Temukan 5 Langkah Sukses Buka Usaha Salon Kecantikan

Penampilan merupakan salah satu hal yang paling diperhatikan oleh para wanita. Sehingga, tak heran, jika hampir setiap wanita rela meluangkan waktu dan merogoh kocek mahal demi mempercantik dirinya.

Temukan 5 Langkah Sukses Buka Usaha Salon Kecantikan

Temukan 5 Langkah Sukses Buka Usaha Salon Kecantikan

Perawatan yang dilakukan pun bermacam-macam, mulai dari creambath, potong rambut, facial wajah, spa, dan masih banyak lainnya. Di sini lah, Rekan bisa menemukan peluang bisnis yang tentu saja menguntungkan. Terlebih, peluang bisnis kecantikan kini makin terbuka lebar.

Apakah kamu tertarik untuk membuka bisnis ini, Rekan? Jika jawabannya adalah iya, tak ada salahnya untuk mulai menekuni serta mempelajarinya. Lewat artikel ini, Danabijak juga akan menyuguhkan lima tips yang dapat kamu andalkan sebagai barometer kesuksesan bisnis salon kecantikan yang kelak kamu rintis. Yuk, disimak!

Cari Lokasi yang Tepat

Salon Kecantikan

Seperti apa sih lokasi yang tepat untuk mulai membuka bisnis salon kecantikan? Secara umum, setiap bisa sangat menguntungkan jika berlokasi di daerah yang ramai dan mudah dijangkau oleh transportasi. Lokasi tersebut bisa saja berada di pinggir jalan dengan tingkat keramaian sedang hingga tinggi, seperti di sekitar perumahan, pasar tradisional, pusat perbelanjaan, atau sekolah.

berlokasi di daerah yang ramai dan mudah dijangkau oleh transportasi. Lokasi tersebut bisa saja berada di pinggir jalan dengan tingkat keramaian sedang hingga tinggi, seperti di sekitar perumahan, pasar tradisional, pusat perbelanjaan, atau sekolah.

Tipsnya, untuk mencari tempat yang cocok untuk membuka bisnis salon kecantikan, adalah cari jenis area usaha yang ramai yang sekiranya para pelanggannya membutuhkan waktu lama (sekitar setengah jam atau lebih) saat menggunakan jasa tersebut. Jadi, jika salah satu pemain bisnis itu ada yang punya banyak pelanggan, bisnis salon kecantikan kamu juga akan kecipratan pengunjung.

Asah Kemampuan

Namun, sebaliknya, jika kamu sama sekali buta dengan dunia kecantikan, sebaiknya kamu belajar atau ikut pelatihan yang membahas tentang perawatan tubuh dan kecantikan. Alasannya, karena bisnis ini membutuhkan keahlian khusus. Apalagi, jika Rekan ingin membuka salon kecantikan yang dikelola sendiri. Maka, secara otomatis kamu sendirilah yang akan menangani langsung perawatan pelanggan.

Keseriusan membangun bisnis salon kecantikan perlu dimulai dengan mengasah kemampuan terkait dunia kecantikan. Ini salah satu yang terpenting loh, Rekan. Kalau kamu sudah punya skill yang mumpuni, yuk jangan ragu lagi memulai bisnis ini!

Ada banyak kok jasa yang menyediakan kursus kecantikan, Rekan. Kalau kamu emang berniat membuka salon kecantikan, segeralah mengikuti kursus kecantikan dan bekali diri dengan kemampuan yang dibutuhkan.

Promosikan Bisnis Salon Kecantikanmu

Salon Kecantikan

Setelah bisnis salonmu berhasil dibuka, sebenarnya, tidaklah sulit dalam melakukan promosinya. Sebagai awalan, kamu bisa membuat spanduk dan gantunglah di depan salon kecantikan. Kalau sudah punya dana marketing, kamu bisa membuat brosur yang berisi rangkuman singkat profil bisnis salonmu beserta promosi harga yang diberikan. Setelah brosur dicetak, bagikan pada teman-teman, tetangga, atau pelanggan yang telah berkunjung ke salon.

Tak hanya itu, kamu juga dapat memanfaatkan platform digital marketing, seperti facebook, twitter, Instagram, atau whatsapp.

Siapkan Karyawan

Apa pun jenisnya, dalam membangun bisnis, tentu saja dibutuhkan adanya tenaga atau karyawan yang berkualitas. Sumber daya manusia menjadi kunci utama penentu kesuksesan bisnis salon kecantikan.

Karena alasan itu, siapkanlah karyawan yang memang memiliki kompeten pada bidang kecantikan. Kamu bisa mengambil bibit-bibit unggul dari sekolah atau kursus kecantikan. Kalau karyawanmu bukan lulusan sekolah kecantikan? Jangan khawatir! Ajak saja mereka untuk mengikuti kursus atau sekolah kecantikan sehingga mereka bisa mengembangkan kemampuan.

Atur Keuangan

Salon Kecantikan

Yang juga penting dipikirkan adalah mengatur dan merinci keuangan bisnis salon kecantikanmu. Sebaiknya, jangan habiskan modal yang dimiliki di luar dari kemampuan.

Selain itu, hindari untuk melakukan pinjaman secara berlebihan. Bersikaplah hemat dan bijaksana dalam mengeluarkan biaya terutama jika bisnismu masih terhitung baru. Bila terlalu boros, nantinya, akan ada masalah baru di kemudian hari.

Nah, jadi konklusinya, kalau kamu berminat buka usaha salon kecantikan, setidaknya kamu perlu memerhatikan 5 poin di atas yaa, Rekan. Tapi, kalau budgetnya masih kurang? Tenaaaang…… kan ada Danabijak yang bisa bantu kamu. Sekarang pengajuan mulai dari 350ribu loh. Yuk, pilih Danabijak sebagai solusi finansialmu 😀

Salon Kecantikan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: