6 Strategi Membuat Suasana Rapat Menjadi Menyenangkan!

Saat bekerja, salah satu kegiatan yang pasti ada di berbagai macam pekerjaan yaitu rapat atau meeting. Rapat dilakukan untuk mengetahui berbagai informasi atau untuk memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang dijalankan.

6 Strategi Membuat Suasana Rapat Menjadi Menyenangkan!

6 Strategi Membuat Suasana Rapat Menjadi Menyenangkan!

Rapat atau meeting dilakukan mulai dari yang bersifat biasa saja, penting, hingga sangat penting. Definisi rapat itu sendiri adalah suatu pertemuan yang terdiri dari dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mengambil suatu keputusan, kesepakatan, dan media untuk berkomunikasi bagi internal atau eksternal suatu perusahaan, instansi, dan sebagainya.

Hal yang membuat beberapa orang malas mengikuti atau mengadakan suatu rapat yaitu membosankan, meeting biasanya dilakukan paling sebentar 30 menit, paling lama bisa berjam-jam, tergantung dari hal yang ingin serta sedang dibahas. Oleh karena itu, meeting yang terlalu lama bisa membuat beberapa orang bosan, untuk mengatasi hal yang membosankan saat meeting, dan membuat meeting menjadi menyenangkan, Rekan dapat ikuti beberapa strategi berikut :

Memilih Tempat

Rapat

Sumber : payscale.com

Strategi pertama yang dapat Rekan Bijak lakukan agar meeting menjadi menyenangkan dan tidak membosankan yaitu dengan memilih tempat, memilih tempat yang dimaksud disini adalah tempat yang berbeda dari tempat yang biasa digunakan untuk meeting.

Memilih tempat untuk meeting dapat mempengaruhi suasana, karena, tempat yang nyaman akan menentukan suana yang nyaman juga. Dalam memilih tempat, Rekan Bijak dapat melakukan meeting diluar kantor, seperti cafe atau ruangan kosong yang ada di kantor Rekan Bijak.

Bahan Presentasi Menarik

Rapat

Sumber : malangtimes.com

Strategi selanjutnya yang bisa membuat rapat menjadi menyenangkan dan tidak membosankan yaitu dengan membuat bahan presentasi yang menarik, bahan presentasi saat meeting biasanya berupa slide dari power point. Untuk itu, Rekan Bijak harus membuat bahan presentasi yang menarik, yang berbeda dari biasanya.

Untuk membuat bahan presentasi yang menarik, Rekan Bijak harus membuat slide yang tidak terlalu banyak tulisan, yang simpel tapi lengkap, dan menampilkan lebih banyak gambar visual. Nah, Rekan Bijak dapat mencari inspirasi dalam membuat bahan presentasi yang menarik dari internet.

Bahasa Kasual

Rapat

Sumber : solusi.com

Agar suasana meeting menyenangkan dan tidak membosankan, Rekan Bijak dapat melakukan dengan cara menggunakan bahasa kasual atau bahasa yang sederhana. Untuk membuat audiens atau orang yang mengikuti meeting terus memperhatikan Rekan Bijak, Rekan Bijak harus menggunakan bahasa yang sederhana dalam menyampaikan suatu informasi, karena, terkadang ada beberapa kata yang mungkin hanya diketahui oleh Rekan Bijak saja dan orang lain tidak mengerti kata yang digunakan oleh Rekan Bijak.

Oleh karena itu, sebisa mungkin gunakan bahasa yang sederhana agar semua orang yang mengikuti meeting dapat terus memperhatikan apa yang diucapkan oleh Rekan Bijak atau orang yang sedang melakukan presentasi.

Beri Humor

Rapat

Sumber : zetizen.com

Selanjutnya, strategi yang dapat Rekan Bijak lakukan yaitu dengan memberikan sedikit humor dalam mengikuti atau mengadakan suatu meeting. Maksud dari memberikan sedikit humor yaitu memberikan sedikit perkataan atau perbuatan yang dapat membuat orang-orang yang mengikuti rapat menjadi tertawa.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa, dalam suatu meeting hal yang membuat beberapa orang bosan adalah suana yang tegang dan terlalu serius. Serius dalam mengikuti atau mengadakan meeting memang perlu, tetapi, berilah sedikit sentuhan humor atau hal yang dapat membuat orang tertawa, agar, susana meeting menjadi lebih menyenangkan dan tidak terlupakan.

Sediakan Cemilan

Rapat

Sumber : PSSI.org

Mengikuti atau mengadakan suatu meeting yang cenderung lama serta membutuhkan pikiran untuk berpikir, akan membuat perut seseorang merasakan lapar, karena, lapar tersebut, beberapa orang bisa merasakan bosan dan tidak bisa fokus mendengarkan informasi yang sedang disampaikan.

Untuk itu, supaya suasana meeting dapat menjadi menyenangkan serta tidak membosankan, sediakanlah cemilan serta minuman ringan yang dapat di konsumsi saat meeting sedang berlangsung. Tidak bisa dipungkiri, beberapa orang lebih bisa fokus terhadap sesuatu saat mereka merakan perut yang kenyang atau sambil mengkonsumsi sesuatu.

Tentukan Durasi

Rapat

Sumber : bp-guide.id

Hal yang sangat mempengaruhi beberapa orang bosan mengikuti suatu rapat yaitu durasi rapat, durasi yang umumnya paling cepat yaitu 30 menit, dan paling lama bisa lebih dari empat jam. Oleh karena itu, untuk mengadakan suatu meeting, Rekan Bijak harus menentukan durasi yang sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan. Dan saat durasi sudah ditetapkan, sebisa mungkin jangan telat memulai atau telat menyelesaikan suatu meeting.

Nah, Rekan Bijak, itu dia beberapa strategi yang dapat diikuti oleh Rekan Bijak agar suasana rapat menjadi menyenangkan dan tidak membosankan!

Rapat

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: