5 Tempat Wisata yang Menjadi Primadona di Labuan Bajo, Indonesia

Indonesia terkenal dengan negara yang dikelilingi oleh pulau, hal itu juga yang membuat orang dari mancanegara ingin berkunjung ke Indonesia. Salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan wisata alam serta pemandangan alam yang sangat indah yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT). Dari berbagai tempat yang ada di NTT, Labuan Bajo merupakan tempat yang sedang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi NTT. 

5 Tempat Wisata yang Menjadi Primadona di Labuan Bajo, Indonesia

5 Tempat Wisata yang Menjadi Primadona di Labuan Bajo, Indonesia

Labuan Bajo awalnya merupakan tempat asli dari Suku Bajo namun sekarang mereka hidup berdampingan dengan warga asli di Flores. Labuan Bajo dulunya merupakan ibukota dari Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang merupakan salah satu kelurahan dari 19 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Labuan Bajo juga merupakan kota kecil yang berada di paling barat ini memiliki berbagai fungsi yaitu sebagai Pusat Pemerintahan, Pusat Pendidikan, Pusat Pariwisata, serta Pusat Perdagangan.

Transportasi yang dapat digunakan untuk mengunjungi tempat ini yaitu dengan menggunakan pesawat yang akan mendarat di bandar udara Komodo, menggunakan kapal yang akan berhenti di pelabuhan Pelni dan dermaga Ferry. Rekan Bijak tidak perlu takut untuk menginap jika datang ke tempat ini, karena ada berbagai macam penginapan yang telah dibangun di Labuan Bajo. Kemudian, saat ke Labuan Bajo, tempat wisata apa saja yang bisa Rekan Bijak datangi?

Pantai Merah

Labuan Bajo

Sumber : backpackerjakarta.com

Seperti namanya, pulau merah ini memiliki pasir yang berwarna merah muda yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung. Pantai merah atau yang sering disebut dengan Pink Beach ini, merupakan salah satu pulau yang memiliki pasir berwarna merah muda di dunia. Pantai ini terletak di Kawasan Taman Nasioal Komodo.

Selain keunikan dari warna pasirnya, pantai ini juga mempunyai keindahan dari kehidupan bawah laut yang dapat Rekan Bijak lihat dengan melakukan kegiatan snorkeling atau diving. Pantai yang dikenal dengan pantai tak berpenghuni dan sepi ini dapat Rekan Bijak datangi dengan menyewa speed boot atau kapal dari LB karena pantai ini hanya bisa didatangi dengan melewati perairan, dan waktu yang akan di tempuh oleh Rekan Bijak yaitu 30 menit. Dan, sebaiknya Rekan Bijak membawa perbekalan jika ingin datang ke Pulau Merah ini, karena, di pulau ini tidak ada orang yang berjualan.

Manta Point

Labuan Bajo

Sumber : peramatatour.com

Manta Point yang berada di Indonesia bagian timur ini merupakan tempat yang cocok bagi orang yang menyukai serta menikmati satwa di bawah air terutama satwa langka dengan melakukan kegiatan snorkeling atau diving. Manta Point yang eksotis ini bukan hanya menyuguhkan keindahan yang berada dibawah laut, tetapi, juga kaya akan ekosistem darat dengan adanya penampakan raja kadal, yaitu Komodo.

Uang yang harus di persiapkan jika Rekan Bijak ingin berkunjung ke Manta Point yaitu sekitar Rp300.000,00, yaitu untuk biaya transportasi menggunakan kapal dengan biaya sekitar Rp50.000,00 yang akan memerlukan waktu tempuh sekitar 4-6 jam tergantung dengan cuaca, kemudian untuk membayar sekitar Rp20.000,00 untuk berkunjung di Manta Point dan jika Rekan Bijak ingin melakukan kegiatan yang berhubungan dengan ekosistem bawah laut akan menggeluarkan biaya sekitar Rp200.000,00.

Wae Rebo

Labuan Bajo

Sumber : komodokomodo.com

Wae Rebo merupakan tempat yang berada di ketinggian 1.200 diatas permukaan laut yang dikelilingi oleh bukit berbaris panjang yang berliku-liku, tempat ini juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu tempat situs warisan dunia pada tahun 2012. Terdapat 7 rumah adat atau Mbaru Niang berbentuk unik kerucut dan masing-masing rumah memiliki lima tingkat dengan fungsi dan filosofinya masing-masing. Rekan Bijak memerlukan usaha yang lebih jika ingin datang ke tempat ini, sekitar 3-7 jam dengan kendaraan bermotor roda dua lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Rekan Bijak ingin ke Wae Rebo hanya dengan berjalan kaki, jarak yang harus di tempuh yaitu 7km. Rekan Bijak harus siap untuk tidak terlalu banyak memainkan handphone, karena di tempat ini tidak dijangkau oleh sinyal di ponsel Rekan Bijak, namun dengan begitu, Rekan Bijak dapat fokus untuk menikmati keadaan yang ada di Wae Rebo.

Goa Batu Cermin

Labuan Bajo

Sumber : komodotour.co.id

Selain wisata bahari yang ada di Labuan Bajo, ada tempat wisata berupa goa yang unik yaitu Goa Cermin. Sebelum menjadi goa yang unik ini, dulunya goa ini berada dibawah permukaan laut, namun karena, air laut yang semakin surut maka terbentuklah goa yang indah ini. Goa Cermin terdapat di bukit batu yang gelap, sehingga, jika Rekan Bijak ingin datang disarankan pada saat ada matahari. Goa Cermin dikelilingi oleh hutan dan pepohonan hijau yang sangat indah. Saat berkunjung ke goa ini, Rekan Bijak diharuskan untuk menggunakan helm yang biasa digunakan untuk proyek bangunan.

Untuk datang ke goa ini, Rekan Bijak harus sabar karena tidak mudah, dimana Rekan Bijak harus berjalan kurang lebih 20 meter yang memiliki panjang kurang lebih dari 200 di dalam gua. Rekan Bijak dapat melihat fosil dan beberapa peninggalan bersejarah ketika berkunjung ke Goa Cermin. Dan, biaya yang harus Rekan Bijak siapkan sekitar Rp20.000,00 untuk masuk ke Goa Cermin dan harga tersebut sudah termasuk dengan peminjaman helm.

Gili Laba

Labuan Bajo

Sumber : pulaukomodo.com

Hal unik dari tempat wisata Gili Laba ini yaitu hamparan sabana ini dapat berubah-ubah yang akan menyesuaikan dengan cuaca yang ada. Saat musim kemarau, hamparan sabana ini terlihat seperti padang pasir yang berwarna coklat, padahal, itu merupakan sabaha yang telah mengering karena cuaca kemarau. Kemudian, saat musim hujan tiba, maka, akan berubah menjadi warna hijau, dimana hamparan sabana di Gili Laba tumbuh.

Rekan Bijak suka berburu untuk melihat sunrise dan sunset? Gili Laba adalah tempat yang cocok untuk Rekan Bijak jika ingin melihat sunrise dan sunset, Rekan Bijak cukup menaiki puncak Gili Laba disaat waktu sunrise dan sunseakan tiba. Gili Laba merupakan tempat kapal-kapal beristirahat, karena perairan di sekitar Gili Laba cukup tenang.

Nah, Rekan Bijak, jangan lewatkan berwisata ke tempat-tempat diatas jika sedang berkunjung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur ya!

Labuan Bajo

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: