6 Jenis Profesi yang Paling Menjanjikan di Era Digital

Era Digital merupakan Terma untuk Zaman sekarang yang sangat dipenuhi oleh teknologi-teknologi. Karena itu pula, tuntutan-tuntutan zaman ini pun sangat berbeda dengan zaman sebelumnya. Tuntutan Era Digital ini berbeda dalam banyak bidang, bahkan termasuk profesi pekerjaan.

6 Jenis Profesi yang Paling Menjanjikan di Era Digital

6 Jenis Profesi Pekerjaan Paling Menjanjikan di Era Digital

Era digital sekarang ini cukup banyak menuntut keterampilan untuk seorang manusia. Mengapa? Karena pada era ini, segala sesuatu dikerjakan oleh mesin dan robot, karena selain tidak perlu menggaji orang-orang lagi, juga ditambah lagi mesin dan robot dianggap melakukan kesalahan jauh lebih sedikit dengan peluang melakukan kesalahan sangat kecil, bahkan cenderung tidak ada. Di lain sisi, manusia pun masih sering melakukan kesalahan.

Lalu, apakah di Era Digital ini pekerjaan malah cenderung makin sedikit karena peran manusia makin lebih sedikit dibandingkan peran mesin? Ada yang berkata iya, ada yang berkata tidak. Yang berkata iya berargumen bahwa peran Manusia tidak sepenting dulu, berbeda dengan sekarang karena mesin sudah menggantikan peran manusia. Sedangkan yang berkata tidak, berargumen bahwa manusia akan mempunyai peran baru jika suatu pekerjaan telah ditempati oleh mesin.

Contoh, dahulu sebelum ada mesin, manusia memakai tenaga sendiri untuk mengangkat benda besar untuk membuat suatu bangunan, namun sekarang memang ada Truk, namun sekarang ada pekerjaan Supir Truk, yang dahulunya tidak ada.

Namun, pastinya orang-orang akan mencari pekerjaan yang pastinya dibutuhkan di suatu zaman. Tidak mungkin ketika orang-orang sudah menciptakan mesin pengangkut benda berat, lalu ada orang yang malah bekerja menjadi pengangkut. Nah, di Era Digital ini, pastinya dibutuhkan profesi-profesi pekerjaan yang mampu memenuhi kebutuhan dalam Era Digital. Lalu, apa saja profesi-profesi pekerjaan yang dibutuhkan dalam Era ini? Simak yang berikut, Rekan Bijak.

Desainer Gambar dan Video

Era Digital

Sumber : Solo.tribunnews.com

Membuat Desain Gambar dan Video zaman sekarang sangatlah dibutuhkan. Mengapa? Karena hal ini juga merupakan salah satu cara dalam mempromosikan usaha seseorang atau bisnis. Tidak kaget jika orang-orang berusaha masuk ke Jurusan DKV(Desain Komunikasi Visual) atau Sinematografi karena memang mempunyai prospek pekerjaan yang sangat menjanjikan.

Kamu bisa menjadi Ilustrator, Editor, Atau Animator. Bahkan sekarang ini banyak pekerjaan yang menuntut untuk bisa setidaknya menggunakan Adobe, sebuah aplikasi yang khusus untuk Edit dan lain-lain. Apakah kamu tidak tertarik masuk ke DKV atau Sinematografi? Bahkan, dapat dikatakan kamu bisa bekerja di perusahaan atau Freelancer, dan kamu bisa mendapat gaji yang cukup banyak dari sana.

Search Engine Optimizer

Era Digital

Siapa yang baru tau Search Engine Optimizer atau disingkat SEO? SEO adalah sebuah pekerjaan yang baru ramai diperbincangkan oleh orang-orang karena profesi pekerjaan ini sedang sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang memang sangat ingin dipromosikan di layanan pencarian dimana pun, termasuk Google dan Youtube, dengan perusahaan tersebut ditampilkan di pencarian paling atas.

Pekerjaan SEO ini dianggap sebagai sesuatu yang sangat dibutuhkan karena promosi oleh SEO ini jarang ditawarkan oleh pekerjaan-pekerjaan lain dalam divisi Marketing sehingga SEO adalah profesi yang dibutuhkan, apalagi di Era Digital ini. Menjadi seorang SEO pun tidak perlu orang yang benar-benar dari jurusan Ilmu Komunikasi atau pun Marketing, namun yang terpenting seberapa menguasainya kamu dalam ilmu SEO.

Application Developer

Era Digital

Sumber : Videohive.net

Sekarang ini sedang juga dibutuhkan seorang Application Developer atau pembuat Aplikasi untuk Smartphone dan mungkin ini profesi yang paling dibutuhkan saat ini. Mengapa? Secara logis, pemakai Smartphone saat ini sangatlah banyak dan oleh Kominfo, Pemakai Smartphone di Indonesia mencapai lebih dari 100 juta orang, dan tentunya orang-orang akan jauh lebih berkutat pada Smartphone dan aplikasi dibandingkan Laptop atau Komputer dan Situs atau Tautan. Hal ini karena orang-orang lebih menyukai Efisiensi.

Dengan begitu, Aplikasi dalam Smartphone sudah sangat memengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia. Aplikasi-aplikasi seperti Instagram, Twitter dan Gojek pun merupakan contoh nyata bagaimana Aplikasi telah memengaruhi Masyarakat Indonesia bahkan Dunia. Oleh karena itu, sudah banyak perusahaan yang bergerak secara cepat ke Dunia Aplikasi dari Dunia Situs Internet, dan oleh karena itu, Application Developer sangatlah dibutuhkan.

Data Scientist

Era Digital

Sumber : Techinasia.com

Data Scientist atau Ahli Data adalah sebuah pekerjaan baru yang masih langka ditemukan di Indonesia, namun sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan, terutama perusahaan Startup. Mungkin kamu juga baru pertama kali mendengar tentang Ahli Data, namun pekerjaan ini pada kenyataannya sangat dibutuhkan untuk menghimpun semua data yang ada di suatu negara.

Pekerjaan ini dikenal cukup abstrak, karena pekerjaannya membutuhkan kerja otak yang ekstra dan untuk berpindah perusahaan pun akan membuat sebuah pekerjaan yang berbeda, mengingat data-data yang dibutuhkan perusahaan berbeda-beda. Jika Perusahaan A membutuhkan Statistik tentang populasi, Perusahaan B pastinya membutuhkan Statistik yang berbeda, dan hal itu perlu pembelajaran lagi. Untuk kamu yang sangat menyukai tantangan, ditambah lagi kamu adalah Jurusan Matematika, Statistika atau segala sesuatu yang berhubungan dengan hitung-hitungan, pekerjaan ini cocok untuk kamu!

Content Writer

Era Digital

Menjadi seorang Content Writer atau Penulis Konten juga salah satu pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang ada. Mengapa? Karena saat-saat ini, untuk mempromosikan situs atau aplikasi, dibutuhkan konten agar aplikasi atau situs tersebut dapat terus muncul di paling atas mesin pencari seperti Google. Bahkan, sekarang ini Penulis Konten sudah bisa bergerak sebagai Freelancer dan dapat disewa oleh perusahaan-perusahaan.

Menjadi seorang Penulis Konten di Era Digital sangatlah dibutuhkan dan jika Rekan Bijak merupakan seseorang yang sangat menyukai komunikasi dan juga seseorang yang suka menulis, menjadi seorang penulis konten adalah pekerjaan yang dapat menjadi salah satu pilihan yang baik.

Influencer

Era Digital

Sumber : Popspoken.com

Mungkin Rekan Bijak sudah biasa mendengar tentang pekerjaan seorang Influencer, yakni bekerja sebagai seorang BloggerVloggerSocial Media Celebrity atau mungkin Traveller. Menjadi seorang Influencer kebanyakan tidak terikat kontrak ke suatu perusahaan tertentu dan menjadi seorang yang mempromosikan suatu tempat, jasa, produk atau lainnya.

Menjadi seorang Influencer berarti memberi pengaruh kepada orang lain, baik itu bersifat bayaran maupun bersifat voluntir. Menjadi seorang Influencer juga mengharuskan kamu untuk tetap mempromosikan diri kamu sendiri sambil mempromosikan produk-produk agar perusahaan-perusahaan mau memakai kamu sebagai seorang Influencer yang banyak diikuti oleh orang-orang.

Nah, Rekan Bijak, Di Era Digital ini, banyak bukan pekerjaan-pekerjaan yang tersedia? Rekan Bijak bisa saja memilih untuk belajar tentang pekerjaan-pekerjaan ini, yang bahkan banyak dari pekerjaan tersebut yang hanya membutuh Soft Skills dan bukan Hard Skills, jadi bisa belajar sendiri tentang pekerjaan tersebut alias otodidak. Nah, di Era Digital ini, Rekan-rekan Bijak bisa memilih untuk mengikuti  profesi-profesi yang memang tercipta berkat dari tekanan zaman, atau tetap memilih profesi-profesi yang sudah ada sejak lama. Tapi sangat disarankan untuk memilih profesi-profesi yang memang diciptakan untuk kebutuhan Era Digital ini!

Era Digital

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: