Yuk, Intip Tata Cara Makan dari Berbagai Negara di Dunia

Tata cara makan yang biasa dilakukan oleh orang Indonesia yaitu menggunakan langsung dengan tangan, dimana orang Indonesia memakan suatu makanan langsung dengan tangan, tanpa adanya alat bantu seperti sendok, garpu. Tata cara makan atau etika makan di berbagai negara berbeda-beda, orang yang memakan makanan menggunakan tangan secara langsung, tanpa adanya alat bantu di Indonesia merupakan hal yang wajar, namun, tidak berlaku jika di negara lain.

Yuk, Intip Tata Cara Makan dari Berbagai Negara di Dunia

Yuk, Intip Tata Cara Makan dari Berbagai Negara di Dunia

Setiap negara memiliki tata cara atau etika makan yang berbeda-beda, mungkin saja ada negara yang memiliki tata cara makan atau etika makan yang sama dengan Indonesia, tapi tidak semua negara memiliki tata cara makan atau etika makan yang sama dengan Indonesia.

Ada beberapa hal saat makan di negara Indonesia merupakan hal yang tidak pantas atau tidak sopan, tetapi bisa saja di negara lain merupakan hal yang harus dilakukan untuk menghormati tuan rumah atau orang yang sudah memasak makanan yang akan atau telah Rekan Bijak konsumsi. Lalu, bagaimana tata cara makan atau etika makan di berbagai negara ya?

China

Cara Makan

Sumber : islampos.com

Menghabiskan makanan merupakan hal yang wajib, menghabiskan makanan merupakan cara kita menghargai yang menyediakan, membelikan, atau yang memasak makanan tersebut. Namun, di negara China, menghabiskan makanan merupakan hal yang tidak sopan, tapi jika Rekan Bijak tidak menghabiskan makanan merupakan sikap yang sopan.

Dan bersendawa mungkin kegiatan yang tidak baik, tetapi jika Rekan Bijak berada di negara China dan bersendawa merupakan hal yang biasa, dengan bersendawa, maka, Rekan Bijak puas terhadap masakan yang dibuat oleh orang yang membuat makanan.

Jepang

Cara Makan

Sumber : Tribunnews.com

Alat makan utama di negara Jepang yaitu menggunakan sumpit, saat Rekan Bijak berkunjung ke Jepang, kemudian ingin makan, jangan pernah menusukkan sumpit secara tegak lurus diatas nasi, karena, hal tersebut merupakan sikap yang tidak sopan,karena, dengan menusukkan sumpit secara tegak lurus diatas nasi sangat mirip dengan alat penghormatan dan dupa untuk orang yang telah meninggal, dan hal tersebut merupakan tata cara upacara pada pemakaman Budha.

Bukti untuk menghormati koki atau orang yang telah memasak makanan Rekan Bijak saat berada di negara Jepang yaitu makan sambil berbunyi atau mengecap, lalu saat Rekan Bijak memakan ramen atau mie, menggeluarkan suara seruput merupakan hal yang baik, semakin kencang suara seruput dari mie yang dimakan Rekan Bijak, maka, semakin enak ramen atau mie yang telah dibuat oleh koki, dan hal ini merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menghargai sang koki.

Jerman

Cara Makan

Sumber : SolusiSehatku.com

Penduduk di negara Jerman dikenal mengkonsumsi roti atau kentang sebagai makanan pokok, keunikan tata cara makan orang Jerman terletak saat memakan olahan kentang. Kentang yang biasa disajikan di Jerman yaitu dengan cara direbus.

Kentang yang sudah direbus, kemudian disajikan, sebelum memakan kentang, Rekan Bijak diharuskan untuk menghancurkan kentang rebus tersebut menggunakan garpu saja, dan dipercaya akan menimbulkan rasa yang nikmat dari kentang itu sendiri. Dan tidak disarankan jika Rekan Bijak menghancurkan kentang menggunakan pisau, jika Rekan Bijak menghancurkan kentang menggunakan pisau, maka, akan menimbulkan kesan bahwa Rekan Bijak tidak percaya kentang yang disajikan sudah matang.

Perancis

Cara Makan

Sumber : wanista.com

Tata cara makan atau etika makan di negara Prancis ada berbagai macam, jika Rekan Bijak sedang berada pada jamuan makan bersama, hal yang perlu diperhatikan oleh Rekan Bijak yaitu meletakkan pergelangan tangan dan lengan diatas meja, dari sebelum hidangan disajikan, hingga Rekan Bijak telah menyelesaikan makanan yang telah disediakan.

Penduduk di negara Prancis cenderung memakan roti sebagai makanan pokok, oleh karena itu, roti digunakan sebagai sendok saat sedang makan. Kemudian, saat memakan roti, sebaiknya Rekan Bijak memotong roti hingga menjadi potongan yang lebih kecil terlebih dahulu, saat roti tidak di makan, biarkan berada diatas meja, dan jangan pindahkan roti ke atas priring Rekan Bijak. Dan meminta atau menambahkan merica, garam kepada makanan yang baru disajikan merupakan hal yang tidak baik, karena, tidak menghargai masakan yang telah dibuat oleh koki.

Ethopia

Cara Makan

Sumber : femina.co.id

Biasanya setiap orang memakan dengan piring mereka sendiri, dimana satu orang menggunakan satu piring yang tersaji makanan yang dipesan atau yang ingin di makan. Jika Rekan Bijak berkunjung di Ethopia, tata cara atau etika makan disana yaitu makan bersama, dimana makan dalam satu piring besar yang terdiri dari beragam lauk pauk.

Makan bersama di Ethopia memakan langsung dengan tangan, Rekan Bijak tidak menggunakan alat makan untuk menyantab makanan. Tradisi di Ethopia hampir sama dengan makan bersama di Indonesia yang biasa disebut dengan ngeliwet.

nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan bahwa tata cara atau etika makan dari berbagai negara di dunia itu berbeda? Jika iya, jangan lupa terapkan atau hindari ya, Rekan!

Cara Makan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: