Yuk, Kenalan dengan 6 Startup yang Menang di Acara Thinkubator!

Ada berbagai macam acara atau kegiatan yang memperlombakan sesuatu, mulai dari acara perlombaan di bidang olahraga, perlombaan kecantikan, hingga ke acara perlombaan startup. Tujuan diadakan perlombaan yaitu untuk melatih diri sendiri atau kelompok menjadi lebih baik lagi, dan tidak puas terhadap suatu pencapaian yang telah terwujud.

Yuk, Kenalan dengan 6 Startup yang Menang di Acara Thinkubator!

Yuk, Kenalan dengan 6 Startup yang Menang di Acara Thinkubator!

Salah satu acara perlombaan yang menarik banyak perhatian baru-baru ini yaitu acara Thinkubator. Thinkubator ini merupakan kompetisi bagi startup yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yaitu Luhut Binsar Pandjaitan, dan Grab menjadi Official Mobile Platfor Partner dalam acara Thinkubator ini.

Sebelum menjelaskan lebih dalam, mengenai acara Thinkubator ini, sebaiknya, Rekan Bijak mengetahui terlebih dahulu mengenai startup. Startup adalah sebuah perusahaan yang baru di rintis, dan perusahaan yang baru berkembang, serta perusahaan ini identik dengan perusahaan yang bergerak dengan teknologi, web, internet, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak perusahaan yang mendaftar dalam acara Thinkubator, akan dipilih 150 perusahaan berkembang yang berhak mengikuti konferensi, dan workshop bersama orang-orang yang ahli di bidangnya pada 28 Maret 2019 lalu. Kemudian, dari 150 perusahaan berkembang tersebut, akan di pilih lagi menjadi enam perusahaan berkembang yang berhank maju ke babak Final Live Pitch. 

Final Live Pitch ini diselenggarakan pada tanggal 29 Maret 2019, yang mengundang tiga dewan juri, ketiga dewan juri tersebut yaitu Chairul Tanjung Chaiman CT Crop, Willian Tanuwijaya seorang Pendiri dan CEO Tokopedia, dan Friderica Widyasari Dewi yang merupakan Direktur Utama PT. Kostudian Sentral Efek Indonesia.  Lalu, siapa saja yang terpilih menjadi pemenang di acara Thinkubator ini ya?

Nanobubble.id

Startup

Sumber : nanobubble.id

Dari keenam pemenang yang maju ke babak akhir acara Thinkubator, perusahaan baru nanobubble.id merupakan perusahaan yang menjadi pemenang utama. Perusahaan yang didirikan oleh Hardi Junaedi, dan Dedi Cahyadi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang implementasi teknologi, yang berguna untuk meningkatkan produktivitas ternak udang, dan perikanan di Indonesia.

Awal mula berdirinya perusahaan ini yaitu terinspirasi dari penambak asal Situbondo yang bernama Nawawi, penambak tersebut mengalami kerugian, karena, kulitas air yang buruk dan adanya ancaman dari virus, serta bakteri dari udang yang ditambak, sehingga penambak tersebut mengalami gagal panen.

Mendengar cerita dari penambak tersebut, Hardi, Dedi, dan tim peneliti fisika LIPI bersemangat untuk mengembangkan teknologi nano, yang berguna untuk meningkatkan kandungan oksigen dalam air. Dengan demikian, dapat membantu mempercepat pertumbuhan udang, dan mencegah adanya berbagai virus, serta bakteri yang akan muncul.

Ngorder.id

Starup

Sumber : atd-express.com

Perusahaan selanjutnya yang berkesempatan menjadi pemenang hingga babak final yaitu ngorder.id. Perusahaan baru ini didirikan oleh Agus Eko Setiyono, dan Alif Akbar Fitriawan. Keunggulan perusahaan baru ini yaitu sudah membantu 100 ribu UMKM yang ada di 300 kota yang berada di Indonesia. Perusahaan ini dapat membantu ratusan ribu UMKM, karena, perusahaan ini merupakan perusahaan yang dapat membantu para UMKM dalam mengatur pesanan, produk, pengiriman, pelanggan, hingga analisis dari bisnis yang dijalankan.

SIAB

Startup

Sumber : merdeka.com

Selanjutnya, perusahaan yang berhasil maju ke babak akhir yaitu SIAB. SIAB merupakan singkatan dari Siaga Air Bersih. Perusahaan ini menawarkan solusi untuk masyarakat yang tidak mendapatkan pasokan air bersih, dan berkualitas dari PDAM. Tidak bisa dipungkiri, bahwa, di negara Indonesia, masih ada beberapa daerah yang kesulitan mendapatkan pasokan air bersih, sering terjadi masalah kebocoran, kekeringan, pencemaran air, biaya air yang tinggi, hingga berbagai masalah air bersih lainnya. Dengan adanya berbagai masalah dari air besih, maka, Nafisah Arinihaw, dan Ratih Rachmatika mendirikan perusahaan baru ini dengan nama SIAB.

Piniship

Startup

Sumber : republika.co.id

Perusahaan keempat yang berkesempatan maju ke babak akhir di acara Thinkubator yaitu piniship. Perusahaan ini dibuat berdasarkan keprihatinan dari pendiri pinisip yaitu Julio, terhadap masalah masalah logistik yang masih dilakukan secara manual, memerlukan dokumen-dokumen yang cukup rumit. Oleh karena itu, perusahaan ini hadir untuk membantu Indonesia dalam bidang logistik, lebih tepatnya yaitu ekspor yang bergerak di industri perkapalan.

Mandor.id

Startup

Sumber : dataarsitek.com

Perusahaan kelima yang menjadi berhasil maju ke babak akhir yaitu mandor.id. Awal mula terbentuknya perusahaan ini yaitu banyak masyarakat Indonesia yang mengalami kesulitan untuk merencakan tempat tinggal yang sesuai dengan biaya, mutu, dan waktu. Dengan adanya masalah tersebut, maka Andita Sugiono, dan Rica Margereta mencetuskan perusahaan ini. Tujuan dari perusahaan ini yaitu dapat membantu merencakan, melaksanakan, merancang, memelihara, bahkan melakukan pengawasan terhadap proyek secara digital.

Keunggulan perusahaan ini sehingga dapat maju ke babak akhir yaitu memiliki dua fitur, yaitu Ayo Konsultasi merupakan fitur yang dapat membantu mengedukasi konsumen untuk mendapatkan bangunan yang sesuai dengan keinginan secara efisien, serta efektif, dan Ayo Wujudkan merupakan sebuah fitur yang menawarkan kepada konsumen agar mendapatkan pemeliharaan, pelaksanaan, dan perancanaan.

Darah Kita

Startup

Sumber : hellosehat.com

Perusahaan terakhir yang berhasil mendapatkan kesempatan maju ke babak akhir yaitu darah kita. Perusahaan ini memiliki keunggulan yaitu dapat membantu masyarakat yang mencari pendor darah, mengecek ketersediaan darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI), hingga mencari informasi mengenai donor darah. Pendiri dari perusahaan baru ini yaitu Zulkarnaim Mansyur, dan Firmansyah Ibrahim.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan siapa saja startup yang menang pada kompetisi Thinkubator? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel diatas ya!

Startup

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: