4 Macam Produk Kreatif Karya Anak Bangsa Indonesia

Produk, hampir 90% produk yang ada di Indonesia di impor, mulai dari kendaraan, perabotan rumah tangga, bahan baku makanan, hingga berbagai kebutuhan untuk keperluan sehari-hari. Seiring berkembangnya zaman, beberapa produk Indonesia memiliki kualitas yang bisa bersaing dengan produk-produk yang di impor. 

4 Macam Produk Kreatif Karya Anak Bangsa Indonesia

4 Macam Produk Kreatif Karya Anak Bangsa Indonesia

Dari sekian produk yang mulai muncul di Indonesia, ada beberapa produk kreatif yang dibuat oleh tangan-tangan kreatif anak bangsa. Produk kreatif yang dibuat dan digagas oleh anak bangsa Indonesia beragam, hal unik dari produk yang di ciptakan oleh anak bangsa adalah pembuatannya merupakan handmade. Produk-produk yang dibuat anak bangsa banyak menggunakan bahan baku dari hasil alam yang ada di Indonesia, yang kemudian di olah oleh tangan-tangan kreatif anak bangsa.

Baca Juga: 6 Bisnis Ini Cocok Dijalankan Generasi Milenial Sebagai Peluang Menguntungkan

Produk kreatif dari anak bangsa mungkin dulu dipandang sebelah mata, namun dengan kerja keras dari diri anak bangsa, produk kreatif yang mulai banyak bermunculan ini perlahan tapi pasti sudah mulai di akui, mulai dari dalam negeri hingga ke mancanegara. Dan ari berbagai macam produk yang telah dihasilkan oleh anak bangsa, sudah mulai di pasarkan di berbagai penjuru dunia. Lalu, apa saja produk kreatif karya anak bangsa ya?

Motor Listrik 

Produk Kreatif

Sumber : tribunnews.com

Motor hasil karya kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dengan perusahaan teknologi, menghasilkan motor Gesits (Garasindo Electric Scooter ITS) yang tidak memerlukan lagi bahan bakar minyak, melainkan dengan menggunakan listrik. Motor Gesits ini lebih ramah lingkungan daripada motor lainnya, karena, motor gesits menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Motor gesits lebih hemat jika dibandingkan dengan motor dengan bahan bakar minyak, menggunakan motor gesits hanya perlu mengeluarkan Rp 900,00 per 70 km hanya dengan mengisi dari pagi sampai jam pulang kantor, sedangkan, menggunakan motor dengan bahan bakar minyak bisa menghabiskan Rp 6.500,00 hingga lebih.

Motor gesits memiliki spesifikasi 125cc setara dengan motor dengan bahan bakar minyak. Motor gesits sudah melakukan uji coba dengan menempuh jarak lebih dari 1.400 km, dengan uji coba tersebut, motor gesits masih dalam keadaan prima dan bagus, untuk itu motor gesit sudah bisa diproduksi dan dipasarkan secara luas. Motor gesits akan mulai dipasarkan pada Januari 2019. Rekan Bijak tidak perlu pusing jika seandainya memiliki dan memakai motor gesits, lalu, bahan bakar sudah mulai sedikit, karena, nanti akan ada swap station resmi gesits.

Baca Juga: 4 Tips Servis Kendaraan dengan Hemat dan Aman

Lemari Es tanpa Listrik

Produk Kreatif

Sumber : averiemakeup.com

Lemari es tanpa listrik merupakan karya anak bangsa yang baru menduduki bangku SD (Sekolah Dasar), karya tersebut berasal dari dua siswa SD Al Azhar 14 Semarang yang sedang duduk di bangku kelas enam, yang bernama Arya Nardhana Syariendrar dan Sanika Putra Ramadhan. Awal mulanya Arya dan Sanika sedang mencari informasi di internet mengenai tempat menyimpan buah dan sayur tanpa listrik, lalu mereka menemukan fakta bahwa pasir dapat menjaga suhur lebih lama, karena, rasa penasaran yang tinggi, mereka berdua akhirnya mencoba berbagai cara agar sayur dan buah dapat bertahan lama tanpa ditaruh di lemari es. Mereka mencoba menggunakan kotak stereofoam untuk tempatnya, lalu memasukan sayur dan buah ke kaleng biskuit, kemudian kaleng biskuit yang sudah diisi di taruh di stereofoam yang di luarnya di rendam dengan pasir dan air dingin.

Hasil percobaan mereka ternyata membuat sayur dan buah awet selama tujuh hari. Hasil penelitian selama berhari-hari di rumah dan di sekolah akhirnya di ikut sertakan ke ajang World Creativity Festival. Dan akhirnya kedua siswa tersebut berhasil mendapatkan medali perunggu di acara World Creativity Festival yang diadakan di Korea Selatan, kedua siswa tersebut berhasil mengalahkan puluhan peserta lainnya dari delapan negara. Alat yang ikut diperlombakan merupakan alat yang sederhana, yaitu stereofom, air, dan pasir.

Mobil

Produk Kreatif

Sumber : civitas.uns.ac.id

Produk kreatif anak bangsa yang lumayan banyak yaitu mobil, berbagai jenis dan bentuk mobil telah diciptakan oleh anak bangsa Indonesia. Mobil-mobil karya anak bangsa meliputi Komodo, KMW, Mahesa, Skev-1 (Signal Kustom Electric Vehicle 1), SV-1, Tuxuci, E&C, Selo, Digdaya, Bima dan Borneo. Dari berbagai macam mobil karya anak bangsa tersebut, memiliki fungsi, bentuk, dan hasil karya anak bangsa yang berbeda. Mobil Komodo merupakan kendaraan untuk menjelajah atau offroad dan dapat di gunakan di sejumlah sektor perkebunan, pertambangan, dan rekreasi, mobil ini memiliki suku cadang yang di produksi dari UMKM dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Mobil KMW adalah singkatan dari kiat mahesa wintor, kendaraan ini merupakan bagian dari program pemerintah, yang disebut alat mekanis multiguna pedesaan.

Mobil Mahesa merupakan kendaraan yang dapat di hubungkan dengan alat pertanian, karena, di bagian belakang mobil ini mempunyai power take off  yang dapat disambungkan ke peralatan mesin untuk membantu petani. Mobil dengan jenis Skev-1, SV-1, Tuxuci, E&C, Selo, merupakan mobil yang mengutamakan performa dan pengendaliannya, atau yang biasa di kenal dengan mobil sport. Dan, mobil dengan jenis Digdaya, Bima, Borneo merupakan mobil karya anak bangsa yang bernama Sukiyat, tiga jenis mobil ini di kenal dengan Mobil Esemka.

Baca Juga: 6 Cara Praktis Merawat Mobil Matic

Sepeda

Produk Kreatif

Sumber : .thejakartapost.com

Produk kreatif anak bangsa yang bergerak di bidang kendaraan namun dapat sambil berolahraga yaitu sepeda, sepeda karya anak bangsa ini terbuat dari kayu lokal dari Indonesia. Sepeda yang berbahan dasar kayu ini di namakan Wooden Bike, yang merupakan karya dari tiga pemuda asal Depok, Indonesia, yaitu Didi Diarsa, Maulidan Isbad dan Gambar T. Ardhika. Hal yang menginspirasi ketiga pemuda anak bangsa tersebut adalah ingin memanfaatkan kayu, membangun kembali gaya hidup menggunakan sepeda, meminimalkan kemacetan serta polusi di kota besar yang ada di Indonesia.

Dalam membuat sepeda ini, ketiga pemuda anak bangsa tersebut tidak sembarangan memilih kayu, kayu yang mereka gunakan adalah kayu yang berasal dari limbah pohon karet. Sepeda unik ini memerlukan perawatan khusus, dimana sepeda ini tidak boleh terkena air jika ingin sepeda ini dapat bertahan lama hingga lima tahun. Rekan Bijak tidak perlu takut akan rayap jika ingin memiliki sepeda ini, karena, sepeda ini dilapisi semacam pernis, anti rayap, dan keropos. Dan hal unik lain yang dapat Rekan Bijak lihat dari sepeda berbahan kayu ini yaitu sepeda ini menggunakan sistem elektrik hybrid, dimana Rekan Bijak dapat memilih menggunakan pedal atau tenaga listrik.

Baca Juga: Ini 8 Tren Produk Populer yang Meriahkan Tahun 2019, sudah punya?

Nah, Rekan Bijak, ternyata Indonesia memiliki berbagai produk kreatif ya? Produk kreatif karya anak bangsa tersebut tidak kalah dengan produk-produk dari luar negeri lho!

Produk Kreatif

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: