Simak Alasan Mengapa Penting Memiliki Tabungan Pendidikan untuk Anak

Dalam membangun rumah tangga dan keluarga, para pasangan baru dan orang tua kini banyak yang berusaha menyisihkan sebagian pendapatan untuk digunakan sebagai tabungan pendidikan. Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan menjadi cara sekaligus jaminan bahwa generasi penerus bangsa ini akan tercetak dengan dibekali pengetahuan mengenai teori dan praktik ddengan masalah sosial yang ada.

Simak Alasan Mengapa Penting Memiliki Tabungan Pendidikan untuk Anak

Simak Alasan Mengapa Penting Memiliki Tabungan Pendidikan untuk Anak

Pendidikan menjadi salah satu dari prioritas yang harus dipersiapkan sejak dini karena itu penting memiliki tabungan pendidikan. Naiknya biaya pendidikan dari tahun ke tahun tentu menjadi pertimbangan utama mempersiapkan biaya pendidikan sejak dini. Tak ada orang tua satupun di dunia ini yang tak mengharap kesuksesan putra putri mereka. Semua orang percaya, dengan pendidikan anak mereka dapat meraih kesuksesan yang lebih dari orang tuanya.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Tabungan untuk Anak di Bawah Umur

Para orang tua kini semakin rajin menghitung agar buah hatinya kelak mendapatkan porsi pendidikan yang matang dan terpercaya. Tak sedikit pula telah merencanakan pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi populer, hingga yang berencana ingin memberikan pendidikan tinggi di luar negeri. Tentu bukan hal yang murah mempersiapkan itu semua, butuh dana besar untuk realisasinya yang jika tidak dipikirkan lebih awal pasti akan membuat pusing.

Karena itu penting untuk memiliki tabungan pendidikan anak untuk mempersiapkan masa depan anak, apa saja alasan memilih hal tersebut? berikut penjelasannya:

Sederhana dan Proses Mudah

Tabungan Pendidikansumber : radarsurabaya.jawapos.com

Tabungan pendidikan dikenal dengan proses pendaftaran atau pengajuan yang mudah serta proses yang tidak berbelit-belit. Sistem debetnya langsung diambil dari rekening bank yang merupakan simpanan penghasilan sehingga dalam hal ini orang tua tidak terbebani dengan kewajiban menabung setiap bulannya karena penghasilan mereka sudah dipotong untuk biaya pendidikan.

Keikutsertaan yang mudah, rekan tinggal mendatangi pihak bank, bertemu dengan customer service dan membuka rekening tabungan. Semuanya dilayani dengan cepat dan singkat. Sehingga menegaskan bahwa tabungan pendidikan lebih sederhana dari investasi lain seperti reksadana atau investasi emas.

Tabungan ini juga mengharuskan rekan bersikap disiplin dalam menabung untuk merealisasikan perencanaan keuangan yang baik khusunya untuk tujuan pembiayaan pendidikan anak. Dan tingkat bunga yang ditawarkan tabungan pendidikan biasanya lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa.

Baca Juga: Mengenal Tabungan Digital, Wadah Menabung Masa Kini

Adanya Kelengkapan Asuransi

Tabungan PendidikanSumber : carainvestasibisnis.com

Perlu diketahui bahwa tabungan pendidikan berbeda dengan asuransi pendidikan, untuk jangka waktu investasi yang panjang atau lebih dari 10 tahun, rekan perlu mencermati kebutuhan yang menjadi prioritas rekan sebelum memutuskan memilih antara tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan. Tabungan pendidikan akan menghasilkan bunga tabungan setiap tahunnya dan cenderung akan stop bertambah ketika rekan selaku nasabah yang mengatasi nama putra putri rekan meninggal sehingga tidak lagi ada pihak yang menyetorkan dana ke rekening tabungan, disinilah pentingnya asuransi tabungan.

Di zaman serba tidak pasti ini, rekan membutuhkan kepastian atau jaminan back up biaya untuk kejadian tak terduga esok hari. Maka untuk menambah nilai keunggulan tersebut, banyak pihak yang melengkapi produk layanan tabungan dengan asuransi. Asuransi ini melindungi kelanjutan pembayaran setoran tabungan apabila di kemudian hari nasabah bersangkutan meninggal dunia.

Dengan kelengkapan antara tabungan pendidikan yang dibendel bersama asuransi, hal ini membuat para orang tua semakin melirik tabungan pendidikan masa kini. Selain akan menjamin dana yang disimpan, para orang tua juga menjamin adanya pihak yaang menalangi setoran rutin ketika mereka meninggal dunia sehingga putra putri mereka tetap mendapat manfaatnya.

Baca Juga: 5 Cara Pilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat

Tingkat Risiko Rendah

Tabungan PendidikanSumber: integrasi-edukasi.org

Sejatinya semua jenis tabungan dan termasuk juga tabungan pendidikan telah dijamin oleh lembaga penjamin simpanan atau LPS yang berada di bawah naungan Undang-Undang No 24 tahun 2004 yang menyatakan bahwa simpanan tabungan tidak akan lenyap meski bank tempat rekan menabung mengalami masalah. Maka tabungan ini terlihat semakin unggul dengan jaminan di bawah naungan Undang-Undang ini.

Faktor ini membuat orang tua banyak yang sulit untuk menerima pendapat maupun fakta yang menerangkan bahwa tingkat suku bunga yang ditawarkan bahkan tidak bisa mengungguli tingkat inflasi yang terjadi di Indonesia. Padahal bila ditelaah lebih lanjut dan mendalam mengenai tingkat suku bunga yang ditawarkan di bank-bank penyedia produk tabungan pendidikan ini, mereka tidak ada yang bisa maupun berani menawarkan tingkat suku bunga lebih tinggi daripada tingkat inflasi yang sedang terjadi.

Baca Juga: 6 Macam Kebiasaan untuk Meningkatkan Saldo Tabungan

Nah jadi itu adalah pentingnya memiliki tabungan pendidikan untuk masa depan anak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya rekan bijak!

Tabungan Pendidikan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: