Simak 5 Cara Mudah untuk Menghasilkan Uang dari YouTube

Menjadi YouTuber di era sekarang ini mungkin bukan hal yang aneh lagi, justru sekarang telah menjadi sebuah profesi dan pekerjaan tersendiri. Rekan bisa mendapatkan uang seperti bekerja pada sebuah perusahaan hanya dengan menciptakan konten kreatif di YouTube.

Simak 5 Cara Mudah untuk Menghasilkan Uang dari YouTube

Simak 5 Cara Mudah untuk Menghasilkan Uang dari YouTube

Mendapatkan uang dengan melakukan hal yang kita sukai, siapa yang tidak tergiur? pasti setiap orang menginginkan bisa mendapatkan penghasilan dengan melakukan apa yang ia sukai. Salah satunya lewat YouTube seperti hobi yang di gaji, adalah impian hampir semua orang, karena saat rekan melakukan pekerjaan dengan hati yang senang tentu pekerjaan tersebut tidak akan terasa berat.

Salah satunya mungkin lewat YouTube. Banyak para penyanyi profesional yang lahir dari YouTube, dengan membagikan videonya menyanyikan lagu orang lain hingga akhirnya dilirik label rekaman dan kemudian memiliki albumnya sendiri.

Kemajuan teknologi di era digital ini bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan, namun banyak yang belum paham bagaimana cara membuat konten video mereka dapat menghasilkan uang . Karena ada sistem di dalam YouTube yang perlu rekan ikuti untuk mendapatkan uang darinya. Berikut beberapa cara mudah yang bisa rekan coba untuk mendapatkan uang dari YouTube :

Baca Juga : 6 Jenis Profesi yang Paling Menjanjikan di Era Digital

Membuat Channel dan Konten YouTube

YouTubesumber : wehype.id

Langkah pertama yang perlu rekan lakukan adalah membuat channel sendiri, jika belum memiliki akun seilahkan buat akun terlebih dahulu, rekan bisa menggunakan akun google untuk masuk dan mendaftar dibanding mengisi data form lagi dari awal.

Lalu buatlah channel, gunakan nama yang unik untuk saluran YouTube rekan. Bagaimana konsep saluran, bagaimana tema atau karakter saluran rekan yang dapat menjadikannya berbeda dari saluran sejenis. Karena orang pasti lebih memilih menonton sesuatu yang unik dan berbeda dibanding dengan yang serupa seperti saluran yang ada.

Baca Juga : 7 Cara Sukses Membangun Karir Di Dunia Digital

Optimasi Video YouTube

YouTubesumber : ralabuma.com

Setelah atau sebelum rekan mempublish video, rekan perlu melakukan optimasi agar video YouTube lebih banyak penonton. Beberapa langkah mudah yang bisa rekan lakukan antara lain :

  • Membuat dan menayangkan video yang merupakan karya orisinal.
  • Membuat judul dan thumbnail yang menarik perhatian penonton, baik pada timeline YouTube maupun video yang direkomendasikan.
  • Optimasi video dengan menggunakan teknik SEO, misalnya pada judul, deskripsi, meta tag, dan sebagainya.
  • Jangan menggunakan konten yang memiliki hak cipta (copyright) rekan bisa menggunakan berbagai stock video gratis atau latar dengan label no copyright music.
  • Pahami terlebih dahulu Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube.

Baca Juga : Content Writer dan Copywriter, Apa Ya Bedanya? Yuk, Cari Tahu!

Monetisasi Video Lewat Iklan

YouTubesumber : BossTutorial.com

Salah satu cara mudah mendapatkan uang dari akun YouTube rekan adalah dengan memasangkan iklan pada videomu. Setelah masuk ke akun, rekan pilih menu account information disebelah kanan atas dan klik creator studio. Kemudian pada menu di sebelah kiri pilih Channel dan klik Status and features. Akhirnya pilih Enable monetisation, kemudian setujui agreement yang ada.

Setelah mengaktifkan monetisasi pada saluran rekan, rekan perlu melakukan associate dan approved AdSense account ke akun YouTube rekan. Nantinya akan tersedia fitur Analytic yang dapat digunakan untuk melakukan track penghasilan rekan, yang mana bisa terbayar hanya jika rekan melengkapi atau mengikuti YouTube payment treshold yang ada.

Baca Juga : Mengapa Banyak Orang Sekarang Ini Lebih Memilih Bisnis Waralaba?

Menjual Merchandise

Cara lain untuk mendapatkan uang dari saluran rekan adalah dengan menjual merchandise sendiri, dengan menaruh link daganganmu di deskripsi, para penonton video rekan bisa teraarah langsung ke tempat penjualan cenderamatamu.

Dari sini rekan bisa mendapatkan penghasilan lewat barang yang terjual. Secara tidak langsung rekan juga membranding akun YouTube kelolaan rekan sendiri.

Baca Juga : 7 Cara Untuk Memiliki Personal Branding yang Baik dan Otentik

Menjadi Influencer dan Menjual Produk Perusahaan

YouTubesumber : buyviewsreview.com

Selain menjual cinderamatamu sendiri, rekan juga bisa bekerjasama dengan beberapa brand tertentu dan menawarkan produk milik merek tersebut. Dari hasil penjualan yang didapat berkat video dan arahanmu tersebut, rekan bisa mendapatkan beberapa persen keuntungan dari total penjualan.

Tapi tentu saja itu tergantung dari bentuk kerjasama rekan seperti apa. Selain rekan bisa menadapatkan keuntungan dari penjualan, tentu rekan juga bisa mendapatkan produk dari perusahaan yang bekerjasama dengan rekan. Hal ini bisa terjadi jika brand tersebut memang melihat kontenmu yang berkualitas dan cocok dengan mereka.

Baca Juga : 6 Bisnis Ini Cocok Dijalankan Generasi Milenial Sebagai Peluang Menguntungkan

Pada akhirnya, kesimpulan dari cara mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan menghasilkan konten yang berkualitas dan tenu konsisten. Saat konten di saluran rekan sudah diakui kualitasnya oleh penonton, tentu uang akan mengalir dan akan banyak perusahaan yang akan mengajak bekerjasama. Dan semoga artikel ini bermanfaat ya rekan!

YouTube

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: