8 Prinsip Bisnis yang Harus Kamu Pegang Selama Menjadi Pengusaha

Rekan Bijak, ada banyak tips yang kamu dapatkan untuk membangun sebuah bisnis. Namun, tahukah kamu ada prinsip-prinsip bisnis yang harus kamu pegang selama menjadi seorang pengusaha? Prinsip-prinsip ini akan sangat penting ke depannya, jika kamu ingin bisnis kamu terus bertahan!

8 Prinsip Bisnis yang Harus Kamu Pegang Selama Menjadi Pengusaha

8 Prinsip Bisnis yang Harus Kamu Pegang Selama Menjadi Pengusaha

Dalam berbisnis, Menjadi seorang pengusaha pastinya mempunyai prinsip-prinsip bisnis. Prinsip bisnis merupakan pengetahuan tentang tata cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal dan secara ekonomi atau sosial. Prinsip bisnis merupakan sesuatu yang penting untuk dipegang, agar bisnis tersebut tahu mau dibawa kemana, dan bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar. Tanpa prinsip, bisnis tersebut bisa jadi jatuh dan tidak bisa bangkit kembali.

Pentingnya prinsip ini akan membawa bisnis kamu ke arah yang lebih baik dan kesuksesan. Pastinya, prinsip-prinsip dalam berbisnis ini akan menjadi sangat penting ketika sudah berada di tengah-tengah berbisnis, dimana kamu akan mengalami banyak cobaan, ditambah lagi menghadapi orang dengan sifat yang bermacam-macam, entah ia baik atau jahat. Nah, Rekan Bijak, apa sajakah prinsip bisnis yang harus dipegang selama menjadi seorang pengusaha?

Percayalah pada Orang Lain, Namun dengan Batasan Tertentu.

prinsip bisnis

Hal terutama dan yang paling penting dalam berbisnis, adalah jangan percaya siapapun, bahkan jika harus kerabat sekalipun. Memang, mungkin ada sebuah ikatan di tali persaudaraan antar kerabat, namun ketika sudah di hadapan uang, hal itu bisa berubah seketika. Bisa jadi, dari seorang saudara, malah menjadi seekor serigala yang siap menerkam kapanpun ada kesempatan. Walau begitu, bukan berarti tidak boleh mempercayai sepenuhnya.

Di dalam bisnis, kepercayaan adalah sebuah hal yang penting. Namun, banyak hal yang tidak boleh diberitahukan dan harus dirahasiakan di dalam perusahaan, dan jangan sampai orang lain bisa tahu, karena bisa jadi ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Kepercayaan memang penting, namun pada akhirnya, kepercayaan terhadap orang lain harus dibatasi.

Jujur terhadap Orang Lain

prinsip bisnis

Kejujuran merupakan hal dasar paling penting bagi umat manusia. Menjadi seorang yang jujur bisa jadi sudah jarang ditemukan di dunia ini, namun hal itu bukan berarti kejujuran tidak penting. Kejujuran adalah suatu hal yang patut dijunjung tinggi. Dengan kamu jujur, kamu akan mendapatkan kepercayaan orang lain, karena kejujuran itu harganya mahal dan belum tentu ditemukan oleh orang lain.

Seorang konsumen yang melihat seorang pebisnis yang jujur, pastinya akan selalu mempercayai produk yang pebisnis itu jual. Seorang rekan bisnis yang selalu mengobrol dengan kamu, jika kamu seorang yang jujur, pasti ia akan selalu mau bekerjasama dengan kamu. Itulah pentingnya kejujuran. Kejujuran bukan hanya sekedar prinsip bisnis, namun sebuah prinsip hidup.

Tidak Takut Gagal dan Tidak Menyerah jika Gagal

prinsip bisnis

Tidak takut akan kegagalan adalah prinsip bisnis yang patut kamu pegang. Dalam bisnis, jika tidak ada yang dinamakan dengan risiko, pastinya sudah semua orang di dunia sudah berbisnis dan berhasil. Pada kenyataannya, di dunia ini tidak banyak orang yang berbisnis karena risiko yang ada. Hal inilah yang membuat orang-orang takut berbisnis. Jika kamu adalah salah satu orang yang takut akan risiko, lebih baik lupakan mimpi untuk berbisnis.

Ditambah lagi, yang dinamakan risiko pasti mempunyai kemungkinan untuk gagal. Kegagalan bisa dikatakan adalah jalan lain menuju kesuksesan. Dalam bisnis, tidak ada hal yang akan sangat mulus, kecuali mempunyai modal yang sangat besar sehingga menghindarkan dari kerugian. Jika kamu gagal dalam sebuah bisnis, ingatlah, itu hanya salah satu cara untuk menuju kesuksesan. Dengan kegagalan, mental terbentuk dan kamu bisa mempelajari kegagalan tersebut.

Sabar dan Tekun

prinsip bisnis

Sumber : Freepik.com

Kesabaran dan ketekunan adalah dua hal yang dipegang dalam prinsip bisnis. Tanpa kesabaran, tidak akan ada hasil yang baik. Jika kamu mempunyai sebuah proyek bisnis dan proyek tersebut tidak memberikan keuntungan atau uang karena peminatnya masih sedikit, kamu harus tetap bersabar dalam mengerjakan proyek tersebut, karena tidak ada jalan cepat untuk menyelesaikan suatu proyek bisnis dengan hasil yang memuaskan dan memberikan keuntungan yang besar.

Kamu juga perlu tekun dalam mengerjakan suatu proyek bisnis. Hal inilah yang sangat penting dalam berbisnis. Ketekunan membutuhkan komitmen, kesabaran juga konsistensi dalam mengerjakan suatu hal, dan ingatlah, yang paling penting adalah menjaga kualitas dari produk, apalagi jika sudah terkena omongan negatif dari para konsumen.

Seseorang yang Optimis Namun Tetap Realistis

prinsip bisnis

Sumber : Videohive.net

Di Indonesia, banyak sekali orang yang pesimis, namun banyak juga orang yang optimis dengan kehidupannya. Memang, adalah suatu hal yang baik jika menjadi seorang yang optimis, namun hal itu bukanlah sesuatu yang benar-benar baik ketika dihadapkan dengan kenyataan. Adanya suatu realita yang diberikan terkadang membuat seseorang harus lebih realistis. Hal inilah yang terkadang “menjatuhkan” orang yang sempat optimis, karena mempunyai optimisme yang begitu tinggi, namun karena dikecewakan atau gagal dalam satu hal, orang tersebut pun kecewa dan akhirnya benar-benar terpuruk.

Dalam bisnis, kamu harus menjadi seorang yang optimis, namun harus memiliki sampai dimana kamu harus optimis. Kamu harus mempunyai standar maksimal dari optimismemu. Kamu harus juga melihat realita yang ada. Ketika kamu optimis, namun tidak didampingi dengan kepekaan terhadap apa yang sedang terjadi, kamu hanya akan menghancurkan dirimu sendiri. Misalkan kamu ingin membuat sebuah kafe, namun kamu hanya punya modal sekitar Rp 50 juta, dan untuk membuat sebuah kafe butuh Rp 200 juta hingga Rp 300 juta, tidak mungkin, kan, kamu meminjam langsung dari bank tanpa perhitungan?

Berwawasan Luas

prinsip bisnis

Sumber : Videoblocks.com

Mempunyai wawasan luas adalah hal penting selanjutnya dalam prinsip bisnis. Mengapa mempunyai wawasan luas merupakan hal  yang harus dalam prinsip bisnis? Hal ini terkait dengan mengambil peluang dan menciptakan peluang. Berwawasan luas berarti memiliki pengetahuan umum dan juga mempunyai kecerdasan untuk mengambil sebuah peluang. Ditambah lagi, peluang tidaklah datang berkali-kali, paling tidak hanya sekali atau jika ada kesempatan, bisa dua kali.

Mempunyai wawasan luas juga penting untuk kamu yang akan berkomunikasi dengan rekan bisnis atau karyawanmu. Mau apapun topiknya, jika kamu merupakan seseorang yang berwawasan luas, kamu akan menyambung dengan rekan bisnismu, dan hal itu akan mempereratkan dirimu dengan rekan bisnismu.

Punya Etika

prinsip bisnis

Sumber : Videoblocks.com

Bahkan tidak hanya dalam bisnis, mempunyai etika yang baik adalah sesuatu hal yang sangatlah penting. Etika yang baik itu akan mempengaruhi penilaian orang terhadap kamu, apalagi ketika pertama kali bertemu. Mengapa bisa seperti itu? Karena orang akan memberi cap terhadap kamu. Ketika kamu sudah beretika dengan baik ketika pertama kali bertemu, orang yang akan menjadi rekan bisnismu akan berbuat baik juga terhadap kamu, dan bahkan bisa saja menghormati kamu.

Etika yang baik ini termasuk ketika kamu menyalami seseorang, bertatapan mata dengan seseorang, hingga cara makan dengan seseorang. Mempunyai etika yang baik ini bisa kamu pelajari, bahkan di internet juga ada banyak. Jika kamu menilai kamu mempunyai etika yang kurang baik, ingatlah agar kamu bisa memperbaikinya saat bertemu dengan rekan bisnis di masa depan dan kalau perlu, jadikanlah etika tersebut sebagai etika untuk kehidupan sehari-hari.

Kreatif

prinsip bisnis

Sumber : Dissolve.com

Mempunyai pemikiran yang kreatif adalah hal lainnya untuk mempunyai sebuah prinsip bisnis yang baik. Mengapa kreatif adalah salah satu hal yang penting? Karena di zaman yang berkembang dengan sangat cepat, menjadi kreatif bukanlah suatu pilihan, namun sudah menjadi suatu kewajiban. Yang membedakan produkmu dengan produk yang lain, dan yang menjadikan produkmu unik, itulah yang akan membuat bisnismu berkembang.

Ketika kamu tidak mempunyai pemikiran yang kreatif, hal itu hanya akan membuat bisnismu berjalan di tempat dan sama sekali tidak bergerak. Jadi, lebih baik, kamu harus mempunyai pemikiran yang kreatif dan mempunyai ide yang unik dan berbeda dengan bisnis lainnya!

Nah, Rekan Bijak, bagaimana dengan kamu? Tentunya, kedelapan prinsip bisnis ini merupakan prinsip-prinsip yang penting untuk kamu menjalankan sebuah bisnis yang baik. Memang, prinsip ini tidak akan langsung mengantarkanmu ke gerbang keberhasilan, namun yang pasti, jika kamu ingin terus berjuang dan keras kepala dalam berjuang untuk membuat sebuah bisnis, pastinya kamu bisa berhasil membuat bisnis, Rekan Bijak!

Prinsip bisnis

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: