Rekomendasi Kedai Kopi Enak dan Murah di Pulau Jawa

Bagi beberapa orang, kopi lebih dari sekadar minuman penghilang rasa kantuk. Tubuh rasanya tidak akan dapat bekerja secara maksimal apabila belum mendapat asupan kopi. Akhirnya, kopi pun menjadi sebuah kebutuhan yang diimbangi dengan kecintaan dari para penikmat setianya.

Rekomendasi Kedai Kopi Enak dan Murah di Pulau Jawa

Rekomendasi Kedai Kopi Enak dan Murah di Pulau Jawa

Jika kita sedang mencari rekomendasi kedai kopi yang nikmat dan dengan harga terjangkau, simaklah artikel yang Danabijak bagikan. Meminum kopi ketika sedang bersantai sambil membaca buku sungguh nikmat rasanya. Setiap orang tentunya punya cara sendiri dalam menikmati kopi. Ada yang sambil bekerja di depan komputer, menemani menoton televisi, sambil berbincang dengan teman, pasangan atau keluarga dan lain sebagainya.

Jakarta

Ibukota Indonesia yang serba ada ini selalu mengajak kita untuk menikmati apa yang ada di dalamnya, cuacanya yang hampir selalu panas akan membuat siapa saja selalu ingin mencari minuman yang dingin dan segar. Kedai Kopi adalah salah satu tujuan kaum metropolitan untuk melepas kepenatan sambil menyeruput kopi dingin. Inilah Rekomendasi Kedai Kopi yang ada di Jakarta.

Kopi Tak Kie

  • Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, RT.7/RW.6, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120.
Rekomendasi Kedai Kopi

www.flickr.com

Kop Tak Kie saat ini sedang kembali ke masa kejayaanya. Berbeda dengan kedai kopi yang lainnya yang menawarkan tempat yang nyaman, fasilitas hotspot dan pendigin ruangan. Kedai Kopi Tak Kie adalah sebuah kedai sederhana dan bersahaja yang sudah berdiri sejak 1927. Minuman andalannya adalah Es Kopi Susu Tak Kie dan Es Kopi Hitam Tak Kie. Kedai Kopi Tak Kie berada di Gang Gang, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, RT.7/RW.6, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari. Dikarenakan berlokasi di daerah Pecinan, Gang ini selalu ramai penjual makanan yang enak, mulai dari yang halal/non halal. Jadi bagi Rekanbijak yang tidak memakana makanan non halal diharuskan untuk lebih teliti yang jika ingin makan di daerah ini.

Rekomendasi Kedai Kopi

sharontravelogue.com

Segelas Kopi Tak Kie ini dibanderol dari harga 22 ribu hingga 28 ribu,  kopi ini, seperti dilansir Kompas, merupakan campuran kopi dari jenis kopi Robusta maupun Arabika dari Lampung, Toraja sampai Sidikalang. Kopi ini proses dan disajikan masuh dengan cara yang tradisonal, yang membuat rasa kopi disini tidak banyak berubah. Suasana di Kedai yang ramah membuat kedai ini berbeda dengan kedi yang lainnya. Dengan kesederhanaanya kedai ini mampu mempertahankan pelanggannya dari generasi manapun. Selain menawarkan es kopi yang legendaris, kedai ini juga menyajikan makanan seperti Bakmie & Nasi Campur (non halal)

 

Kopi Kalyan

  • Jl. Cikajang No.61, RT.7/RW.5, Petogogan, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750.
Rekomendasi Kedai Kopi

manual.co.id

Kali ini rekomdasi kedai kopi yang Danabijak berikan berlokasi daerah Jalan Senopati. Kawasan Senopati memang terkenal dengan tempat nongkrong-nya yang kaum elit yang cukup mahal. Namun Kedai Kalyan menawarkan harga yang relative murah dibanding coffee shop sekitarnya. Disini perorang bisa mengeluarkan uang 50-75 ribu untuk segelas kopi pilihan kita dan makanan pendampingnya. Menu yang paling banyak dipesan di Kopi Kalyan adalah Es Kopi Banana seharga 44 ribu, rasa kopi ini creamy, manis dan komponen pisangnya begitu lembut. Selain itu ada Es Kopi Kalyan dengan menggunakan biji kopi houseblend arabica yang berasal dari Jawa Barat, Sulawesi dan Ijen. Memiliki cita rasa kental, manis dari gula aren dan lembut. Termasuk dalam kategori es kopi susu yang enak. Jika kita memesan kopi disini, ternyata sudah otomatis dihidangkan dengan pandan sponge cake sebagai komplimen dari Kopi Kalyan. Walaupun gratisan tapi rasanya patut diacungi jempol. Wangi pandan cukup terasa dan tekstur sponge cake nya pun lembut.

Rekomendasi Kedai Kopi

www.tripadvisor.com

Kedai Kopi ini memiliki area spacious yang berdesain perpaduan antara modern minimalis dengan sentuhan rustic. Beberapa sudut ruang tampil futuristik, sedangkan beberapa sudut lainnya terlihat lebih artistik. Tempatnya cukup luas dengan penataan yang sederhana. Cocok untuk menjadi working space buat kalian yang bisa bekerja remote atau menjadi tempat meeting dengan client.  Untuk menemani kita ngopi, ada banyak macam pastry yang bisa kita jajal disini.

 

Bogor

Kali ini kita berpindah ke Kota Hujan, Bogor. Kota yang asri, selalu ramai oleh para wisatawan ini memiliki banyak rekomendasi kedai kopi yang murah dengan rasa yang tidak murahan. Selain disuguhkan dengan keindahan Kota Bogor, apalagi didukung oleh cuaca Bogor yang mendung, pas sekali

Popolo Coffee 

  • Jalan Loader No.9, Baranangsiang, Bogor Timur, Baranangsiang, Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16143.
Rekomendasi Kedai Kopi

www.youtube.com

One of Bogor fine coffe shop. Cobalah melipir ke Popolo Coffe Shop dan nikmati kopi yang suguhkan dari kedai kopi ini. lokasinya berada di Jalan Loader No.9, Baranangsiang, Bogor Timur, Baranangsiang. Banyak orang yang seanag datang ke Kedai Popolo karena kopinya nikmat dan pas di lidah, tidak hanya itu, Popolo menjajakan kopi dan makanannya dengan harga murah yang bisa dijangkau oleh mahasiswa. Menu kopi yang disediakan di Popolo anatara lain adalah Espresso, Espresso machiatto, piccolo, long black, dan masih lusinan macam minuman yang ia tawarkan. Semua minuman dibanderol dengan kisaran harga 18-35 ribu pergelasnya. Direkomendasikan untuk mencoba avocado coffee-nya, alpukatnya cenderung tidak dibuat manis karena sudah ada ice cream chocolate, disediakan pula i shoo strong coffee. Perpaduan ini akan membuat kita ketagihan.

Rekomendasi Kedai Kopi

pergikuliner.com

Selain menjual kopi dan berbagai minuman lainnya, Popolo juga memajang berbagai macam menu makanan, seperti; bronies & ice cream, Lasagna, tortilla chips dan Rice Pudding. Untuk menemani sruputan kopi kita, pesanlah bread pudding rice. Rasa dengan manis yang pas berpadu dengan kelembutan pudding itu sendiri akan memanjakan lidah kita. Kesan kedai Papolo yang ramah lingkungan dengan banyak hiasan pot kembang akan membuat kita berlama-lama di Kedai Papolo.

 

Rumah Kopi Ranin

  • Jl. Kresna Raya No.46, Bantarjati, Bogor Utara, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16153
Rekomendasi Kedai Kopi

www.flickr.com

Satu lagi rekomendasi kedai kopi di Bogor. Rumah Kopi Ranin, sama seperti namanya, kedai ini memang berada dirumah, dan akan memberi kesan homey pada pengunjungnya. Tempatnya memang tidak begitu besar, namun sangat nyaman dan tidak menguras kantong. Ditambah sajian kopinya yang beragam dari biji kopi beberapa daerah di Nusantara.  Kita bisa memesan kopi Toraja Kalosi disajikan dengan asap yang masih mengebul diatas kopi. Seduhannya dengan rasa yang agak tebal akan menambah kenikmatan sendiri bagi para penikmat kopi. Kopi arabica Bengkulu Kepahiang dengan chemex pun bisa kita coba, rasa manis buah segar maupun rempah menggumpal di lidah. Ini adalah resep rahasia dari Rumah Kopi Ranin. Harga kopi dan makanan disini dipatok dengan harga kisaran 15 – 180 Ribu, tergangung jenis kopi yang kita pesan.

Rekomendasi Kedai Kopi

www.flickr.com

Ranin juga menyediakan kopi berbasis espresso (latte, cappuccino) dan makanan ringan agar nongkrong makin terasa klop. Kedai Kopi Ranin hanya menawarkan makanan ringan saja, seperti; Pisang Bakar Keju, Kentang Goreng dan yang paling sering dipesan adalah Tape Bakar yang dimasak dengan proses karamelisasi. rasa manis Tape Bakar yang manis ini akan melengkapi sajian kopi yang pahit. Tahukah kamu bahwa “Ranin” itu adalah singkatan dari “Rakyat Tani Indonesia”. Ya, kedai ini tidak hanya hadir untuk sekedar menyajikan kopi yang nikmat dari pelosok Indonesia, mereka juga memiliki misi untuk mensejahterakan para petani kopi. Dengan berdirinya Rumah Kopi Ranin, diharapkan kesejahteraan petani kopi akan lebih terjamin. Produk-produk unggul kopi Indonesia bisa dipamerkan di sini. Agar bisa dinikmati masyarakat luas, agar bisa jadi tujuan wisata kuliner di Bogor.

 

Bandung 

Seperti yang kita semua tahu, bahwa Bandung dipenuhi oleh pemuda-pemudi yang kreatif. Orang-orangnya sangat niat mengelola tempat dengan konsep yang sangat terencana dan apik. Tidak heran Bandung menjadi kota wisata favorit, apalagi untuk para warga Jakarta yang hampir setiap akhir pekan pasti senang berlibur ke Bandung walau hanya sekedar makan jagung bakar di pinggir jalan. Saat ini Bandung sudah banyak dipenuhi oleh kafe dan tempat makan yang enak untuk kongkow bersama teman dan keluarga. Begitu juga dengan Kedai Kopi. Kota Kembang ini memiliki segudang rekomendasi kedai kopi yang bisa dijadikan pelarian dari hiruk pikuk kebisingan Kota Bandung.

Warung Kopi Purnama

  • Jl. Alkateri No.22, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111.
Rekomendasi Kedai Kopi

www.satyawinnie.com

Jika kita sedang bervakasi ke Kota Bandung, jangan sampai lewatkan berkongkow-ria di Warung Kopi Purnama bersama orang-prang terkasih. Warung Kopi Purnama sudah menyajikan menu andalannya semenjak tahun 1930-an, dimana terdapat kopi susu dan roti panggang sebagai menu andalannya. Pertama kali berdiri dengan nama “Chang Chong Se” yang berarti “Silahkan Mencoba!” , namun karena kebijakan pemerintah ditahun 1966 namanya berubah menjadi Warung Kopi Purnama. Didirikan oleh Yong A Thong ,yang berasal dari kota Medan dan hijrah ke Bandung. Dilanjutkan kemudian oleh Yong Kie Lian (Allen Josana) hingga sampai sekarang tetap diteruskan oleh generasi ke-3 dan ke-4. Warung kopi ini sekarang menjadi bagian dari situs warisan Kota Bandung.

Rekomendasi Kedai Kopi

en.tripadvisor.com.hk

Masih dengan suasana kedai rumah lama 1930-an, dengan rumah bernuansa coklat tua dengan langit-langit atap yang tinggi. Waruung kopi ini menyajkan berbagai macam menu roti panggan, macam-macam nasi goreng dan juga soto. Dan yang pastinya berbagai macam kopi yang rasanya selalu dirindukan. Roti panggang selai srikaya menjadi makanan primadona di Werung Kopi purnama ini. Rotinya tawar yang lembut dipadu dengan selai srikaya yang otentik buatan dari warung Purnama sendiri. Kita juga bisa mencoba Roti Telur Ham Worst, roti tawar yang dimasak dengan telur dadar dan diberi daging ham, menghasilkan rasa yang klasikal, lembut dan gurih. Kopi Susu disini juga memiliki rasa yang khas dibanding kopi susu biasanya yang didominasi dengan rasa manis, Kopi Susu warung purnama masih menyisakan rasa pahit dari kopi hitamnya. Harganya juga sangat terjangkau, berkisar 20-80 ribuan Silahkan buktikan rasanya ke Warung Kopi Purnama, kamu pasti akan ketagihan dan terus ingin kembali ke tempat ini.

Kedai Kopi 170

  • Jl. Naripan No.76, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40213.
Rekomendasi Kedai Kopi

www.jalanjalankenai.com

Rekomendasi kedai kopi di Bandung yang kedua jatuh kepada Kedai Kopi 170, Jika kita sedang berlibur bersama teman di Bandung dan ingin ngopi sekaligus makan siang, Kedai Kopi 170 adalah tempat yang tepat untuk kita. Kita bisa menikmati kopi-nya yang enak dan juga bersantap untuk mencoba kuliner Tionghoa yang berada di kedai ini. Kedai Kopi 107 ini bertempat di Jalan Naripan, berdiri sebuah bangunan rumah tua kolonial yang besar dan bercat warna putih. Membuat tempat ini menjadi sangat luas dan nyaman, ditambah dengan pepohonan yang rimbun di sekitarnya membuat Kedai kopi ini menjadi sejuk. Dilengkapi juga dengan ruangan outdoor dan indoor.

Minuman andalannya adalah Es Kopi Cincau, es kopi susu yang kental berpadu dengan cincau yang manis, memberikan sensasi yang berbeda dengan es kopi lainnya. Kita juga bisa memesan kopi susu juga, rasa kopi susu yang kuat akan membuat tubuh kita lebih berenergi lagi. Selain kopi=kopi yang nikmat, Kedai 170 juga menjajakan minuman istimewa lainnya. Yaitu; Es Cendol Durian yang kentalnya mantap dan Es Teh Tarik yang menyegarkan dahaga. Untuk menemani kopi kita, pesanlah roti kukus/bakar untuk melengkapi seruputan kopi kita.

Rekomendasi Kedai Kopi

www.jalanjalankenai.com

Uniknya di Kedai Kopi 170 ini juga disediakan berbagai macam menu makanan khas peranakan, mulai dari makanan ringan dan makanan utama. Dim Sum disini cukup terkenal dengan tampilannya yang sederhana namun tidak meninggalkan kelezatan rasa makanan khas peranakan yang harum dan teksturnya yang lembut. Dim Sum artinya adalah makanan kecil, dalam kebiasaan keluarga Tionghoa atau peranakan, dimakan pada pagi hari atau makan siang. Macam Dim Sum yang bisa kita pesan disini adalah; Bakpao Goreng/ Kukus ini Telur Asin, Lumpia Udang Kulit Tahu, Hakau, Mantau dan Siomay. Untuk menemaji jamuan Dim Sum, sangat tepat jika kita memesan teh oloong atau teh bungan krisan. Jika kita sangat lapar dan ingin makan dengan porsi kenyang, kita bisa mencoba menu rekomendasi dari kedai ini, Mie Penang dan Laksa Singapura yang lezat.

Surabaya 

Buat kita para arek-arek Suroboyo maupun yang sedang berlibur di Kota Pahlawan ini, jika kita ingin mencari tempat yang asik untuk berbincang atau sekedar ingin menikmati kopi dalam kesendirian, datanglah ke kedai kopi. Kedai kopi adalah tempat sederhana yang pas untuk mengobrol santai. Jika saat ini Jakarta dan Bandung sudah dipenuhi dengan kedai kopi, tidak ketinggalan dengan Surabaya yang sudah banyak membagun kedai kopi agar para pecinta kopi di Surabaya bisa menikmati kopi dengan enak. Silahkan lihat rekomendasi kedai kopi Surabaya yang akan kita berikan.

Monopole Coffee Lab

  • Jl. Raya Darmo Permai I No.38, Pradahkalikendal, Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur 60189
Rekomendasi Kedai Kopi

majalah.ottencoffee.co.id

Monopole Coffee Lab hadir untuk para penikmat kopi yang juga menyukai kenyamanan tanpa batas plus ditemani camilan yang enak. Silahkan menyempatkan diri mampir ke kedai kopi yang populer di kalangan pemuda-pemudi Surabaya. Dikenal dengan tempatnya yang memberikan kesan nyaman yang khas. Jika kita membuka pintu kedai ini, kita akan melihat ruangan apik  dengan penerangan cahaya yang pas menjadikan kita betah untuk nongkrong berjam-jam. Jika suasana Surabaya sedang panas, cocoklah kita memesan Cold drip yang disajikan dalam botol imut Monopole. Selain cold drip yang sering dipesan oleh pengunjung, Afogatto with Napoli Rhum Ice Cream, perpaduan kopi dengan ice cream rhum-nya memanjakan lidah kita dengan rasa yang unik. Masih banyak menu kopi yang bisa kita nikmati di Monopole Coffee Lab ini, seperti; French Press, Flat White, Piccolo Coffee, dan masih banyak lainnya.

Titik Koma Coffee

  • Jl. Juwono No.25, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241.
Rekomendasi Kedai Kopi

majalah.ottencoffee.co.id

Rekomendasi kedai kopi ini berakhir pada Titik Koma Coffee. JIka kita arek Suroboyo asli, kita pasti sudah mengenal kopi yang satu ini, ya, Titik Koma Coffee. Jika Monopole Coffee Lab memiliki suasana yang sibuk dan ramai, berbeda dengan Titik Koma Coffee yang memiliki suasana nyaman dan tenang. Dengan interior berwarna putih membuat kedai ini terlihat bersih dan terang. Temboknya dihiasi oleh pot kembang dan berbagai tanaman hijau, mengingatkan kita dengan konsep ala Skandinavian. Titik Koma Coffee mengangkat konsep kopi spesial menggunakan biji kopi single origin di atas standar. Biji kopi single origin yaitu biji kopi yang berasal dari satu daerah, bahkan diuraikan dari satu kebun atau satu petani. Titik Koma Coffee secara berkala mengganti biji kopi dari banyak negara dan merupakan biji kopi panenan terbaik setiap musimnya. Misalnya di bulan Januari mereka menyajikan kopi dari Ethiopia, Guatemala, Jawa Barat dan juga Flores.

Rekomendasi Kedai Kopi

www.tripadvisor.co.za

Yang membuat Titik Koma menjadi spesial di mata pengunjungnya adalah, Titik Koma tidak menyajikan kopi dengan campuran yang muluk. Alih-alih menyajikan kopi “kekinian” Titik koma berusaha menyajikan kopi dengan rasa aslinya tanpa campuran apapun, karena sejatinya kopi itu sudah nikmat nikmat apa adanya. Titik Koma meracik kopinya dengan hati-hati dan dibuat dengan bebar. Tidak heran di beberapa kesempatan kopi disini dijual dengan harga ratusan ribu. Cobalah Guatemala Pastora, rasakan sensasi Citrus floral yang penuh di mulut, dan rasa manis yang pas. Kita juga wajib mencoba Mylkshake, 100% cokelat murni dengan susu pisang.

Inilah rekomendasi kedai kopi yang ada di Pulau Jawa, jika kita adalah para pecinta/penikmat kopi, jangan ragu untuk menjajal rekomendasi kedai kopi yang Danabijak berikan. Kopi tidak hanya sekedar minuman, bagi beberapa orang kopi adalah sebuah penghayatan, bahkan kopi bisa mempertemukan kita dengan nasib mujur.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: