5 Makanan dengan Kandungan yang Efektif untuk Hambat Penuaan

Di masa muda rekan mungkin masih belum memperhatikan masalah kesehatan, kebanyakan remaja atau anak muda masih sembarangan dalam memilih makanan dan tidak menjalani gaya hidup sehat.

5 Makanan dengan Kandungan yang Efektif untuk Hambat Penuaan

5 Makanan dengan Kandungan yang Efektif untuk Hambat Penuaan

Pertambahan usia tidak bisa terelakan, tetapi beberapa penurunan alami kesehatan fisik dan mental dapat diminimalisir degan hambat penuaan. Seiring dengan ditemukannya pengobatan yang dapat membuat hidup rekan lebih lama, anti hipertensi, dan perawatan kanker menggunakan herbal, rekan bisa melakukan bagian sendiri untuk bisa hidup lebih lama.

Baca Juga : 8 Makanan Sehat dan Baik untuk Dikonsumsi Saat Puasa

Beberapa cara yang bisa dilakukan bahkan sangat mudah dan praktis, tanpa pil tentunya. Salah satunya dengan mulai rajin mengonsumsi makanan yang terbukti membantu proses anti aging. Di dunia ini ada banyak sekali jenis makanan yang bisa dinikmati, dari beberapa jenis makanan mengandung antioksidan, vitamin dan serat sehat. Selain mnyehatkan, makanan ini juga dapat mencegah proses penuaan dan bisa membuat rekan terlihat lebih muda.

Jenis makanan apa sajakah yang bisa hambat penuaan tersebut? simak penjelasan berikut untuk mengetahui jawabannya :

Makanan Fermentasi

Pasar Tradisionalsumber : dream.co.id

Makanan yang di fermentasi seperti kefir, kimchi, asinan kubis, serta produk kedelai seperti yogurt, tempe atau tahu sangat bermanfaat untuk hambat penuaan. Mengapa? itu karena makanan fermentasi mengandung serat makanan yang sangat baik untuk pencernaan, karena saat usia terus bertambah semakin tua sistem pencernaan akan semakin melambat.

Makanan fermentasi juga dapat membantu kesehatan mental. Selain itu mengkonsumsi yogurt yang rendah lemak dan bebas gula secara rutin akan membantu mengatasi masalah kepadatan tulang. Yogurt kaya akan kalsium dan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar tetap bugar.

Baca Juga : Selain Lezat, Kurma Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan, Loh!

Kacang – Kacangan

Hambat Penuaansumber : giziklinikku.blogspot.com

Kacang-kacangan merupakan makanan yang mengandung jumlah lemak tak jenuh cukup tinggi. Dan lemak ini sangatlah baik untuk tubuh ekan karena tidak bersifat meningkatkan kadar kolesterol seperti makanan yang mengandung lemak jenuh. Kacang-kacangan juga mampu menjaga agar jantung rekan bisa tetap sehat, tidak meningkatkan kadar kolesterol, dan tidak memberi konstribusi untuk obesitas atau melekat pada pembuluh darah seperti lemak jenuh.

Ketika arteri dan otot-otot jantung kita sehat, itu berarti bisa membantu proses hambat penuaan. Kacang-kacangan juga kaya akan kalium, zat besi, magnesium, dan zinc. Kandungan ini sangatlah penting menjaga pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Dan ini masih belum semua, kacang-kacang juga mengandung vitamin E yang termasuk agen anti-inflamasi, melwan jerawat, eksim dan psoriasis. Juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kulit dan rambut tetap sehat.

Baca Juga : 8 Makanan yang Dapat Menetralkan Kadar Kolesterol Jahat

Sayuran Hijau

Pasar Tradisionalsumber : nova.grid.id

Sayuran hijau gelap seperti brokoli, brussels sprouts, kale dan kol sangat baik untuk tubuh rekan. Mereka semua memiliki jumlah vitamin yang bervariasi dan umumnya tinggi vitamin A, C, E dan K.

Brokoli, kangkung, pok choi dan mustard cina tiak hanya kaya akan vitamin B (vitamin energi), tapi juga mengandung banyak antioksidan karotenoid yang menjaga sel tetap sehat dan mebantu mencegah kanker stadium pra-klinis sejak awal. Mereka juga mengandung serat, zat besi, magnesium, potassium dan kalsium dan vitamin K yang tinggi.

Baca Juga : Alasan Sayur dan Buah Lebih Baik daripada Mengonsumsi Multivitamin

Alpukat

Hambat Penuaansumber : Liputan6.com

Alpukat merupakan jenis makanan yang tinggi akan lemak tak jenuh tunggal. Tentunya hal ini bermanfaat untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh dan mengurangi berat badan. Disamping itu, buah ini juga kaya akan antioksidan seperti zeaxanthin dan vitamin E. Antioksidan ini berperan penting untuk mengurangi stres oksidatif (terlalu banyak kerusakan DNA akibat radikal bebas).

Buah alpukat juga telah ditunjuk sebagai buah untuk meningkatkan fungsi otak. Demensia dan penyakit alzheimer merupakan penyakit umum yang berbahaya dan dengan memakan buah alpukat bisa bermanfaat melawan penyakit ini. Kesehatan otak juga selalu ada kaitannya dengan penuaan, jadi dengan menjaga kesehatan otak juga bisa hambat penuaan.

Baca Juga : 5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Coklat

Hambat Penuaansumber : bonsari.com

Coklat juga bisa membantu hambat penuaan, tapi usahakan untuk memilih coklat pahit atau dark chocolate daripada milk chocolate atau white chocolate yang mengandung beragam bahan tambahan seperti gula dan lemak.

Camilan enak ini juga sehat karena kaya akan antioksidan. Rekan pun tak perlu lagi merasa bersalah kalau sedang ingin ngemil sesuatu, pasalnya makan coklat ternyata juga bisa membuat awet muda.

Baca Juga : Suka Cokelat? Nikmatilah Ketujuh Manfaat Cokelat Ini, Rekan Bijak!

Jadi, itu adalah beberapa makanan yang bisa bantu hambat penuaan. Selain itu juga untuk hambat penuan bisa dibarengi dengan gaya hidup sehat dan olahraga teratur. Semoga artikel ini bermanfaat ya rekan!

Hambat Penuaan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: