6 Risiko yang Mengintai saat Berjualan di Jual Beli Online dan Solusi

Apakah kamu pernah membuka sebuah toko di jual beli online? Jika belum, maka ada sekitar 6 risiko yang kamu harus hadapi dalam berjualan di jual beli online! Risiko-risiko seperti ini haruslah kamu hadapi ketika kamu membuka sebuah toko di jual beli online.

6 Risiko yang Mengintai saat Berjualan di Jual Beli Online dan Solusi

6 Risiko yang Mengintai saat Berjualan di Jual Beli Online dan Solusi

Siapa yang tidak pernah membeli barang di jual beli online? Sekarang ini, orang-orang mencari barang yang untuk dibeli secara online, entah karena tidak mempunyai waktu untuk pergi ke tempat perbelanjaan atau pun memang tidak suka pergi ke tempat perbelanjaan. Sistem jual beli online ini memang sangatlah membantu banyak orang, sehingga banyak orang memakai sarana jual beli online untuk membeli banyak barang, bahkan makanan sekalipun.

Hal itu tentunya dimanfaatkan oleh banyak orang yang ingin berjualan, namun karena uang sewa yang mahal, mereka beralih ke jual beli online, yang memang dikenal tidak perlu banyak biaya, atau bahkan tanpa perlu biaya, ditambah lagi juga lebih mudah dan efektif. Namun, walau begitu, jual beli online mempunyai beberapa resiko, yang sering mengawang-awang para penjual barang online. Apa sajakah resiko itu?

Pembeli yang Suka Kabur Tiba-Tiba

jual beli online

Sumber : Mirror.co.uk

Banyak pembeli yang suka tiba-tiba kabur. Banyak pembeli yang ingin membeli suatu barang, namun entah kenapa tiba-tiba ketika dikontak kembali, orang tersebut malah tidak ada jawaban dan malah kabur. Ketika sang pembeli ingin membeli namun tiba-tiba tidak bisa dikontak kembali, hal itu hanya membuang waktu kita meladeni sang pembeli yang tiba-tiba kabur, dan kita tahu sendiri, waktu adalah uang. Dan kita telah membuang waktu untuk mengurusi satu calon pembeli!

Apalagi jika ada calon pembeli yang minta barang di-keep, namun tiba-tiba orang tersebut tidak bisa dikontak lagi, atau pun tidak bisa dihubungi. Tentunya hal itu menjengkelkan, mengingat mungkin saja barang tersebut bisa dijual ke para pembeli lainnya! Lebih baik, ketika bertemu dengan orang-orang seperti ini, mintalah untuk membayar DP terlebih dahulu seperti yang dilakukan oleh toko-toko konvensional

Pengadaan Stok yang Suka Habis

jual beli online

Sumber : Videoblocks.com

Risiko lain ketika berbisnis dalam jual beli online adalah pengadaan stok yang suka habis, baik stok yang kita miliki atau pun stok yang diadakan oleh sang pemasok barang. Pada kenyataannya, hal ini sangat sering terjadi dan tidak terduga-duga. Oleh karena itu, kita harus sering-sering menakar perkiraan berapa calon pembeli yang akan membeli produk yang kita jual, dan tentunya hal ini cukup sulit, dan ditakutkan habis nantinya.

Ketika stok kita habis, yang terjadi adalah kita akan kehilangan banyak calon pembeli, bahkan lebih parahnya lagi mungkin saja kehilangan kepercayaan dari pembeli! Nah, solusinya adalah, kamu harus tahu dahulu bagaimana proyeksi penjuualan kamu ke depannya nanti, dan kamu harus melihat tren produk kamu, naik atau turun. Jika proyeksi kamu terhadap barang kamu akan naik ditambah kamu juga percaya diri, kamu harus membeli stok dengan banyak, dan begitu pula sebaliknya. Memproyeksi suatu barang tentunya tidaklah mudah, namun kamu pasti juga akan mendapatkan pengalaman dari hal tersebut!

Persaingan yang Ketat

jual beli online

Sumber : istockphoto.com

Persaingan yang ketat dari berjualan di jual beli online banyak membuat orang-orang berpikir dua kali untuk berjualan secara online. Mengapa? Karena kompetisi yang begitu ketat, justru membuat orang-orang bisa saja barangnya tidak terjual, bahkan mungkin saja merugi! Kompetisi yang begitu ketat tidaklah mengherankan, mengingat kemudahan untuk membuka sebuah toko secara online di aplikasi-aplikasi berjualan.

Kompetisi ini juga bisa dilihat dari jumlah e-commerce di Indonesia tahun 2016 yang dicatat mencapai 26,2 juta, sebuah jumlah yang sangatlah besar. Lalu, dengan besarnya jumlah e-commerce ini, apa yang bisa kita lakukan? Dengan kompetisi seperti itu, kamu bisa melakukan dengan sistem berjualan yang baik dan kamu bisa mencari cara di Google bagaimana cara menciptakan sebuah bisnis berjualan online, dan percayalah, hal ini akan sangat membantu dalam bersaing di dalam usaha online.

Dikomentari Pembeli yang Tidak Puas

jual beli online

Sumber : Videoblocks.com

Banyak macam orang di dunia ini, dan ada juga yang baik dan tidak membebani orang lain, namun ingat, ada juga orang yang menyebalkan dan sering melakukan hate speech. Orang tersebut sayangnya banyak ditemukan dimana-mana. Ketika kamu berjualan, bersiaplah untuk terkena caci maki dari seorang pembeli yang tidak puas dengan kualitas dari produk yang kamu jual, bahkan jika pun produk kamu memang produk yang dijual murah dan memang tidak menjamin kualitas yang baik.

Ada juga orang yang merasa benar, dan ketika membeli suatu barang dengan kamu, dengan pemesanan deskripsi yang tidak jelas, dan tiba-tiba orang tersebut marah-marah. Yang bisa kamu lakukan adalah menghindari perdebatan, dan coba tanggapi komentar tersebut dan tanyakan apa yang bisa dibantu. Namun, jika orang tersebut sudah benar-benar tidak sopan dan mengesalkan, lebih baik diamkan saja.

Penipuan

jual beli online

Sumber : Videohive.net

Di dalam jual beli online, salah satu risiko paling besar dalam berjualan di jual beli online adalah adanya kecurang-kecurangan dan penipuan yang datang tidak hanya dari para konsumen, namun juga bisa jadi dari sisi produsen hingga teman bisnis sendiri! Hal ini sangatlah berbahaya dan sudah seharusnya dihindari, karena ini masalah uang. Jika uangnya sedikit bagus, namun jika jumlah besar, tentunya akan menjadi masalah!

Dari sisi konsumen, mungkin saja sang pembeli mengatakan sudah membayar, padahal kenyataannya belum, dan memakai cara curang dengan memberikan bukti yang palsu. Atau pun, dari sisi produsen, yang memasok barang tidak sesuai dengan kualitas atau kuantitas yang dipesan. Atau juga teman bisnismu malah membawa kabur uang yang ada! Yang paling benar adalah, kamu harus menerapkan filosofi hidupmu secara tegas, dengan tidak mudah mempercayai orang, agar tidak mudah dibodohi orang. Hal ini bisa dilatih dengan meminta saran dari orang lain dan banyak membaca pengalaman pengusaha sukses yang pernah ditipu.

Waktu untuk Bersenang-Senang Pastinya Berkurang

jual beli online

Sumber : parishealingarts.com

Ya, ketika kamu memutuskan untuk berbisnis, banyak hal yang harus kamu korbankan, dan dua faktor utama yang akan kamu korbankan adalah waktu dan uang. Ketika kamu memutuskan untuk berbisnis secara online, walaupun berjualan hanya dilakukan secara online, namun tetap saja akan ada waktu yang kamu harus korbankan, seperti bepergian dengan pasangan, bepergian dengan teman, uang untuk makan di mall, dan lain-lain, mulai digantikan dengan pengecekan stok, lalu membalas komentar para konsumen, berpikir tentang deskripsi produk dan mempublikasikan foto tentang produk sendiri, dan lain-lain.

Hal-hal seperti inilah akan kamu korbankan dari risiko yang ada. Oleh karena itu, jika kamu belum siap untuk mengorbankan hal-hal seperti itu, lebih baik kamu tidak membuka sebuah jualan di jual beli online, karena membutuhkan mental yang kuat. Solusinya, kamu harus memikirkan hal-hal seperti ini sebelum membuka jualan di jual beli online dan memastikan diri siap dengan segala risiko waktu. Dan tentunya, kamu juga harus memikirkan masa depan dan mendapatkan penghasilan untuk kehidupan sehari-hari! Salah satunya adalah dengan berjualan di jual beli online.

Nah, Rekan Bijak, untuk kamu yang berjualan atau pun belum berjualan secara online, lebih baik kamu membaca semua risiko-risiko yang ada disini, agar kamu lebih siap dan tahu cara menghadapinya, Rekan Bijak!

jual beli online

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: