Mau Masuk Perusahaan Besar? Milikilah 6 Macam Soft Skill Ini!

Sekarang ini, mempunyai hard skill bukan satu-satunya yang paling penting, namun juga soft skill. Soft skill sendiri perlu dilatih dengan baik, bahkan jika perlu dilatih dari sedini mungkin sehingga saat masuk ke dunia pekerjaan, para atasan pun percaya. Lalu, apa saja macam soft skill yang dibutuhkan di masa kini, sehingga bisa masuk perusahaan-perusahaan besar?

Mau Masuk Perusahaan Besar? Milikilah 6 Macam Soft Skill Ini!

Mau Masuk Perusahaan Besar? Milikilah 6 Macam Soft Skill Ini!

Masuk perusahaan besar adalah keinginan hampir semua karyawan, namun memerlukan soft skill-soft skill tertentu untuk masuk ke perusahaan-perusahaan tersebut. Sekarang ini, gelar-gelar pun tidak terlalu dipusingkan, karena sudah banyak orang yang mempunyai gelar. Gelar dipandang sebagai nilai tambah untuk masuk perusahaan, sedangkan soft skill adalah suatu hal yang paling dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga, perusahaan bisa menerima orang tersebut.

Soft skill pun ada banyak macamnya, mulai dari seperti etika kerja, motivasi diri hingga pikiran yang positif. Hal-hal seperti ini mungkin dianggap sebagian orang sebagai suatu hal yang tidak terlalu penting, namun pada kenyataannya banyak perusahaan yang membutuhkan hal-hal seperti ini. Namun, ada beberapa macam soft skill yang benar-benar dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar. Apa sajakah itu?

Kepemimpinan

soft skill

Kepemimpinan merupakan suatu hal yang jarang didapatkan, apalagi kepemimpinan yang biasanya merupakan memang bakat dari seseorang. Soft skill kepemimpinan bukanlah suatu hal yang mudah didapat. Kepemimpinan memang terkadang merupakan bakat, namun juga bisa dilatih atau pun dipelajari, dengan pengalaman yang banyak, dan tentunya hal ini tidaklah mudah.

Namun tidak mudah bukan berarti tidak bisa. Menjadi seorang pemimpin berarti berani melakukan suatu hal yang bisa jadi berisiko, percaya diri atas keputusan yang diambilnya, bertanggung jawab, mempunyai analisa yang baik, dan peka terhadap keadaan yang ada. Kepemimpinan juga mampu mengorganisasikan timnya dengan baik manajemen tim yang baik dan juga pantang menyerah jika gagal dalam suatu hal.

Komunikatif

soft skill

Jika kamu ingin masuk ke dalam suatu perusahaan yang besar dan mempunyai nama yang baik, kamu harus menjadi seorang yang komunikatif dan berani berkomunikasi dengan orang-orang sekitar. Ketika berada di perusahaan yang besar, tentunya kamu juga akan berkomunikasi dengan orang-orang lain. Apalagi kamu juga dituntut untuk pintar-pintar berinteraksi dengan orang lain.

Namun ingatlah, tidak hanya kemampuan komunikasi seperti itu. Kamu juga harus mampu berkomunikasi dengan bentuk tulisan, seperti presentasi atau pun membuat sebuah copywriting atau konten, yang bertujuan untuk menarik orang lain. Hal ini tentunya sangat penting untuk perusahaan. Tanpa skill komunikasi yang baik, kamu akan kesulitan di tempat kerja kamu nantinya!

Kemauan Mau Belajar

soft skill

Percaya atau tidak, tidak semua orang mempunyai kemauan dan niat untuk belajar. Perusahaan besar memang banyak yang ingin orang-orang yang mempunyai segudang pengalaman, namun juga membutuhkan orang yang mau belajar, terutama belajar tentang perusahaan tersebut. Perusahaan besar tidak menginginkan orang-orang yang sombong dan tidak ingin belajar.

Keinginan belajar akan membantu perusahaan bertumbuh dan berkembang dengan baik. Belajarnya pun bisa melalui apapun, melalui kata-kata dari atasan maupun belajar dari internet dan buku. Kemauan untuk belajar ini memang membutuhkan orang yang rendah hati dan tidak sombong.

Kolaboratif

soft skill

Sekarang ini, sangatlah jarang perusahaan besar yang menempatkan seseorang bekerja secara individual dan tidak memakai bantuan orang lain. Mengapa? Karena semakin lama, sebuah pekerjaan tidak mampu dikerjakan oleh satu orang, namun butuh hingga dua orang lebih sehingga perusahaan pun bisa lebih progresif dan lebih cepat berkembang. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan seseorang yang kolaboratif.

Seseorang yang kolaboratif dibutuhkan sebuah perusahaan karena kemudahan orang tersebut untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain. Dan juga, biasanya orang yang kolaboratif lebih mudah diberikan kritikan sehingga lebih mau mendengar dan tidak suka sombong dan hanya percaya diri sendiri, sehingga target dan tujuan dari perusahaan tersebut bisa dicapai secara bersama dengan baik.

Disiplin Waktu

soft skill

Time is money” kata Bill Gates, dan hal itu benar. Disiplin waktu adalah segalanya. Kamu butuh disiplin waktu, dan tidak boleh suka membuang waktu, seperti misalkan melihat media sosial sepanjang waktu atau hanya bermain game, padahal kamu tahu, hal-hal seperti itu tidak akan menghasilkan uang dan malah membuang banyak waktu, yang seharusnya kamu bisa pakai untuk masa depan kamu.

Disiplin waktu akan dicari oleh perusahaan-perusahaan besar, karena perusahaan-perusahaan besar tahu bahwa waktu itu penting, bahkan 1 detik pun sangat penting dalam mencapai sebuah target. Oleh karena itu, jika kita mempunyai budaya menunda-nunda suatu hal, lebih baik tinggalkan untuk masa depan yang lebih baik!

Kreatif

soft skill

Kreativitas merupakan hal lain yang bisa sangat membantu kamu untuk diterima ke sebuah perusahaan. Sebuah kreativitas sekarang ini sangatlah dihargai mahal, karena keunikannya. Keunikan suatu produk akan membuat sebuah perusahaan besar mempunyai penjualan yang lebih baik, sehingga dibutuhkan orang-orang yang kreatif. Kreatif pun tidak hanya pada sekedar desain produk atau membuat logo, namun bagaimana membuat sebuah tulisan yang menarik, membuat iklan yang unik, dan lain-lain.

Hal-hal seperti membuat solusi yang out of thinking juga dibutuhkan. Jadi, jika kamu merasa kamu adalah seorang yang kreatif, mungkin kamu bisa melamar perusahaan. Ingat, ide adalah suatu yang mahal, jadi jika kamu seorang yang kreatif, kamu bisa “menjual” soft skill kamu ke perusahaan-perusahaan besar!

Rekan Bijak, jika kamu ingin diterima di perusahaan-perusahaan yang besar dan kamu inginkan, pastikan kamu punya keenam, atau minimal 4 soft skill ini!

soft skill

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: