Senang Hal Unik? Ini Dia 5 Perpustakaan Unik yang Ada di Dunia!

Membaca merupakan suatu kegiatan yang memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan manusia, salah satunya yaitu dapat menambah pengetahuan. Dengan membaca, seseorang bisa memahami berbagai ilmu pengetahuan. Biasanya seseorang lebih senang membaca di suatu tempat yang sepi, tenang, supaya bisa lebih fokus terhadap buku yang sedang di baca.

Senang Hal Unik? Ini Dia 5 Perpustakaan Unik yang Ada di Dunia!

Senang Hal Unik? Ini Dia 7 Perpustakaan Unik yang Ada di Dunia!

Salah satu tempat yang disenangi oleh kebanyakan orang untuk membaca, belajar, atau mengerjakan sesuatu yaitu perpustakaan. Perpustakaan atau library merupakan tempat yang mengoleksi atau tempat berbagai banyak buku, majalah, jurnal, dan sebagainya. Biasanya di perpustakaan, seseorang membaca buku, mencari buku, mengerjakan tugas, hingga tempat yang berguna untuk mencari ketenangan.

Baca Juga : Ilmu Perpustakaan, Jurusan yang Sarjananya Diam-Diam Dibutuhkan

Tetapi, bagi sebagain orang, perpustakaan merupakan tempat yang tidak disenangi, karena harus melihat berbagai macam buku. Namun, sekarang hampir kebanyakan orang senang berkunjung ke library, karena sudah banyak libary yang bagus, dan nyaman, serta unik. Lalu, apa saja ya perpustakaan unik yang ada di dunia?

Perpustakaan Outdoor Taman Levinski

PerpustakaanSumber : bogor.tribunnews.com

Pertama, library yang unik yaitu outdoor taman levenski. Library ini berada di Tel Aviv, Israel. Perpustakaan ini sengaja dibuat untuk para pendatang imigran, dan pengungi. Buku yang ada di library ini 3.500, dengan berbagai bahasa yang ada. Hal unik dari library ini, selain tempatnya yang berada diluar, tempat ini juga meminta pembaca untuk mengomentari isi buku yang sudah dibaca dengan membubuhkan ekspresi lucu, aneh, membosankan, menyedihkan, menarik, inspiratif atau sentimental.

Baca Juga : 5 Cara Membaca Buku dengan Cepat namun Tetap Efektif

Tianjin Binhai Library

PerpustakaanSumber : brecorder.com

Selanjutnya, library unik yang wajib Rekan Bijak kunjungi yaitu tianjin bindai library. Ada pepatah yang mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya library ini yang berada di negera China. Library seluas 33,700 meter persegi ini di desain oleh perusahan Belanda Mvrdv, bagunan ini memiliki desain seperti sebuah mata, oleh karena itu, perpustakaan ini juga dijuluki dengan “The Eye”.  Sejak dibuka pada tahun 2017, perpustakaan ini telah mendatangi lebih dari 10.000 pengunjung setiap harinya. Selain bentuknya yang unik, library ini memiliki berbagai rak besar dari material alumunium yang menjulang tinggi. Buku-buku yang ada di library ini tersimpan rapi di rak-rak besar tersebut dari bawah sampai ke atas.   

Baca Juga : 5 Alasan Membaca Buku dalam Bentuk Fisik Lebih Baik daripada Ebook

Stuttgart City Library

PerpustakaanSumber : architectural-review.com

Library unik yang selanjutnya yaitu stuttgart city library. Library ini berada di Jerman, tepatnya berada di kota Stuttgart. Library ini di buka pada 2011 dan dirancang oleh arsitek dari Korea, Eun Young Yi. Seperti yang bisa Rekan Bijak lihat dari gambar diatas, library ini memiliki warna dominan yaitu warna putih, semuanya berwarna putih bersih, mulai lantai, dinding, hingga rak-rak bukunya. Sehinga, setiap buku yang ada di rak pada library ini berfungsi sebagai penghias, karena, memiliki warna yang beragam.

Vannesla Library and Culture House

PerpustakaanSumber : bluesyemre.com

Selanjutnya yaitu ada vannesla library and culture house. Library ini terletak di kota Vennesla, Norwegia. Library ini berdiri pada tahun 2011, library ini pernah memenangkan beberapa penghargaan arsitektur dan dipuji, baik di Norwegia maupun di luar negeri. Ada orang dibalik uniknya library ini, orang tersebut bernama Helen & Hard. Kedua perancang desain bangunan ini mengembangkan konsep tulang rusuk untuk menciptakan struktur hibrida yang bisa digunakan sebagai penghubung konstruksi kayu dengan semua perangkat teknis dan interior.

Book Mountain Library

PerpustakaanSumber : archdaily.com

Kemudian, library unik yang selanjutnya yaitu book mountain library.Library ini merupakan proyek MVRDV, yang memiliki seorang perancang yang sama dengan perancang Tianjin Binhai Library. Eun Young Yi merancang kembali sebua library unik yang ada di Spijkenisse-Belanda yaitu Book Mountain Library. Library ini memiliki bahan yang dominan dari kerangka kayu dan struktur kaca ini, sehingga library ini memiliki bentuk yang mirip dengan piramida. Selain, memiliki bentuk yang unik, Book Mountain Library pernah menjadi perpustakaan terbaik di Belanda dan memenangkan sejumlah penghargaan, seperti Red Dot Design 2013 dan Dutch Wood Award 2012.

Baca Juga : 3 Judul Buku untuk Teman Ngabuburit

Microlibrary Taman Bima

PerpustakaanSumber : ayobandung.com

Selain yang berada di luar negeri, ada library unik yang berada di dalam negeri, tepatnya berada di kota Bandung. Library yang dimaksud tersebut yaitu microlibrary taman bima. Awal mulanya, library ini merupakan sebuah tempat uji coba dengan model yang unik pertama dari serangkaian perpustakaan kecil yang akan dibangun di Indonesia dalam lokasi yang berbeda-beda.

Library ini dirancang oleh SHAU Architecture & Urbanism dengan konsep ramah lingkungan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat library ini yaitu dari ember es krim bekas yang kemudian dilubangi agar udara tetap sejuk. Jika, Rekan Bijak lihat tempat ini dari luar, ember es krim tersebut membentuk pola dalam binary code yang jika dibaca berisi pesan “Buku adalah Jendela Dunia.”

Baca Juga : 5 Rekomendasi Komunitas Si Pecinta Buku, Seni, dan Budaya

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan apa saja perpustakaan unik yang ada di dunia? Jika sudah, semoga Rekan Bijak dapat berkunjung ke perpustakaan-perpustakaan tersebut ya!

Perpustakaan




Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: