Simak Manfaat E-Money yang Berguna untuk Transaksi Keuangan

Dunia yang terus berkembang terutama perihal teknologi yang perkembangannya sangat pesat, sangat membantu masyarakat dalam beraktivitas. Salah satunya adalah hadirnya uang elektronik yang merubah cara bertransaksi dari uang tunai beralih menjadi uang dalam bentuk elektronik yaitu e-money.

Simak Manfaat E-Money yang Berguna untuk Transaksi Keuangan

Simak Manfaat E-Money yang Berguna untuk Transaksi Keuangan

Sebelum membahas manfaat E-Money mari kita bahas dari pengertiannya terlebih dahulu, E-Money sendiri adalah alat pembayaran yang menggunakan media elektronik yaitu jaringan komputer dan juga internet. Nilai uang dari nasabah tersimpan dalam media elektronik tertentu.

E-Money sering juga disebut dengan Electronic Cash, Digital Money, Digital Cash, Electronic Currency ataupun Digital Currency. E-Money sangat aman untuk digunakan, bahkan ilmu kriptografi menyatakan bahwa uang elektronik tersebut sangat sulit untuk diretas atau dibajak. Jadi rekan tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.

Baca Juga: Tentang Uang Elektronik

E-Money dapat dibedakan menjadi dua buah, yaitu berdasarkan jenisnya yaitu :

Prepaid Software

Manfaat E-Moneysumber : digi-capital.co.uk

Prepaid software sering pula disebut dengan digital cash, merupakan E-Money yang nilainya tersimpan dalam hard disk didalam sebuah PC. Pemindahan dananya dilakukan melalui jaringan internet. Contohnya seperti GO-Pay dari Gojek, OVO, Dana dan sebagainya.

Baca Juga: Mari Mengenal Cashless Society Tren Baru di Masyarakat Indonesia

Prepaid Card

Manfaat E-Moneysumber : economy.okezone.com

Prepaid Card sering juga disebut electronic purches, merupakan jenis E-Money yang nilainya disimpan dalam sebuah chip yang ditanamkan pada sebuah kartu. Contoh dari prepaid card yaitu Flazz BCA, Mandiri E-Money, Brizzi dan BNI Prepaid.

Penggunaan E-Money ini tidak memerlukan adanya proses otorisasi seperti halnya pemakaian pin atau tanda tangan, karena E-Money tidak berkaitan langsung dengan rekening nasabah yang ada di bank. Penggunaan dari E-Money tidak membebankan pembayaran pada rekening bank, seperti kartu kredit atau kartu debit. Sebagaimana prepaid yang lain, rekan juga bisa melakukan pengisian ulang saldo atau top up untuk kartu tersebut.

Baca Juga: Yuk, Kenali 3 Dampak Negatif dan 3 Dampak Positif dari Cashless Society!

Dalam penggunaannya tentu E-Money memiliki banyak manfaat dalam transaksi keuangan. Nah berikut beberapa manfaat E-Money dalam transaksi keuangan :

Memberikan Kemudahan, Kecepatan dan Kepraktisan

Manfaat E-Moneysumber : tribunnews.com

Dalam berbagai melakukan transaksi pembayaran, salah satu manfaat E-Money yaitu memberikan kemudahan karena dalam melakukan transaksi rekan tidak perlu repot menghitung uang untuk melakukan pembayaran, tinggal tempel kartu saja atau tinggal klik satu tombol di aplikasi smartphone pembayaran dapat terselesaikan.

Selain itu saat melakukan pembayaran yang membutuhkan kecepatan seperti membayar ongkos transportasi umum misalnya busway atau krl, manfaat E-Money sangat terasa karena hanya dengan menempelkan kartu pada pintu masuk transportasi tersebut rekan sudah bisa menikmati transportasi umum hingga ke tempat tujuan.

Seain itu dengan menggunakan E-Money rekan menjadi lebih pratis karena tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak yang mungkin saja bisa tercecer dan hilang.

Baca Juga: Transaksi? Lebih Baik Tunai, Debit, atau Kredit? Yuk, Cermati Kekurangan dan Kelebihannya!

Tidak Perlu Menerima Uang Kembalian Berwujud Barang

Manfaat E-Moneysumber : dimo.co.id

Saat menggunakan E-Money baik berupa kartu atau aplikasi, rekan tdak perlu menerima uang kembalian yang berwujud barang seperti halnya permen, karena pihak merchant hanya perlu melakukan pengembalian langsung melalui jaringan komputer. Sehingga rekan tidak perlu khawatir akan mendapatkan jumlah kembalian kurang dari seharusnya atau bahkan digantikan dengan barang.

Baca Juga: 4 Keuntungan Transaksi Menggunakan QR Payment

Sangat Aplikatif

Manfaat E-Moneysumber : porosjakarta.com

Sangat aplikatif karena bisa digunakan untuk berbagai transaksi massal bernilai kecil dengan frekuensi yang tinggi, misalnya untuk membayar tol, membayar tiket transportasi, membayar biaya parkir, untuk pembayaran fast food dan lain sebagainya.

Hal tersebut tentu akan memudahkan rekan dalam melakukan transaksi, sehingga tidak perlu pusing mencari receh saat akan melakukan pembayaran nominal kecil, atau khawatir akan lama mendapat kembalian saat membayar transaksi nominal kecil.

Baca Juga: 3 Macam Alat Pembayaran Nontunai

Nah, Jadi itu adalah beberapa manfaat E-Money dalam melakukan transaksi keuangan. Selain memiliki manfaat E-Money juga memiliki kekurangan karena itu tetap bijak dalam penggunaannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak!

Manfaat E-Money

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: