8 Strategi Keuangan agar Bisa Memperkaya Diri Sendiri

Bicara tentang strategi, tentunya strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Strategi sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama strategi keuangan, karena uang adalah barang yang penting untuk manusia tetap bisa hidup di tengah masyarakat. Dengan begitu, strategi keuangan menjadi sangat penting.

8 Strategi Keuangan agar Bisa Memperkaya Diri Sendiri

8 Strategi Keuangan agar Bisa Memperkaya Diri Sendiri

Dalam hidup, yang dinamakan sebagai strategi keuangan merupakan suatu hal yang penting dan dibutuhkan. Mengapa? Karena strategi keuangan merupakan cara yang penting dalam membangun atau mempunyai fondasi yang kuat pada keuangan sehari-hari. Strategi keuangan bukanlah berbicara hanya sekedar pengeluaran dan pendapatan, namun juga tabungan, investasi, utang, dan lain-lain, dan hal-hal inilah yang justru penting.

Dengan adanya strategi keuangan, kamu akan mampu untuk menentukan apa yang boleh dibeli dan apa yang tidak peru dibeli. Justru, tanpa adanya strategi keuangan, maka yang terjadi adalah keuanganmu tidak akan mempunyai tujuan, sehingga hal itu akan menjadi bumerang bagi keuanganmu. Bumerang yang dimaksud adalah bagaimana kamu bisa menghambur-hamburkan uang yang mungkin sebenarnya tidak dibutuhkan, dan hal itu akan merugikan di masa depan.

Tentunya, hal-hal ini buruk, terutama untuk kamu yang ingin lebih mempunyai uang yang banyak daripada uang yang sekarang dipunyai. Kamu tentunya ingin memperkaya diri kamu dengan strategi-strategi keuangan. Lalu, apa sajakah strategi keuangan yang baik agar bisa memperkaya diri? Simak, Rekan!

Tidak Terseret Arus pada Mewahnya Dunia Perbelanjaan

strategi keuangan

Sumber : insideretail.asia

Mewahnya dunia perbelanjaan merupakan daya tarik orang-orang, tentunya untuk masa kini. Banyak orang yang berlomba-lomba memiliki barang dengan merek mewah atau mungkin tidak pas dengan uang di dompet, namun orang-orang tersebut tetap memaksa untuk membeli. Faktanya, orang tidak mampu untuk menyimpan uangnya karena berbelanja terus menerus. Kegiatan over shopping ini justru akan membuat repot ketika sedang berusaha untuk menyimpan uang.

Berbelanja itu memang boleh, bahkan sangatlah perlu, karena berbelanja memang merupakan natur manusia, dan berbelanja diperlukan untuk mengisi kebutuhan manusia, namun yang menjadi masalah adalah ketika berbelanjanya hingga ketagihan untuk berbelanja hingga membuang uang. Itulah yang menjadi masalahnya, dan harus dihindari kebiasaan ketagihan berbelanja tersebut.

Melunasi Kredit

strategi keuangan

Sumber : Autostraddle.com

Mungkin saat Rekan Bijak sedang membaca ini, Rekan Bijak mempunyai kartu kredit, dan tidak jarang Rekan Bijak memakai kartu kredit tersebut. Memang, kartu kredit merupakan sesuatu yang membuat efisiensi dan efektifitas dalam transaksi. Namun yang perlu diingat adalah, kemudahan tersebut justru terkadang menjadi masalah bagi banyak orang. Karena kemudahan tersebut, orang-orang pun menjadi lebih mudah mengeluarkan uang untuk sesuatu yang mungkin ia tidak terlalu butuhkan.

Yang terlebih lagi, jika Rekan Bijak memang sudah mempunyai kartu kredit dan mempunyai penghasilan sendiri, tetaplah ingat perencanaan keuangan. Rekan Bijak harus sudah mempunyai perhitungan tersendiri tentang kartu kredit, sehingga tahu akan seberapa uang yang ia dapat keluarkan agar tidak kurang uang ketika sudah ada penarikan otomatis.

Fasilitas Debit Otomatis

strategi keuangan

Sumber : Insideretail.hk

Fasilitas debit otomatis bisa jadi suatu opsi yang sangatlah baik untuk digunakan. Mengapa? Karena fasilitas debit otomatis akan selalu otomatis untuk memotong dana-dana yang kamu punya untuk membayar segala sesuatu yang penting untuk kehidupan kamu, seperti bayar listrik, air, telepon, wifi, hingga lain-lainnya. Tentunya ini akan membuat kamu tidak lupa untuk membayar segala sesuatu.

Fasilitas inilah yang juga akan sangat membantu dalam strategi keuangan. Mengapa? Karena dengan adanya fasilitas auto debit ini, kamu akan bisa langsung tahu berapa dana yang tersisa untuk kehidupan sehari-hari, sehingga kamu tidak perlu takut dalam bertransaksi atau pun menabung, karena uang yang menjadi beban bulanan sudah ditarik, sehingga beban sudah berkurang.

Usahakan Jangan Berutang

strategi keuangan

Sumber : Maxmanroe.com

Disini, berutang mungkin merupakan kata-kata dengan konotasi negatif. Namun, bukan berarti sama sekali tidak boleh berutang. Sebaliknya, banyak orang yang sudah menjadi seorang pebisnis, mempunyai utang yang besar. Namun perlu diingat, mereka berutang untuk sesuatu yang memang akan membuat mereka untung, bukan untuk sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Pada kenyataannya, banyak orang yang berutang demi kenyamanan diri sendiri, seperti berutang hanya untuk beli makanan atau pun membeli suatu barang yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini menjadi masalah bukan satu hingga dua orang, namun banyak orang. Jadi, usahakan jangan berutang, atau pun jika berutang, harus mempunyai dasar yang kuat, seperti untuk berbisnis atau pun kebutuhan urgen. Dan jika pun berutang, usahakan dengan kerabat dekat atau saudara sendiri, yang sudah bisa dipercaya!

Menabung dengan Tujuan

strategi keuangan

Sumber : Kreditgogo.com

Menabung dengan tujuan juga salah satu hal yang paling penting. Percayalah, ketika kamu menabung namun tidak memiliki tujuan untuk menabung, kamu akan lebih mudah untuk mengambil uang dari tabunganmu karena kamu tidak memiliki tujuan untuk menabung.

Sebaliknya, ketika ada tujuan untuk menabung, hal itu akan membuat kamu lebih mudah menabung. Ketika kamu sudah mempunyai tujuan untuk menabung, hal itu akan menjadi motivasi untuk kamu. Dengan motivasi tersebut, pastinya berkurang niatmu untuk mengambil uang yang ada di tabungan. Oleh karena itu, penting untuk mempunyai tujuan dalam menabung.

Berteman dengan Mereka yang Ingin Kamu Sukses dalam Keuangan

strategi finansial

Berteman dengan mereka yang ingin kamu sukses, khususnya dalam keuangan, adalah hal yang penting. Dan jika bisa, kamu harus berteman dengan orang-orang yang juga sedang berjuang dalam memperkaya dirinya sendiri dan sedang memperbaiki, juga meningkatkan kondisi keuangan. Bukan berarti kamu tidak boleh berteman dengan mereka yang ingin kamu terus menghambur-hamburkan uang, namun kamu harus lebih berhati-hati berteman dengan mereka karena kamu juga akan tertarik untuk menghambur-hamburkan uang.

Sebaliknya, jika kamu berteman dengan teman yang sedang memperkaya dirinya sendiri dan sedang fokus untuk memperbaiki keuangan, juga meningkatkan keuangan sendiri, teman seperti itu akan memotivasi kamu, dan kamu juga akan memotivasinya, agar bisa saling meningkatkan kondisi keuangan.

Memiliki 2 Sumber Pendapatan

strategi keuangan

Mungkin karena tuntutan zaman, memiliki 2 sumber pendapatan merupakan hal yang sudah biasa terjadi. Hal ini dikarenakan orang-orang yang memiliki gaji yang mungkin kurang, dan membutuhkan pendapatan diluar pekerjaannya. Oleh karena itu, orang-orang mencoba mendapatkan pendapatan lebih, seperti menjadi ojek online, mempunyai sebuah online shop, atau pun menjadi pekerja kafe tengah malam.

Hal itu bisa diterapkan untuk kamu yang ingin mempunyai sumber pendapatan yang berbeda. Hal ini penting untuk kamu yang memang butuh pendapatan kedua untuk kehidupan sehari-hari. Pendapatan kedua bisa kamu dapatkan dengan cara menjadi seorang dropshipperreseller, dan lain-lain.

Putar Uang di Investasi

strategi keuangan

Sumber : investvine.com

Putar uang di investasi juga salah satu strategi keuangan terbaik yang dapat dilakukan jika kamu memang sudah mempunyai gaji atau pendapatan bulanan. Memutar uang di investasi bisa dilakukan di investasi jangka panjang untuk kamu yang tidak ingin risiko, seperti investasi emas, investasi tanah, dan lain-lain. Namun jika kamu ingin sedikit berisiko, namun untungnya bisa banyak dan jangkanya pendek, kamu dapat mencoba saham atau reksa dana.

Dengan memutar uang dalam investasi, kamu tidak akan membiarkan uangmu diam begitu saja, sedangkan nilainya tidak naik-naik. Apalagi jika ditaruh di bank, akan terkena uang administrasi bulan yang akan membuat uangmu berkurang. Oleh karena itu, lebih baik kamu mencoba investasi-investasi. Tentunya, kamu juga harus mempelajari investasi yang ada agar bisa untung.

Nah, bagaimana Rekan Bijak? Apakah kamu ingin mempunyai strategi keuangan yang jelas dan baik? Tentunya, dengan mengikuti kedelapan strategi diatas, kamu bisa mempunyai sistem keuangan yang lebih baik. Ayo, segera lakukanlah strategi keuangan, agar kamu bisa memperkaya diri!

strategi keuangan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: