Ketahui 6 Tanda Seseorang yang Telah Kecanduan Kartu Kredit

Dengan berkembangnya zaman, segala sesuatu bisa berubah. Salah satu perubahaan tersebut yaitu ada banyak cara bertransaksi. Mulai dari menggunakan uang tunia, menggunakan kartu kredit, menggunakan kartu debit, hingga menggunakan sistem pembayaran dengan mengandalkan alat elekronik lainnya.

Ketahui 6 Tanda Seseorang yang Telah Kecanduan Kartu Kredit

Ketahui 6 Tanda Seseorang yang Telah Kecanduan Kartu Kredit

Dahulu sistem pembayaran atau transaksi menggunakan sistem barter (mengganti suatu barang dengan barang lainnya), namun, sekarang sistem pembayaran atau transaksi berkembang menjadi lebih mudah, bahkan bisa membuat seseorang kecanduan atau ketagihan. Sistem pembayaran atau transaksi yang bisa membuat seseorang kecanduan untuk terus menggunakannya yaitu menggunakan kartu kredit.

Baca Juga : 7 Keuntungan dan Kelebihan Memiliki Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan sebuah sistem pembayaran dengan sistem kredit, sistem kredit yang dimaksud yaitu perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, akan, meminjam sejumlah uang yang bisa Rekan Bijak gunakan dengan limit tertentu, setelah digunakan, barulah Rekan Bijak membayar sejumlah tagihan dari peminjaman uang tersebut. Lalu, apa saja tanda-tanda seseorang mengalami kecanduan kartu kredit?

Punya Banyak Kartu Kredit

Kecanduan

Sumber : thestar.com.my

Tanda-tanda seseorang mengalami kecanduan terhadap kartu kredit yaitu memiliki banyak kartu kredit. Tidak bisa dipungkiri, bahwa, melakukan pembayaran atau transaksi menggunakan kartu kredit bisa mempermudah Rekan Bijak untuk berbelanja berbagai macam hal, baik belanja yang bersifat untuk memenuhi kebutuhan, hingga belanja yang bersifat untuk menuruti keinginan Rekan Bijak saja.

Kemudahan dalam melakukan transaksi menggunakan kartu kredit tersebut, dapat membuat Rekan Bijak ketagihan untuk mencoba mendaftarkan diri kepada berbagai macam perbankan yang menawarkan kartu kredit. Mungkin, pada awalnya Rekan Bijak hanya sekedar mencoba-moba atau hanya ingin mengoleksi saja, tetapi, kelamaan pasti Rekan Bijak akan tergoda menggunakan berbagai macam kartu kredit dari berbagai macam perusahaan perbankan.

Baca Juga : Sering Pakai Kartu Kredit? Kenali Asuransi Kartu Kredit dan Manfaatnya!

Tidak Ada Kartu Kredit = Tidak Bisa Hidup

Kecanduan

Sumber : Suara.com

Selanjutnya, tanda-tanda seseorang mengalami ketagihan dengan kartu kredit yaitu tidak bisa hidup, jika tidak ada kartu kredit. Mungkin, bagi Rekan Bijak itu hal yang berlebihan. Namun, nyatanya ada saja orang-orang yang tidak bisa hidup, jika tidak ada kartu kredit.

Maksud dari tidak bisa hidup, jika tidak ada kartu kredit yaitu seseorang merasa ada sesuatu hal yang kurang dari kehidupannya, atau sesuatu hal yang menjanggal dari kehidupannya, jika tidak melakukan berbagai transaksi dengan menggunakan kartu kredit. Nah, jika Rekan Bijak sudah merasa sulit hidup tanpa menggunakan kartu kredit, bisa jadi, Rekan Bijak sudah mulai kecanduan menggunakan kartu kredit.

Baca Juga : Transaksi? Lebih Baik Tunai, Debit, atau Kredit? Yuk, Cermati Kekurangan dan Kelebihannya!

Tergoda dengan Diskon

Kecanduan

Sumber : Travelingyuk.com

Tanda-tanda seseorang ketagihan dengan kartu kredit yang selanjutnya yaitu mudah tergoda dengan diskon. Tidak bisa dipungkiri, kebanyakan orang mudah tergoda dengan diskon atau potongan harga dari berbagai macam hal. Namun, jika Rekan Bijak merupakan seseorang yang mudah tergoda dengan diskon, maka, bisa saja Rekan Bijak sudah ketagihan menggunakan kartu kredit. Biasanya, diskon atau potongan harga yang diberikan jauh lebih banyak saat melakukan pembayaran dengan kartu kredit, oleh karena itu, menggunakan kartu kredit dapat membuat Rekan Bijak ketagihan.

Baca Juga : Jangan Lewatkan 4 Macam Promo Kartu Kredit ini, Rekan Bijak!

Merahasiakan Hutang

Kecanduan

Sumber : loan.kreditpintar.com

Tanda yang selanjutnya yaitu merahasiakan hutang. Bagi beberapa orang, memiliki hutang sama dengan aib, sehingga membuat seseorang merahasikan berbagai macam hutang yang ada. Namun, bagi seseorang yang sudah ketagihan menggunakan kartu kredit, seseorang tersebut bisa merahasiakan berbagai macam hutang yang ada yang cara yang sangat baik.

Bahkan, bagi orang-orang yang melihat, seseorang yang telah ketagihan kartu kredit merupakan orang berada yang selalu bisa membeli berbagai macam hal untuk memenuhi kebutuhan hingga keinginan. Namun, pada nyatanya, seseorang yang seperti itu merupakan salah satu tanda dari orang yang sudah ketagihan menggunakan kartu kredit.

Baca Juga : 7 Tips Menyelesaikan Hutang Kartu Kredit

Tabungan Menipis

Kecanduan

Sumber : fimela.com

Selanjutnya, tanda-tanda seseorang telah ketagihan menggunakan kartu kredit yaitu tabungan menipis. Sistem yang berlaku jika Rekan Bijak menggunakan kartu kredit yaitu mendaftarkan diri, kemudian bisa menggunakan sesuai dengan limit yang disediakan, lalu barulah Rekan Bijak membayar tagihan tersebut.

Untuk membayar tagihan tersebut, maka, Rekan Bijak terkadang bisa menggunakan uang dari tabungan yang Rekan Bijak punya. Semakin sering Rekan Bijak menggunakan kartu kredit, maka, semakin banyak pula jumlah tagihan yang harus Rekan Bijak bayar, dan hal tersebut dapat berdampak kepada tabungan Rekan Bijak yang semakin berjalannya waktu, akan mengalami kekurangan, hingga menjadi menipis.

Baca Juga : 5 Cara Ampuh dalam Menyelesaikan Pinjaman Kartu Kredit

Tidak Kapok

Kecanduan

Sumber : KreditGoGo.com

Terakhir, tanda dari seseorang yang telah mengalami ketagihan akibat kartu kredit yaitu tidak kapok. Tidak kapok yang dimaksud yaitu tabungan semakin menipis, hutang semakin banyak, tetapi tetap saja senang melakukan berbagai macam transaksi menggunakan kartu kredit. Walaupun, sudah tahu berbagai macam dampak negatif yang akan didapatkan, tetap saja tidak akan berpengaruh.

Baca Juga : Ketahuilah 7 Macam Biaya Kartu Kredit yang Seringkali Terlupakan!

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan tanda-tanda seseorang yang mengalami kecanduan akibat menggunakan kartu kredit? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel di atas ya!

Kecanduan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: