Simak 5 Solusi saat Terjerat Pinjaman Online Bermasalah

Saat seseorang sedang membutuhkan dana secepatnya, pinjaman online biasanya adalah salah satu jalan yang dipilih. Namun sering kali pinjaman online yang dikira akan membantu ternyata justru menyebabkan masalah baru. Buktinya saja, sampai saat ini banyak orang yang menjadi korban pinjaman online bermasalah.

Simak 5 Solusi saat Terjerat Pinjaman Online Bermasalah

Simak 5 Solusi saat Terjerat Pinjaman Online Bermasalah

Perkembangan teknologi yang sangat pesat semakin memudahkan dalam beraktivitas dan memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk maraknya kemunculan pinjaman online yang menawarkan meminjam uang semudah berbelanja online. Namun karna kemudahan ini pula banyak yang terjerat pinjaman online bermasalah. Salah satunya karena bunga pinjaman yang tinggi, tanpa perhitungan yang tepat karena sedang sangat membutuhkan dana segera Rekan bisa terjerat pinjaman online.

Bahkan pernah terjadi kasus seoarang supir taksi yang ditemukan gantung diri di kamar kosannya karena tidak mampu membayar utang pinjaman online. Tentu kejadian ini menjadi catatan hitam bagi penyedia pinjaman online, karena tidak semua pinjaman online melakukan perbuatan yang merugikan debiturnya.

Baca Juga: 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman agar Tidak Gegabah

Untuk menyikapi peristiwa ini, Lembaga Bantuan Hukum atau LBH mengeluarkan sejumlah pernyataan yang perlu diketahui masyarakat. Terutama LBH selama ini sudah menerima banyak laporan dari para korban pinjaman online. Bila saat ini Rekan sedang menghadapi situasi pelik terkait dengan pinjaman online, jangan berputus asa masih ada jalan keluar yang bisa Rekan coba, seperti berikut:

Tunjukan Itikad Baik pada Pemberi Utang

Terjerat pinjaman onlineSumber: merdeka.com

Tunjukan itikad baik pada pemberi utang bahwa Rekan memiliki niat untuk melunasi pinjaman tersebut. Karena terdapat pasal yang mengharuskan Rekan untuk membayar utang termasuk pada pinjaman online seperti diatur pada Pasal 1740 KUHPerdata. Utang piutang memiliki dasar hukum yang harus dipatuhi semua warga negara tanpa terkecuali.

Cobalah untuk mengkomunikasikan pada pemberi utang atau pinjaman online tentang opsi melunasi utang, karna debitur memiliki hak dalam urusan utang piutang. Salah satunya adalah debitur berhak mengajukan penjadwalan ulang dan restrukturasi jika mengalami kesulitan membayar cicilan atau tagihan pinjaman online.

Seperti yang disampaikan LBH, restrukturasi adalah pembaruan perjanjian utang piutang antara peminjam (debitur) dan pemberi pinjaman (kreditur) karena adanya kesulitan keuangan yang dialami peminjam.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui dari Pinjaman Uang Online

Kumpulkan Dana Pembayaran Utang

Terjerat pinjaman onlineSumber: dream.co.id

Langkah berikutnya adalah mengumpulkan dana untuk membayar utang. Cara pertama yang Rekan bisa tempuh adalah memakai penghasilan yang dimiliki setelah dikurangi kebutuhan hidup sehari-hari. Bila masih belum memadai, Rekan bisa menimbang untuk menjual atau mengagunkan aset yang dimiliki agar bisa segera mendapatkan dana pelunasan utang.

Aset uang bisa Rekan agunkan berupa kendaraan bermotor, perhiasan emas, gadget dan lain-lain. Jika hal tersebut masih belum memadai, Rekan bisa meminta bantuan kerabat atau keluarga agar bisa mendapatkan pinjaman lunak tanpa bunga untuk menambah kebutuhan pembayaran utang tersebut. Karna hal inilah penting untuk terbuka pada keluarga saat memiliki utang.

Baca Juga: Debt Stacking Vs Debt Snowball. Strategi Mana yang Lebih Baik dalam Melunasi Utang?

Merasa Diancam atau Ditipu? Segera Lapor ke Polisi

Terjerat pinjaman onlineSumber: kaltim.tribunnews.com

Pengalaman buruk yang dialami para debitur membuat mereka trauma, tidak heran jika ada salah satu dari korban pinjaman online yang memutuskan mengakhiri hidupnya. Seperti yang ramai diberitakan, beberapa tindakan buruk dialami para korban yang terjerat pinjaman online bermasalah. Mulai dari penyebaran data pribadi, ancaman atau intimidasi, penipuan, fitnah, hingga pelecehan seksual.

LBH secara tegas menyatakan perbuatan-perbuatan tersebut masuk dalam tindak pidana. Para debitur diharapkan segera melapor ke Polda atau Polres jika mengalami hal tersebut. Polisi tentu tidak boleh menolak laporan dari para korban karna ketentuan ini telah diatur dalam Pasal 8 Ayat 1 dalam Peraturan Kapolri No.12 Tahun 2009.

Baca Juga: 5 Tips Aman Saat Mengajukan Pinjaman Online Agar Tidak Tertipu

Lapor OJK Jika Merasa Ada Pelanggaran Dalam Penagihan

Terjerat pinjaman onlineSumber: jabarekspres.com

Memang sebaiknya saat Rekan ingin mengajukan pinjaman pilihlah pinjaman online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti Danabijak karena pinjaman online yang terdaftar di OJK terjamin keamanannya. Namun jika sudah terlanjur meminjam pada pinjaman online yang tidak terdaftar dan merasa terjadi pelanggaran saat penagihan, Rekan bisa melapor pada OJK.

Karena sudah menjadi kewajiban OJK untuk melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. Tentu perlindungan tersebut juga diberikan kepada debitur pinjaman online. Inilah kenapa LBH menghimbau masyarakat untuk melapor ke OJK entah pinjaman online itu terdaftar atau tidak. OJK wajib menanggapi laporan yang masuk sesuai UU No.21 Tahun 2011 tentang OJK.

Baca Juga: Mengenal Peran Otoritas Jasa Keuangan untuk Fintech

Laporan ke OJK ditolak? LBH siap membantu

Terjerat pinjaman onlineSumber: liputan6.com

Jika sudah membuat laporan ke OJK mengenai tindakan penyedia pinjaman online yang melanggar hukum namun ditolak. Rekan tidak perlu khawatir, LBH siap membantu. Segera kirim surat penolakan dan screen capture penolakan dari OJK ke email pengaduan@bantuanhukum.or.id dengan judul “Penolakan OJK_(nama peminjam)”.

Baca Juga: Memahami 5 Cara Memilih Pinjaman Online Terbaik

Itu adalah beberapa cara yang bisa Rekan coba jika terjerat pinjaman online bermasalah. Lebih baik mencegah daripada memperbaiki, sebaiknya jika Rekan membutuhkan dana pinjaman, pinjamlah pada penyedia pinjaman online yang sudah terdaftar OJK seperti Danabijak yang menyediakan pinjaman online dengan adil, cepat dan aman.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu ya Rekan Bijak!

Terjerat Pinjaman Online

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: