7 Resolusi Keuangan yang Perlu Kamu Buat untuk Tahun 2019

Banyak orang membuat resolusi-resolusi tahun baru, seperti menjadi seorang yang lebih baik, resolusi dipromosikan jabatannya dalam perusahaan, hingga mempunyai pacar. Namun, ada juga sesuatu yang dinamakan resolusi keuangan, dimana seseorang menginginkan keuangan yang lebih sehat di tahun yang baru.

7 Resolusi Keuangan yang Perlu Kamu Buat untuk Tahun 2019

7 Resolusi Keuangan yang Perlu Kamu Buat untuk Tahun 2019

Rekan Bijak, pernahkah kamu membuat suatu resolusi keuangan? Resolusi keuangan merupakan suatu harapan yang kita harapkan untuk dilakukan dan harapan tersebut berhubungan dengan keuangan. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kehidupan, dan di artikel ini ditujukan untuk sebuah keuangan yang lebih sehat. Ditambah lagi, sekarang ini kita dalam waktu dua bulan kurang akan merayakan tahun baru menyambut tahun 2019.

Kata orang, tahun baru menjadi sebuah harapan baru dan resolusi baru. Mempunyai sebuah resolusi keuangan adalah sesuatu yang diharapkan oleh orang-orang. Dengan hal tersebut, orang-orang berlomba-lomba untuk menciptakan resolusi, terutama perihal keuangan. Lalu, apa sajakah resolusi keuangan yang perlu kamu buat di tahun 2019? Simak, Rekan Bijak!

Mulailah Menabung dengan Rekening Khusus

resolusi

Menabung dengan rekening khusus adalah hal yang mungkin baru untuk kamu, namun percayalah, menabung dengan kartu rekening khusus merupakan suatu hal yang penting dan sangat membantu untuk kamu yang ingin menabung. Dengan adanya kartu rekening khusus untuk menabung, bahkan kamu tidak perlu khawatir uang tabunganmu tidak sengaja terpakai karena suatu hal.

Rekening khusus tersebut juga sangat membantu ketika kamu butuh uang secara kilat. Usahakan, kamu mempunyai sebuah kartu rekening khusus untuk tabungan dengan penarikan uang bulanan secara otomatis oleh bank dengan jumlah yang kecil, karena kamu hanya membutuhkan rekening khusus untuk menabung, bukan untuk kegiatan sehari-hari.

Memulai Investasi

resolusi

Mulailah investasi sesegera mungkin! Mengapa investasi itu penting? Investasi, terutama yang jangka panjang, merupakan suatu kewajiban bagi para pekerja maupun pengusaha yang sudah mempunyai pendapatan tetap. Investasi bisa membuat keuanganmu di masa depan lebih stabil, bahkan di masa depan, kamu bisa sangat dibantu oleh investasi, terutama perihal tentang keinginan di masa depan seperti ingin membeli rumah atau mobil.

Investasinya pun tidak perlu investasi yang benar-benar besar, namun investasi yang cukup tidak terlalu besar, hanya saja menjanjikan keuntungan dengan risiko yang kecil. Banyak investasi yang nilainya tidak terlalu besar, namun sangat bermanfaat dalam waktu jangka panjang, seperti investasi emas atau tanah. Bahkan, rumah pun bisa diinvestasikan dengan modal yang kecil, hanya saja butuh patungan dengan orang lainnya untuk investasi rumah.

Ada Penghasilan Tambahan

resolusi

Mempunyai penghasilan tambahan bisa dikatakan sesuatu yang penting untuk sekarang-sekarang ini. Mengapa mempunyai penghasilan tambahan merupakan hal yang penting? Mengingat zaman selalu berubah, kebutuhan makin lama semakin bermacam-macam, ditambah dengan sifat konsumerisme dan juga gengsi yang selalu menjadi alasan orang mudah membuang uang, membuat kamu harus mulai memikirkan adanya penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan ini sekarang mudah didapatkan, jadi tenang saja! Banyak orang sekarang ini, setelah mereka selesai bekerja, mereka bisa melakukan hal-hal seperti menjadi seorang barrista, bartender, atau bahkan terkadang ada saja yang membuka sebuah warung kopi saat malam. Ada juga yang membuka sebuah online shop sehingga tetap bisa dipantau segala produknya.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

resolusi

Bayar tagihan tepat waktu merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan, namun pada kenyataannya tidak semua orang mampu melakukannya, bahkan hampir semua orang. Membayar tagihan tepat waktu, bisa dikatkaan suatu hal yang sulit dilakukan, apalagi untuk orang-orang yang mempunyai sifat konsumerisme yang hanya akan membuat orang-orang tersebut terbebani.

Jadi, Rekan Bijak, ingatlah, kamu mempunyai tanggung jawab ketika meminjam uang, sehingga adalah suatu hal yang penting untuk kamu membayar tagihan tepat waktu. Jika kamu tidak membayar tagihan tepat waktu, kamu hanya akan membuat dirimu terkena bunga yang lebih besar. Hal ini justru memberatkan, bukan?

Membuat Anggaran dan Taat pada Anggaran

resolusi

Membuat anggaran merupakan hal lain yang penting, jika kamu belum pernah membuat sebuah anggaran. Dengan adanya anggaran, pengeluaran dan pendapatan kamu akan jelas, ditambah lagi dengan kamu juga akan lebih mengerti pada anggaran yang ada. Dengan adanya anggaran, kamu lebih mengerti dalam mengeluarkan uang, sehingga kamu lebih tertata rapi saat mengeluarkan uang.

Namun ingat, tanpa adanya ketaatan terhadap anggaran itu, hanya akan membuat anggaran suatu hal yang sangat sia-sia. Ingatlah, untuk selalu taat dalam mencatatkan anggaran. Jangan karena merasa anggaran itu membebani dan hanya membuat “Takut” dalam hal mengeluarkan uang, sehingga kamu seringkali tidak menulis pengeluaran di anggaran!

Mempunyai Dana Pensiun

resolusi

Mempunyai dana pensiun merupakan hal penting lainnya ketika ingin membuat sebuah resolusi keuangan pada tahun 2019. Dana pensiun merupakan sebuah dana ketika kamu sudah saatnya untuk berhenti bekerja dan mendapatkan uang pensiun. Namun ingatlah, uang pensiun merupakan suatu hal yang sebenarnya tidak akan mencukupkan ketika di hari tua, sehingga sangatlah dibutuhkan dana pensiun.

Dana pensiun dapat berbentuk investasi maupun tabungan. Itu semua tergantung dengan kamu selaku penanggung jawab keuangan. Namun yang pasti, ingatlah, bahwa dana pensiun sangatlah penting!

Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

resolusi

Menggunakan kartu kredit dengan bijak memang sudah menjadi suatu hal yang kudu dan wajib. Mengapa? Alasan paling sederhana dan simpelnya adalah, agar kamu tidak perlu mendapatkan kredit yang harus dibayarkan ketika akhir bulan, dan tidak perlu sampai harus terkena denda ketika uang yang di auto debit tidak mencukupi!

Memakai kartu kredit memang mudah, bahkan kartu kredit itu sendiri memang sudah dibuat agar mudah dipakainya, namun apakah kartu kredit tersebut memudahkan kita hingga kita sampai lupa harus membayar berapa terhadap kartu kredit tersebut, itulah pertanyaan yang paling penting, Rekan Bijak! Bukan suatu hal yang rahasia untuk mengetahui bahwa kartu kredit memudahkan, namun karena kartu kredit bersifat memudahkan pembayaran, justru kita harus secara hati-hati dan bijak dalam menggunakan kartu kredit tersebut!

Rekan Bijak, apakah Rekan Bijak ingin keuangan Rekan Bijak lebih sehat? Dengan resolusi-resolusi keuangan untuk tahun 2019 seperti yang diatas, dapat membuat keuangan Rekan Bijak di tahun 2019 lebih sehat! Tinggal keniatan Rekan Bijak untuk melakukan resolusi yang ada!

resolusi

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: