Suka Surfing? Inilah 8 Tempat Surfing Terbaik di Benua Asia!

Benua Asia, selain terkenal karena keanekaragaman budayanya, juga dikenal banyak wisata alam yang benar-benar cantik dan juga memanjakan mata. Benua Asia juga memanjakan para wisatawan pecinta pantai, khususnya para peselancar. Banyak peselancar datang ke Asia hanya karena ingin surfing mencoba ombaknya. Lalu, dimana sajakah tempat terbaik untuk surfing di Benua Asia?

Suka Surfing? Inilah 8 Tempat Surfing Terbaik di Benua Asia!

Suka Surfing? Inilah 8 Tempat Surfing Terbaik di Benua Asia!

Rekan Bijak, apakah kamu seorang yang suka surfing, atau dalam bahasa Indonesianya adalah berselancar? Bisa dikatakan, Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang bisa dikatakan sebagai surga para surfer, karena selain banyaknya pantai yang indah, juga Indonesia memiliki banyak pantai dengan ombak laut yang memanjakan para surfer. Kebiasaan berselancar ini bisa dikatakan olahraga yang jarang dilakukan oleh mayoritas masyarakat Indonesia, namun surfing ini merupakan kegiatan yang disukai oleh orang dari luar negeri, khususnya dari Brazil dan Amerika Serikat, sehingga mereka rela datang ke Indonesia hanya untuk sekedar surfing.

Di Benua Asia ini pula, banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk surfing, dan tempatnya itu rata-rata berada di sekitar Asia Tenggara dan Asia Selatan. Lalu, dimana sajakah lokasi surfing yang dicintai oleh para surfer dunia yang berada di Asia?

Sultans, Pulau Karang Male, Maladewa

surfing

Sumber : Surfatoll.com

Sebagai salah satu negara kepulauan yang sering dikunjungi oleh wisatawan luar negeri, Maladewa memang tidak pernah memberikan pemandangan yang mengecewakan. Maladewa juga terkenal dengan olahraga-olahraga airnya, yakni salah satunya adalah berselancar. Berada di daerah Male Utara, Sultans merupakan salah satu tempat bagi para pecinta selancar. Ditambah lagi dengan hotel-hotelnya yang mewah dan mencuci mata.

Pemandangannya yang menakjubkan ditambah dengan ombaknya yang bisa dikatakan relatif stabil, menjadi ciri khas dari tempat ini sendiri. Surfing di tempat ini tidak pernah mengecewakan. Biasanya, para peselancar akan datang ke tempat ini pada bulan April dan Mei.

Pasta Point, Maladewa

surfing

Sumber : gamelanviaggi.it

Satu tempat untuk berselancar lagi di Maladewa adalah Pasta Point. Letaknya pun hampir sama dengan Sultans, yakni berada di Male Utara. Tempat penginapannya, dikatakan hanya berjumlah satu untuk bisa menjadi akses, yakni Dhonveli Beach Resort & Spa. Untuk penginapan membayar sekitar $340 untuk semalam.

Di tempat ini, paling baik waktu berselancarnya adalah saat bulan Mei hingga Agustus. Jika kamu memang ingin berselancar, mencoba pergi ke tempat ini mungkin tidak terlupakan!

Xichong, Tiongkok

surfing

Sumber : Surf-forecast.com

Jarang ada yang tahu bahwa di Tiongkok ada pantai yang bisa menjadi tempat berselancar. Mungkin yang di pikiran kita, di Tiongkok hanya ada industri dan pekerjaan yang sangat banyak, namun Tiongkok juga ada pantai yang bisa memanjakan para surfer dunia, yakni Xichong. Di Xichong, surfing di tempat ini masih jarang, hanya terbentuk suatu komunitas kecil, namun tempat ini cukup dikenal.

Jaraknya pun dekat dengan Shenzen. Namun, jika kita mengenal Shenzen adalah sebuah kota yang penuh dengan gedung-gedung pencakar langit dan orang-orang yang bekerja, di Xichong penuh dengan banyak peselancar, bahkan banyak dari mereka yang rela tinggal di tenda hanya untuk pergi ke pantai di Xichong dan menikmati berselancar disana.

Pantai Surin, Phuket, Thailand

surfing

Sumber : tripadvisor.ru

Phuket mungkin biasanya menjadi sebuah tempat dengan banyak pantai, namun jangan salah, di Phuket juga memiliki pantai untuk para peselancar, yakni di Pantai Surin. Walaupun bukan satu-satunya pantai yang bisa berselancar di Phuket, namun Pantai Surin terkenal dengan ombaknya yang tinggi, dan disarankan untuk tidak mencoba berenang di tempat ini.

Di tempat ini, penginapan juga mewah-mewah, namun juga dikenal banyak makanan yang bisa dikatakan halal dan murah. Di tempat ini juga tidak hanya sekedar surfing, namun juga bisa snorkeling dengan membayar sekitar Rp 160.000,-.

Cloud Nine, Kepulauan Siargao, Filipina

surfing

Sumber : Ocean101Cloud9.blogspot.com

Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di Asia, rasanya aneh jika tidak melihat penyumbang pantai khusus surfing dari Filipina. Pasalnya, Filipina merupakan negara yang memang sangat banyak pulaunya. Dan kenyataannya, Filipina mempunyai salah satu tempat untuk berselancar paling terkenal di dunia, yakni Cloud Nine, yang terletak di Kepulauan Siargao.

Jika ingin berselancar di tempat ini, kamu harus pergi ke tempat ini di antara akhir Agustus hingga akhir November. Bahkan di tempat ini, ada kejuaraan berselancar dunia, yakni Siargao Surfing Cup. Walaupun Filipina merupakan negara kepulauan, namun jarang pantai yang mempunyai ombak sepanjang tahun, dan hanya di bulan Juni hingga Agustus bisa pergi berselancar, yakni hanya di Cloud Nine saja.

 

surfing

Sumber : Tropicsurf.com

Bisa dikatakan, pantai ini adalah salah satu pantai terbaik di dunia. Bahkan, hotel Nihiwatu Sumba merupakan hotel terbaik di dunia versi Travel+Leisure. Sebagai pantai terbaik di dunia, bahkan hingga para peselancar dunia bisa mengatakan pantai ini sebagai God’s Left, yang berarti pantai yang memang ditinggalkan oleh Tuhan. Saking mempesonanya, banyak peselancar dunia yang rela menunggu untuk diberikan kesempatan berselancar di tempat ini.

Berada di Nusa Tenggara Timur, Pantai Nihiwatu hanya diperbolehkan 10 surfer demi keamanan dari pantai ini. Di tempat ini, para wisatawan juga bisa memancing di laut lepas, dan juga bisa melakukan snorkeling. Tempat ini merupakan salah satu yang mungkin tidak boleh dilewatkan oleh para penikmat pantai!

Lance’s Right, Sipora, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Indonesia

surfing

Sumber : mentawaisurfcharters.com

Kepulauan Mentawai adalah salah satu tempat yang memang disukai para wisatawan yang tergila-gila pantai, dan juga menyukai surfing. Ditambah lagi, Kepulauan Mentawai juga dianggap masih asli dan belum rusak, juga ditambah lagi pulau-pulau yang masih indah. Tidak mengagetkan jika banyak orang menganggap Kepulauan Mentawai sebagai salah satu tempat terbaik untuk berselancar.

Biasanya, tempat yang dikunjungi untuk sekedar berselancar adalah Pulau Sipora, dan biasanya pulau ini ramai ketika berada di bulan April dan Oktober. Penduduknya pun juga dikenal ramah dan tidak macam-macam. Suku Mentawai juga dikenal orangnya baik dan ramah pada wisatawan. Untuk para pemula selancar, tidak disarankan untuk berselancar di tempat ini karena ombaknya yang tinggi.

Uluwatu, Bali, Indonesia

surfing

Sumber : Vimeo.com

Siapa yang tidak tahu Pulau Bali? Bahkan, mungkin ini adalah pulau terbaik di dunia, jika berbicara tentang pantainya. Apalagi jika berbicara tentang berselancar di pulau ini. Uluwatu juga menjadi salah satu tempat terbaik dalam berselancar. Uluwatu bahkan dikatakan mempunyai salah satu spot terbaik untuk berselancar di dunia. Untuk para peselancar, paling baik surfing berada di musim kemarau.

Gelombang di tempat ini bersifat cepat, keras, kuat dan besar yang menjadi ciri khas gelombang laut di Uluwatu. Tidak mengagetkan, Uluwatu sangat direkomendasikan untuk para surfer dunia yang ingin mencoba betapa serunya berselancar di tempat ini.

Nah, Rekan Bijak, jika kamu ingin berselancar, kamu bisa pergi ke tempat-tempat ini! Kamu juga bisa belajar berselancar jika kamu tertarik, namun ingat, kamu harus memakai tutor untuk mengajari dan menjaga kamu ketika surfing!

surfing

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: