5 Soft Skill yang Didapatkan Saat Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi

Saat seseorang berada di jenjang pendidikan sekolah menengah atas, hal yang dipikirkan yaitu pekerjaan, dan kuliah di jurusan apa. Untuk itu, ada berbagai macam jurusan saat kuliah. Jurusan di bangku kuliah sangat beragam, hal ini dapat membuat beberapa orang bingung memilih jurusan kuliah yang pas.

5 Soft Skill yang Didapatkan Saat Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi

5 Soft Skill yang Didapatkan Saat Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi

Dari berbagai macam jurusan kuliah yang ada, salah satu jurusan yang paling banyak diminati yaitu ilmu komunikasi. Hampir seluruh perguruan tinggi atau sekolah tinggi yang memiliki jurusan ilmu komunikasi, banyak diminati oleh orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga : 6 Prospek Baik Jurusan-jurusan Kuliah di Tahun 2019

Ilmu komunikasi sendiri terbagi menjadi tiga peminatan atau konsentrasi, antara lain public relations, advertising, dan broadcasting. Akan ada berbagai kelebihan serta manfaat yang akan didapatkan oleh Rekan Bijak jika mengambil jurusan ilmu komunikasi sebagai jurusan ketika berada di bangku kuliah, salah satunya yaitu soft skill. Lalu, apa saja soft skill yang akan didapatkan saat kuliah jurusan ilmu komunikasi?

Public Speaking

Ilmu Komunikasi

Sumber : Pintaria.com

Soft skill yang akan didapatkan oleh Rekan Bijak jika mengambil jurusan ilmu komunikasi yaitu public speaking, seperti nama jurusan ini komunikasi, maka, orang-orang yang masuk ke dalam jurusan ini harus bisa berkomunikasi dengan baik dan benar. Maksud dari berkomunikasi yang baik dan benar adalah pesan yang disampaikan oleh komunikator (orang yang menyampaikan pesan) dengan komunikan (orang yang menerima pesan) haruslah sama, tidak boleh terjadi miss communication yang dapat menimbulkan suatu masalah.

Dengan adanya soft skill ini, maka, akan membantu Rekan Bijak untuk melakukan komunikasi dengan berbagai macam orang dengan lancar, baik, dan benar. Selain itu, jika Rekan Bijak memiliki soft skill ini, maka, akan membantu Rekan Bijak dalam berbicara dengan banyak orang atau saat melakukan presentasi. Dan bahkan, dengan adanya soft skill ini, Rekan Bijak dapat dengan mudah bergaul dengan orang yang baru dikenal atau orang yang belum dikenal.

Baca Juga : Ketahui Lebih dalam Mengenai Bahasa Tubuh Manusia dengan 5 Cara Ini!

Riset

Ilmu Komunikasi

Sumber : id.techinasia.com

Prinsip dari orang-orang yang telah mengambil jurusan ilmu komunikasi sebagai jurusan ketika kuliah adalah berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara. Oleh karena itu, saat Rekan Bijak belajar hingga menyelesaikan kuliah di jurusan ini, maka, Rekan Bijak dapat melakukan riset, mulai dari menganalisa dan berpikir kritis sebelum melakukan atau berbicara sesuatu.

Mungkin Rekan Bijak bingung, bagaimana bisa seseorang yang mengambil jurusan komunikasi melakukan riset? Nah, hal ini disebabkan oleh, tidak ingin adanya salah presepsi atau miss communication yang akan membuat suatu masalah. Untuk itu, saat Rekan Bijak memilih jurusan ini, maka, Rekan Bijak akan secara tidak sadar, memikirkan dengan sangat detail segala sesuatu. Dan dengan memiliki soft skill ini, akan, membantu Rekan Bijak berpikir secara kritis dan menganalisa dengan baik.

Baca Juga : 4 Penjelasan Bahwa Salah Jurusan Bukan Lagi Masalah

Multitasking

Ilmu Komunikasi

Sumber : hellosehat.com

Beberapa orang berpikir bahwa belajar di jurusan ilmu komunikasi merupakan hal yang mudah, nyatanya beberapa hal yang dikatakan oleh orang-orang tersebut tidak selalu benar adanya. Saat belajar di jurusan komunikasi, Rekan Bijak bisa mendapatkan berbagai macam kegiatan atau pekerjaan yang banyak dalam satu waktu.

Oleh karena itu, Rekan Bijak harus bisa melakukan semua atau beberapa kegiatan tersebut secara bersamaan atau yang disebut dengan multitasking. Jika Rekan Bijak memiliki soft skill ini, maka, Rekan Bijak dapat mengerjakan pekerjaan dengan cepat, dan membantu kedua otak Rekan Bijak bekerja secara bersamaan.

Baca Juga : 8 Alasan Perlunya Melanjutkan Studi S2 dan Keuntungannya

Menulis

Ilmu Komunikasi

Sumber : pixabay.com

Soft skill yang akan Rekan Bijak dapat selanjutnya yaitu menulis, menulis disini adalah membuat suatu kata-kata dengan cepat, baik, dan benar seperti seorang penulis novel atau penulis lainnya. Sama halnya dengan public speaking, soft skill ini mengharuskan Rekan Bijak berpikir cepat, merangkai kata-kata dengan baik, serta benar sesuai dengan EYD yang berlaku.

Walaupun, Rekan Bijak tidak mendapatkan cara menulis secara rinci jika dibandingkan dengan jurusan bahasa, setidaknya Rekan Bijak mengetahui ketentuan dasar dalam menulis dengan baik dan benar. Dan soft skill ini sangat jarang Rekan Bijak dapat jika mengambil jurusan lain, selain jurusan bahasa.

Baca Juga : Content Writer dan Copywriter, Apa Ya Bedanya? Yuk, Cari Tahu!

Menguasai Berbagai Bahasa

Ilmu Komunikasi

Sumber : hellosehat.com

Kelebihan atau soft skill yang bisa Rekan Bijak dapat saat mengambil jurusan ilmu komunikasi yaitu dapat mengusai berbagai bahasa, selain bahasa Indonesia. Seseorang yang mengambil jurusan komunikasi biasanya memiliki pengajar atau dosen yang bisa berbagai bahasa, bahkan dosen dari luar negeri, oleh karena itu, akan membuat Rekan Bijak menguasai berbagai bahasa asing.

Baca Juga : Kuasai 5 Bahasa Asing Ini untuk Menunjang Karir di Era Global

Selain untuk keperluan ketika belajar, menguasai bahasa asing akan membantu Rekan Bijak mudah untuk berteman dengan orang lain yang sedang belajar atau sudah lulus kuliah dari jurusan ini. Dan dengan memiliki soft skill ini, akan mempermudah Rekan Bijak mendapatkan pekerjaan dari berbagai bahasa asing yang telah dikuasai, sehingga, membuat Rekan Bijak selangkah lebih maju daripada orang lain.

Baca Juga : 8 Pekerjaan yang Akan Sangat Dibutuhkan di Masa Depan

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan beberapa soft skill yang bisa didapatkan saat berkuliah di jurusan ilmu komunikasi? Jika belum, Rekan dapat membaca kembali artikel diatas ya!

Ilmu Komunikasi

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: