6 Macam Skill yang Didapat di Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional adalah salah satu jurusan yang paling muda di Indonesia, dan banyak orang-orang terkenal dari jurusan ini. Sebut saja ketua PAN Amien Rais, CEO Gojek Nadiem Makarim hingga menteri luar negeri Retno Marsudi. Apakah yang membuat jurusan ini spesial hingga para public figure pun juga berkuliah di jurusan ini?

6 Macam Skill yang Didapat di Jurusan Hubungan Internasional

Skill yang Kamu Dapat saat Berkuliah di Jurusan Hubungan Internasional

Apakah kamu pernah berkuliah di jurusan Hubungan Internasional? Atau malah kamu sedang atau pun ingin berkuliah di Hubungan Internasional? Jurusan ini merupakan jurusan yang sedang sangat dicari oleh banyak orang yang ingin berkuliah. Selain karena dunia yang semakin lama semakin mengglobal dan menghubungkan antara orang-orang dari luar negeri, juga jurusan ini memberikan banyak soft skills yang mungkin saja tidak didapat dari jurusan lainnya.

Selain itu, jurusan Hubungan Internasional juga banyak dipilih, terutama oleh anak-anak jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial saat sekolah menengah atas. Jurusan ini memang memberikan banyak pemahaman, terutama ketika melihat politik internasional dan bisnis internasional. Banyak alasan mengapa jurusan ini sangatlah populer di kalangan siswa-siswi yang baru masuk universitas, dan juga pelatihan skill-skill yang berbeda-beda. Apa sajakah skill-skill itu?

Melatih Negosiasi dan Diplomasi

hubungan internasional

Jurusan Hubungan Internasional adalah jurusan yang memang mempelajari bagaimana perang antar negara bisa terjadi, dan bagaimana cara mendamaikannya. Cara perdamaian inilah yang merupakan inti dari jurusan ini. Lalu bagaimana cara mendamaikannya? Salah satu cara mendamaikan antar negara adalah dengan adanya diplomasi. Dari diplomasi ini, akan tercipta kerjasama yang membuat negara-negara mengurungkan niat untuk melawan.

Oleh karena itu, hampir semua mahasiswa jurusan ini diajarkan bagaimana berdiplomasi. Cara diplomasi ini dapat dipakai juga ketika satu perusahaan ingin bernegosiasi dengan perusahaan lain. Negosiasi ini bisa untuk macam-macam, seperti untuk saling bekerjasama dalam suatu hal, mendapatkan harga terbaik, memenangkan tender, dan lain-lain. Jadi, jurusan ini tidak hanya tentang sekedar mendamaikan antar negara-negara, namun juga bisa dipakai untuk kerjasama antar institusi.

Skill Daya Analisa yang Lebih Kritis dan Tajam

hubungan internasional

Jurusan Hubungan Internasional juga tidak hanya mengajarkan situasi-situasi terkini dalam politik internasional, namun juga mengajarkan bagaimana hal itu bisa terjadi, apa yang menjadi penyebab utama, apa yang harus dilakukan, hingga apa yang harus dipelajari sebelum masalah yang sama terjadi kembali dan harus dihindari. Hal ini tentunya akan sangat mengembangkan daya pikir yang lebih kuat.

Mahasiswa di jurusan ini memang “dipaksa” untuk berpikir lebih kritis dan lebih tajam dalam memahami suatu kasus dan apa yang terjadi dibalik semua itu. Dengan daya pikir yang kritis itu, hampir semua institusi membutuhkan orang-orang seperti ini, karena ia dianggap mampu untuk mempelajari masalah apa yang terjadi dan apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Daya analisa yang tajam dibutuhkan hampir di seluruh keadaan yang memang merupakan masalah yang berat dan harus diselesaikan.

Mendidik Cara Mahasiswa Menulis dengan Bahasa Formal, Terutama Bahasa Inggris

hubungan internasional

Menjadi seorang mahasiswa Hubungan Internasional, salah satu hal paling penting adalah menguasai bahasa asing, terutama bahasa yang sudah sering dipakai oleh orang-orang di dunia, seperti Inggris. Bahasa Inggris memang merupakan bahasa yang wajib dipakai ketika ada rapat-rapat dengan dua orang yang berbeda negara, dan mengharuskan memakai bahasa Inggris agar terjalin komunikasi.

Dengan begitu, mahasiswa jurusan ini memang patut belajar Bahasa Inggris, dan juga harus belajar bahasa yang formal, terutama ketika mengerjakan sebuah esai dalam bahasa Inggris. Tentunya, dosen menginginkan sebuah esai dengan penulisan yang baik dan gaya bahasa yang menarik, dengan pemilihan kata-kata yang baik, sopan dan menggugah para pembaca. Dari hal ini, tentunya mahasiswa jurusan Hubungan Internasional akan belajar banyak tentang menulis dalam bahasa Inggris.

 Public Speaking dan Presentasi yang Lebih daripada Orang-Orang Biasa

hubungan internasional

Kecakapan public speaking dan presentasi oleh seorang anak dari jurusan Hubungan Internasional tidak boleh dipandang sebelah mata. Mengapa? Karena memang, seorang anak dari jurusan ini setiap harinya akan terus berkata dan pidato, juga presentasi. Hal ini penting ketika berdiplomasi, dan memberikan pernyataan dan solusi ketika ada masalah dari suatu negara. Public speaking adalah salah satu hal yang wajib dikuasai oleh mahasiswa jurusan ini.

Dalam jurusan Hubungan Internasional, melakukan public speaking pastinya harus tertata rapi dan tidak boleh terbata-bata ketika berbicara. Hal ini demi meyakinkan para pendengarnya. Dengan begitu, anak-anak dari jurusan ini pastinya akan terus dilatih berbicara untuk menanggapi pertanyaan dari para pendengarnya.

Melihat Politik di Dunia dari Kacamata yang Berbeda

hubungan internasional

Banyak orang melihat politik, seolah-olah mereka merupakan orang-orang dari kalangan politikus atau pun memang orang-orang yang dekat dengan politik, atau merupakan golongan terpelajar dari politik, padahal mereka bukanlah kalangan terdidik dari politik. Pada kenyataannya, di Indonesia masih sangat banyak orang yang buta politik, namun berkomentar layaknya politikus kelas berat.

Hal inilah berusaha dihapuskan oleh jurusan Hubungan Internasional sebagai salah satu jurusan yang berhubungan dengan politik dan ekonomi, terutama politik dan ekonomi internasional. Mahasiswa di jurusan ini dituntut untuk melihat apapun yang terjadi dengan sudut pandang yang berbeda dan mencari alasan dibalik itu semua. Sehingga, mereka tidak buta tentang politik dan bisa memilih yang terbaik untuk negeri sendiri.

Dari hal ini pulalah, seorang mahasiswa Hubungan Internasional juga bisa mengamati pergerakan negara lain yang mungkin saja tidak menguntungkan negeri sendiri, namun menguntungkan negeri lain. Hal inilah yang diusahakan oleh mahasiswa jurusan ini agar negeri sendiri tidak “dipermainkan” oleh negara lain.

Membuat Mahasiswanya Tertarik Belajar Bahasa Lain

hubungan internasional

Mahasiswa-mahasiswa akan lebih tertarik untuk belajar bahasa lain, tentunya selain bahasa Inggris. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Karena anak-anak dari jurusan Hubungan Internasional dilatih untuk untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari negara lain. Berkomunikasi dengan orang-orang dari negara lain terkadang membutuhkan komunikasi memakai bahasa-bahasa tertentu selain bahasa Inggris.

Banyak bahasa asing yang mungkin saja dibutuhkan untuk dipelajari, terutama bahasa Mandarin, Jepang dan Arab, yang bahasanya cukup penting di Indonesia, mengingat Tiongkok sudah banyak kerjasama dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia, Jepang yang sudah punya banyak perusahaan di Indonesia terutama di industri otomotif, dan banyaknya negara-negara asal Timur Tengah yang memakai bahasa Arab sebagai bahasa utama, seperti Arab Saudi, Yordania dan Libya.

Tentunya, jika seseorang belajar salah satu dari tiga bahasa ini, atau bahasa asing lainnya, tentunya merupakan nilai positif untuk orang tersebut dan akan menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk masuk ke dalam suatu institusi tertentu!

Nah, Rekan Bijak, jika kamu memang alumni jurusan Hubungan Internasional, atau sedang berkuliah di jurusan tersebut, atau ingin berkuliah di jurusan itu, kamu berada di jurusan yang tidak salah dan menyenangkan, dan sangat baik di dunia pekerjaan, dimanapun kamu nantinya bekerja!

hubungan internasional

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: