6 Stretching Sederhana agar Tidak Pegal Karena Duduk Terlalu Lama

Terlalu lama duduk tidak hanya menimbulkan rasa pegal, tapi juga masalah kesehatan lainnya. Jika tidak sempat melakukan olahraga, kita bisa menerapkan gerakan-gerakan sehat ini.

6 Stretching Sederhana agar Tidak Pegal Karena Duduk Terlalu Lama

6 Stretching Sederhana agar Tidak Pegal Karena Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama, apalagi bekerja di depan komputer seharian, terkadang menyebabkan badan terasa pegal. Hal ini biasanya dialami para karyawan, terlebih jika pekerjaan sedang banyak. Tentu saja, kondisi ini akan membuat hari kerja selanjutnya menjadi tidak nyaman. Untuk menghindari rasa pegal ini, kita bisa melakukan stretching ringan cara sederhana yang bisa kita lakukan ketika di kantor.

Neck Stretch

Posisi: Berdiri di depan meja

Berdiri dengan melebarkan kaki paralel dengan pinggul kita, dan posisikan jari-jari kaki lurus ke depan. Jajakkan kedua telapak kaki dengan mantap di lantai, dengan menempatkan berat tubuh pada tumit dan punggung kaki sama rata. Kaitkan jari-jemari kitadi belakang punggung dengan satu tangan meraih dari atas, sementara yang lainnya meraih dari bawah. Tarik napas, regangkan punggung sehingga kedua bahu sejajar dengan pangkal leher dan paralel dengan lebar punggung. Perlahan, miringkan kepala kita ke kiri. Lemaskan rahang dan pandangan kita. Tahan posisi  stretching ini selama tiga kali hitungan napas, dan ubah posisi.

Pose peregangan ini adalah cara yang efisien untuk meringankan ketegangan di leher dan bahu.

Baca Juga: 6 Jenis Kegiatan Olahraga di Kantor, Tanpa Harus Ribet

Shoulder Stretch

Posisi: Berdiri di depan meja

Berdiri dengan melebarkan kaki paralel dengan pinggul kita, dan posisikan jari-jari kaki lurus ke depan. Kaitkan jari-jemari kita di belakang punggung. Sementara kita mengambil napas, luruskan kaki kita, regangkan tubuh bagian atas kita, dan tarik kedua bahu kita ke belakang. Remas tangan kita dan jaga agar tetap lurus di belakang punggung. Buang napas dan perlahan bungkukkan tubuh ke depan. Tetap regangkan punggung kita. Angkat bahu dan tarik punggung bagian atas.

Side Stretch

Posisi: Berdiri di depan meja

Berdiri dengan kedua kaki merapat dan kedua tangan berada di samping tubuh. Seimbangkan berat badan di kedua kaki kita. Ambil napas, regangkan punggung kita dan angkat kedua tangan lurus di atas kepala. Genggam pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri. Jaga bahu dan pinggul kita tetap sejajar ketika kita memiringkan tubuh ke kiri. Perlahan tarik dengan tangan kiri kita untuk meregangkan sisi kanan tubuh kita. Jaga agar dagu tetap terangkat dan sejajar lantai. Tahan pose yoga ini selama tiga kali tarik-buang napas, kemudian tukar sisi kanan.

Pose ini membantu menciptakan daya pengungkit dari panggul hingga ke bahu dan leher kita, sehingga meregangkan tulang belakang dan memperpanjang jangkauan gerak kedua sisi tubuh

Gerakan ini dapat membantu kita tetap tegap dan terlihat tinggi saat duduk.

Posisi peregangan ini berfungsi untuk meluruskan dan membuka bahu dan punggung yang membungkuk.

Baca Juga: 12 Ragam Jenis Olahraga yang Murah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Stretching

www.pinterest.ie

Wrist Release

Posisi: duduk di kursi

Gunakan tangan kiri untuk menekan ujung-ujung jari kanan ke bawah selama beberapa detik, menekuk pergelangan tangan ke arah yang berlawanan dengan menekan jari-jari kita ke arah dalam pergelangan. Kemudian tukar posisi dengan tangan kiri menekan punggung tangan kanan. Tahan selama beberapa detik, kemudian tukar dengan tangan yang satunya.

Untuk benar-benar melepaskan segala ketegangan di lengan kita, posisikan kedua lengan seperti kaktus dan goyangkan kedua pergelangan tangan dengan cepat ke kanan-kiri, dan atas-bawah.

Baca Juga: 7 Tips Olahraga Sederhana Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Chair Eagle

Posisi: duduk di kursi

Duduk di kursi dengan memanjangkan tulang belakang dan posisi kedua kaki mantap menjejak lantai. Silangkan paha kanan di atas paha kiri. Jika kita sanggup, lilitkan kaki kanan kita di seputar betis kiri. Silangkan lengan kiri kita di atas lengan kanan, tepat di tumpuan siku dalam. Tekuk kedua siku dan buat kedua telapak tangan kita saling bersentuhan. Kita kedua siku sambil menurunkan bahu jauh dari telinga. Tahan selama 3-5 kali hitungan napas. Tukar posisi lengan dan kaki, dan ulangi hitungan.

Pose ini membuka persendian bahu, menciptakan ruangan di antara kedua tulang belikan. Selain itu, pose Chair Eagle juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke setiap persendian tubuh, memperlancar sistem pencernaan dan sekresi, dan menguatkan lengan, kaki, lutus, dan pergelangan. Pose  stretching ini juga memfokuskan peregangan pada bagian tubuh atas dan bawah secara merata di saat yang bersamaan. Semakin kita melemaskan otot-otot di setiap hembusan napas, semakin optimal efek peregangannya.

Chair Raised Hands Pose

Posisi: duduk di kursi

Duduk di kursi dengan memanjangkan tulang belakang dan posisi kedua kaki mantap menjejak lantai. Pada tarikan napas, angkat kedua tangan lurus menghadap langit-langit atap. Lemaskan tulang belikat kita masuk ke dalam punggung sambil kita meraih ke atas dengan ujung-ujung jemari. Fokuskan berat badan di tulang duduk dan buat gerakan tangan meraih ke atas. Tahan gerakan selama tiga kali hitungan napas, dan ulangi beberapa kali.

Pose alternatif: duduk dengan posisi tulang belakang lurus sambil menarik napas dalam. Saat menghembuskan napas, lemaskan pandangan kita mengarah atas dan lengkungkan tubuh (punggung atas dan dada) sedikit ke belakang. Tahan pose stretching ini selama beberapa detik, turunkan kedua tangan ke sisi tubuh kita, dan ulangi dari awal untuk beberapa kali.

Baca Juga: 6 Kegiatan yang Tidak Boleh dilakukan Setelah Olahraga

Pose stretching ini membantu memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan dan meregangkan punggung.Chair Raised Hands Pose

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: