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan, produk pinjaman atau kredit menjadi salah satu bentuk pilihan yang paling dibutuhkan.

pinjaman

KTA dan pinjaman online sama-sama menawarkan keuntungan tersendiri bagi para nasabahnya.

Salah satu jenis kredit yang sedang naik daun adalah model Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Produk ini digemari sebab memberikan tawaran kemudahan proses, tidak adanya agunan, dan besarnya plafond. Kredit Tanpa Agunan banyak dipilih sebagai bentuk kredit karena plafond bisa mencapai Rp200 juta, bunga yang bersaing bahkan tergolong rendah, tenor yang fleksibel hingga 3 tahun, serta pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) demi memberikan proteksi kepada nasabah yang merasa dirugikan.

APA ITU KTA?

Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau biasa disebut dengan unsecured loan merupakan salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas tanpa adanya suatu aset yang dijadikan jaminan. Jadi, jika kita merasa tidak memiliki aset apa pun, kita tetap bisa mengajukan KTA.

Karena pengajuannya tanpa jaminan sama sekali, orang cenderung lebih sulit untuk mengajukan jenis pinjaman ini. Bank perlu meninjau ulang dengan teliti apakah kita layak diberi pinjaman atau tidak.

Baca Juga: 5 Hal yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Mengambil KTA

APA ITU PINJAMAN ONLINE?

Jenis pengajuan pinjaman online saat ini sedang populer di tengah masyarakat. Memang untuk sebagian orang mengajukan pinjaman secara online bukanlah ide yang bagus, tapi sebagian lagi beranggapan bahwa menggunakan pinjaman online bisa menjadi cara yang tepat untuk mencukupi kebutuhan dana yang cepat.

Jadi, sebenarnya mana yang lebih baik dipilih?

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui dari Pinjaman Uang Online

PROSES PENCAIRAN DANA

Saat ingin mengajukan KTA ke pihak bank, nasabah bisa mengajukan secara online atau langsung mengunjungi bank yang dituju. Proses pencairan dana juga tergantung pada kelengkapan persyaratan yang dimiliki nasabah dan bank tentu saja akan mengecek skor kredit dari IDI Historis yang dimiliki nasabah. Jika semuanya sudah sesuai dengan ketetapan bank maka KTA bisa langsung cair dalam kurun waktu sehari atau bahkan lebih cepat.

Tak jauh berbeda dengan KTA, pinjaman online juga diajukan melalui wesbite atau aplikasi sehingga peminjam dapat mengajukannya dari mana dan kapan saja. Proses pencairan dana juga terbilang cepat, hanya memakan waktu 1-3 hari. Biasanya, pihak peminjam online melakukan proses verifikasi melalui sistem dan dapat melihat apakah calon debitur tersebut layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

Baca Juga: 8 Tips agar Cepat Dapatkan Pinjaman Online

BIAYA ADMINISTRASI

Umumnya, KTA bank telah termasuk dalam biaya provisi, biaya tahunan, atau biaya keterlambatan pembayaran. Bahkan jika ingin melunasi lebih cepat dari batas waktu, kita akan terkena biaya. Jenis biaya yang biasanya membutuhkan dana besar ini terkadang membuat nasabah perlu mengeluarkan dana lebih banyak lagi.

Pinjaman online justru tidak memberlakukan biaya administrasi. Namun, biaya tambahan, seperti biaya jasa serta bunga.

TENOR

Jangka waktu KTA di bank bisa mencapai 36 bulan atau bahkan lebih. Faktanya, nasabah dapat mengangsur pembayaran KTA lebih lama. Pinjaman online memberlakukan jangka waktu hanya berkisar 1-4 minggu saja.

Baca Juga: Memilih Pinjaman yang Tepat dengan Mengenal Istilah Tenor Pinjaman

JUMLAH

Jika sedang membutuhkan dana yang besar, manfaatkan KTA dari pihak bank. Tapi, biasanya orang mengajukan KTA bank untuk alokasi biaya pendidikan, biaya pernikahan, pembayaran rumah sakit, atau biaya lain yang jumlahnya relatif cukup besar. Berbeda dengan pinjaman online yang tidak dapat memberikan pinjaman terlalu besar, kisarannya hanya Rp4.000.000 saja.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Dana Pinjaman Online

SUKU BUNGA

Suku bunga yang ditawarkan KTA biasanya lebih rendah dibanding kartu kredit. Selain itu, bunganya juga bersifat tetap dan tidak berubah selama masa kontrak kredit. Bedanya, pinjaman online mengenakan bunga yang dihitung per hari. Tentu saja hal ini bisa membuat total pinjaman menjadi lebih besar saat akhir pelunasan. Jadi, semakin lama mengambil tenor maka semakin tinggi pula bunga yang dikenakan dalam pinjaman.

Baca Juga: Ini 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman agar Tidak Gegabah

Percayakan pinjaman online hanya pada Danabijak! Setiap pinjaman yang dilunasi dengan tepat waktu akan berkesempatan mendapatkan 1000 poin bijak. Selain itu, Rekan Bijak bisa mendapatkan bunga lebih rendah serta jumlah pinjaman yang lebih besar hingga 10 juta rupiah.

pinjaman uang online cepat cair

2 Comments

Write a comment
  1. Ebi faisal
    April 27, 17:37 Ebi faisal

    Nama saya : Ebi faisal
    Gimana cara nya untuk mengajukan pinjaman tunai tanpa jaminan

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: