Ramadan akan Tiba? Jangan Lupa Lakukan 4 Persiapan Ini ya!

Bagi orang yang beragama islam atau yang bisa disebut dengan umat muslim, ramadan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu. Saat bulam ramadan tiba, seorang muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Pada tahun 2019 ini, ramadan akan jatuh pada bulan Mei.

Ramadan akan Tiba? Jangan Lupa Lakukan 4 Persiapan Ini ya!

Ramadan akan Tiba? Jangan Lupa Lakukan 4 Persiapan Ini ya!

Ramadan sudah akan tiba, maka banyak umat muslim mulai melakukan persiapan. Persiapan ini berguna untuk menghadapi ramadan selama satu bulan, karena, biasanya selama ramadan segala sesuatu akan berubah, mulai dari pola makan, pola tidur, dan masih banyak lagi. Puasa wajib dilakukan oleh umat muslim, supaya bisa merasakan beban saudara seiman yang sulit mengkonsumsi makanan ataupun minuman.

Untuk itu, sebelum bulan Ramadan datang, Rekan Bijak harus mempersiapkan berbagai macam kebutuhan dari jauh-jauh hari. Bahkan, mempersiapkan berbagai kebutuhan saat Ramadan, tidak hanya dilakukan oleh orang mulim, melainkan, orang-orang dari agama lain-pun antusias untuk menyambut bulan Ramadan ini. Lalu, apa saja ya persiapan yang harus dilakukan?

Ilmu

PersiapanSumber : etajwid.blogspot.com

Hal yang harus dipersiapkan yang pertama yaitu ilmu. Ilmu yang dimaksud disini adalah ilmu mengenai agama Islam itu sendiri. Saat bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk seluruh umat Islam untuk memperdalam ilmu mengenai agama mereka. Tetapi, sebelum bulan Ramadan tiba, maka, sebaiknya Rekan Bijak sudah mempersiapkan ilmu pengetahuan mengenai agama Islam dari jauh-jauh hari.

Manfaat mempersiapkan ilmu yaitu supaya selama bulan Ramadan, Rekan Bijak bisa mendapatkan berbagai keberkahan dari Allah SWT. Persiapan ilmu yang bisa Rekan Bijak lakukan yaitu dengan membaca Al-Qur’an, Hadits, dan berbagai ilmu pengetahuan mengenai agama Islam. Tujuan mempersiapkan ilmu agar selama bulan Ramadan, Rekan Bijak bisa memperdalam ilmu, serta keimanan dengan baik lagi.

Kesehatan

PersiapanSumber : lifestyle.kompas.com

Hal yang perlu dipersiapkan selanjutnya yaitu kesehatan. Kesahatan perlu dipersiapkan, baik kesehatan jasmani, maupun kesehatan rohani. Sangat penting mempersiapkan kesehatan sebelum menghadapi bulan Ramadan, karena, selama bulan Ramadan, Rekan Bijak wajib berpuasa satu bulan lamanya. Berpuasa biasanya dilakukan selama 13 jam di Indonesia, selama puasa, maka, Rekan Bijak tidak diperbolehkan makan ataupun minum.

Tidak bisa dipungkiri, bagi sebagian orang, saat bulan Ramadan datang, maka datang pula berbagai masalah kesehatan, seperti dehidrasi, maag, sakit kepala, dan masih banyak lagi. Untuk menghindari berbagai masalah kesehatan yang akan hadir, karena, melanjankan ibadah puasa, maka, Rekan Bijak harus mempersiapkan diri Rekan Bijak dengan baik. Cara mempersiapkan kesahatan yaitu mulailah Rekan Bijak untuk mengkonsumsi makanan-minuman sehat, dan berolahraga secara rutin.

Keuangan

PersiapanSumber : antijobless.com

Selanjutnya, hal yang perlu dipersiapkan yaitu keuangan. Saat bulan Ramadan tiba, maka, akan tiba pula berbagai ajakan untuk buka puasa bersama dengan teman-teman ataupun kerabat. Biasanya, acara buka puasa bersama (bukber) ini diadakan di suatu restoran, tempat makan, dan sejenisnya. Selain ajakan bukber, Rekan Bijak harus juga mempersiapkan makanan untuk dimakan saat sahur. Adanya ajakan bukber, serta mempersiapkan makanan untuk sahur, maka, bisa membuat kondisi keuangan Rekan Bijak berada dalam masalah.

Setiap minggu selama bulan Ramadan, pasti ada saja ajakan untuk bukber, sehingga membuat Rekan Bijak, mau tidak mau, mengeluarkan sejumlah uang yang dipunya. Untuk mengatasi masalah keuangan dari ajakan-ajakan bukber, mempersiapkan makanan untuk sahur selama bulan Ramadan, maka, Rekan Bijak harus mempersiapkan keuangan dari jauh-jauh hari. Untuk mempersiapkan keuangan, Rekan Bijak dapat mulai dengan menabung sejumlah uang secara terpisah, khusus untuk berbagai keperluan selama Ramadan.

Bahan Makanan

PersiapanSumber : sahabatnestle.co.id

Terakhir, hal yang perlu dipersiapkan saat Ramadan akan tiba yaitu bahan makanan. Saat bulan Ramadan, biasanya Rekan Bijak akan makan saat sahur. Untuk itu, Rekan Bijak harus mempersiapkan berbagai bahan makanan untuk Rekan Bijak masak dan makan saat sahur maupun berbuka. Sangat disarankan mempersiapkan berbagai bahan makanan dari jauh-jauh hari, karena, biasanya saat bulan Ramadan tiba, maka, berbagai macam bahan pokok, akan mengalami kenaikan harga.

Untuk menghindari kenaikan harga tersebut, maka, sebaiknya Rekan Bijak berbelanja bahan makanan yang akan digunakan selama bulan Ramadan dari jauh-jauh hari. Selain bisa lebih menghemat pengeluaran, mempersiapkan bahan makanan dari jauh-jauh hari bisa membantu Rekan Bijak memikirkan makanan apa yang harus Rekan Bijak masak selama bulan Ramadan tiba.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum Ramadan tiba? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel di atas ya!

Persiapan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: