Selain Bahasa Inggris, 7 Bahasa Asing Ini Berguna di Masa Depan Loh!

Percaya tidak percaya, dalam dunia pekerjaan, orang-orang yang menguasai bahasa asing pastinya akan sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan. Bahkan, biasanya, orang yang bisa berbicara dalam 3 bahasa, lebih akan mungkin masuk ke perusahaan yang ia lamar.

Selain Bahasa Inggris, 7 Bahasa Asing Ini Berguna di Masa Depan Loh!

Selain Bahasa Inggris, 7 Bahasa Asing Ini Berguna di Masa Depan Loh!

Seperti yang kita tahu, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dipakai oleh banyak orang di seluruh dunia. Bahasa Inggris ini menjadi bahasa internasional akibat dari masa lalu, di saat Inggris menjajah sangat banyak negara di seluruh benua, sehingga semua negara yang dijajah itu belajar bahasa Inggris. Akhirnya, bahasa Inggris pun menjadi bahasa internasional yang dipakai oleh hampir semua orang, bahkan sekitar 500 hingga 600 juta orang memakai bahasa Inggris.

Dari negara-negara di seluruh dunia, 67 negara menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara, biasanya akibat negara tersebut merupakan bekas jajahan Inggris dan membutuhkan bahasa tersebut untuk bisa membuat para penduduknya mengerti satu sama lain, dan tidak memakai bahasa-bahasa daerahnya sendiri. Namun, walau begitu, masih ada bahasa yang bisa dikatakan penting, bahkan ada yang diprediksi akan lebih penting daripada bahasa Inggris.

Bahasa-bahasa asing selain bahasa Inggris ini mungkin cocok untuk dipelajari untuk kamu yang senang belajar bahasa. Bahasa asing apa saja yang akan penting selain bahasa Inggris di dunia?

Mandarin

bahasa Inggris

Bahasa Mandarin merupakan bahasa asing yang mungkin paling penting di antara bahasa-bahasa asing lainnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena pertama, bahasa Mandarin merupakan bahasa yang penggunanya paling banyak di dunia. Ada sekitar 1,2 miliar orang di dunia yang menggunakan bahasa Mandarin, dan paling banyak memang berada di Tiongkok sana. Belum lagi orang-orang Tiongkok yang berdiaspora ke negara lain. Jadi, memang sangatlah banyak pengguna bahasa Mandarin.

Kedua, Tiongkok sekarang ini merupakan salah satu negara paling kuat di dunia, dan bahkan dikatakan sedang menyaingi Amerika Serikat dalam hal untuk mempengaruhi negara-negara. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok juga merupakan salah satu pertumbuhan ekonomi paling pesat di dunia, dan bahkan menjadi salah satu negara paling sukses dalam menanggulangi kemiskinan, sehingga Tiongkok sangatlah berpengaruh saat ini, dan jika ingin bekerja sama dengan orang-orang dari negara Tiongkok, mungkin harus belajar bahasa Mandarin.

Arab

bahasa inggris

Bahasa Arab merupakan bahasa penting lainnya. Walau penggunanya hanya sekitar 250 juta, namun bahasa ini tetap merupakan salah satu bahasa paling penting di dunia. Pasalnya, banyaknya orang Muslim yang kerap ingin pergi berhaji atau umrah merupakan salah satu alasannya. Jika kamu memang ingin membuka sebuah travel khusus untuk paket umrah atau haji, kamu bisa belajar bahasa Arab terlebih dahulu.

Dengan belajar bahasa Arab, kamu bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang di Arab Saudi sana ketika sedang berada di Arab Saudi. Belum lagi negara-negara di Timur Tengah yang kebanyakan memakai bahasa Arab. Ditambah lagi juga orang-orang Afrika Utara juga memakai bahasa Arab.

Jepang

indonesia

Bahasa Jepang juga merupakan salah satu bahasa yang paling penting, terutama untuk negara-negara Asia. Pasalnya, bisa dikatakan bahwa Jepang merupakan salah satu pionir teknologi yang ada di Benua Asia. Hal ini bukanlah sesuatu yang rahasia, mengingat Jepang memang negara yang paling pertama ikut perang dunia dari benua Asia Timur dan memenangkannya. Ditambah lagi, Jepang juga merupakan salah satu negara paling maju di Perang Dunia 1, dan bahkan hingga sekarang.

Jepang juga salah satu negara dengan penemuan-penemuan terbanyak, mulai dari game-game seperti Nintendo dan Playstation, lalu baterai lithium, hingga robot-robot tercanggih banyak yang dibuat di Jepang. Tidak mengagetkan jika banyak universitas dari Jepang yang masuk ke 200 universitas terbaik dunia, sehingga menjadi daya tarik bagi para siswa dari negara-negara Asia yang ingin belajar di luar negeri. Ditambah lagi banyak perusahaan Jepang di Indonesia, sehingga bahasa Jepang merupakan bahasa yang pantas untuk dipelajari.

Korea

bahasa inggris

Memang, sedang gencar-gencarnya negara-negara asal Asia Timur melebarkan sayapnya memberikan pengaruhnya, seperti Jepang yang dari anime dan manga, Korea dengan K-Pop dan Tiongkok dengan pengaruh ekonomi. Bahasa Korea pun juga bisa kamu pelajari, mengingat Korea Selatan sedang menjadi salah satu negara yang paling diburu oleh para turis akibat keindahan dari negeri tersebut, apalagi negara tersebut terkenal dengan musiknya dan budayanya.

Jika kamu ingin membuka sebuah usaha traveling, dan salah satunya pergi ke Korea Selatan, mungkin kamu bisa belajar bahasa Korea terlebih dahulu. Atau jika kamu ingin mencari beasiswa ke Korea Selatan, lebih baik belajar bahasa Korea karena banyak beasiswa dari negara tersebut yang menginginkan orang-orang bisa bahasa Korea terlebih dahulu. Apalagi banyak perusahaan dari Korea Selatan yang bisa kamu lamar, seperti Samsung, Daewoo dan LG, dan bisa bahasa Korea merupakan kelebihan utama.

Perancis

bahasa Inggris

Bahasa Perancis juga merupakan satu lagi bahasa yang penting. Bahasa Perancis banyak dipelajari oleh kebanyakan orang-orang muda, karena bahasanya dianggap bahasa yang romantis. Namun, walau romantis, dan dikatakan sulit untuk dipelajari karena banyak kosa kata yang sulit untuk dipelajari, namun banyak negara yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi negara.

Negara-negara yang memakai bahasa Perancis merupakan negara bekas jajahan Perancis, dan kebanyakan negara tersebut berasal dari Afrika, terutama Afrika Utara, Afrika Barat dan Afrika Tengah. Bahkan, ada beberapa negara di Timur Tengah juga menjadi bahasa Perancis sebagai salah satu bahasa resmi. Oleh karena itu, jika kamu belajar bahasa Perancis, kamu tidak hanya akan berinteraksi dengan orang-orang Perancis atau Kanada, namun juga orang-orang dari Timur Tengah atau pun Afrika!

Spanyol

bahasa inggris

Jangan pernah remehkan bahasa Spanyol. Meskipun kamu jarang mendengar tentang orang-orang yang ingin belajar bahasa Spanyol, namun pada kenyataannya, bahasa Spanyol adalah salah satu bahasa dengan pengguna terbanyak di dunia, kebanyakan dari Benua Amerika, dan bahkan merupakan bahasa resmi beberapa negara tidak hanya di Benua Amerika, namun juga Afrika Utara. Negara-negara seperti Chile, Paraguay dan Peru adalah contoh negara penggunanya. Apalagi, di Amerika Serikat, orang-orang memilih bahasa Spanyol sebagai bahasa asing kedua selain bahasa Inggris.

Bahasa Spanyol juga dipakai di negara-negara seperti Maroko dan Sahara Barat, sehingga bahasa ini salah satu bahasa yang dipakai di African Union. Di Asia pun tercatat ada satu negara yang menggunakan bahasa Spanyol, yakni Filipina, yang hanya sebelah utara dari Indonesia. Jika kamu memang banyak berhubungan dan interaksi dengan orang-orang Filipina dan Amerika Selatan, belajar bahasa Spanyol bukanlah hal yang sia-sia!

Jerman

bahasa Inggris

Bahasa Jerman memang merupakan salah satu bahasa yang dikenal paling sering dipelajari, terutama oleh para siswa yang ingin belajar ke luar negeri. Walaupun pengguna tetapnya sedikit, dan tidak banyak negara yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa resmi negara, seperti hanya Jerman, Swiss, Belgia dan Austria, namun bahasa Jerman tetap banyak dipelajari orang-orang.

Orang-orang yang mencari beasiswa ke Jerman, biasanya akan belajar bahasa Jerman terlebih dahulu agar bisa diterima di universitas-universitas di Jerman. Apalagi orang-orang yang ingin belajar tentang otomotif atau hukum internasional, biasanya akan datang ke Jerman.

Nah, Rekan Bijak, inilah bahasa-bahasa yang penting untuk kamu pelajari. Tidak ada salahnya jika kamu harus belajar bahasa asing selain bahasa Inggris, karena belajar bahasa asing tentunya sangat seru dan memberikan banyak manfaat, tentunya berhubungan dengan masa depanmu!

bahasa inggris

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: