Tingkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Peraturan Menteri Keuangan 165

Berbagai cara dilakukan Dirjen Pajak demi meningkatkan kepatuhan para Wajib Pajak. Dan salah satunya adalah dengan PMK No 165/PMK.03/2017.

Demi meningkatkan kepatuhan pajak, Kementrian Keuangan mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 165/PMK.03/2017. Dilansir dari Antara News, penerbitan PMK ini bertujuan mendorong Wajib Pajak supaya melaporkan asset dan melaksanakan kewajibannya dengan baik.

Sri Mulyani mengungkapkan bahwa melalui penerbitan PMK Wajib Pajak diberi kesempatan untuk mengungkapkan asset yang belum terdaftar supaya tidak terkena sanksi. Jika ketahuan oleh otoritas pajak, maka tak segan denda berat akan dibebankan.

Ada dua hal yang diatur dalam PMK No.165/PMK.03/2017 yaitu pemberian kemudahan bagi Wajib Pajak dan Prosedur pelaporan. Berdasarkan peraturan ini Wajib Pajak tidak lagi membutuhkan Surat Keterangan Bebas dan cukup fotokopi Surat Keterangan Pengampunan Pajak untuk mendapatkan pembebasan PPh atas balik nama asset tanah atau bangunan pajak yang diungkapkan dalam program amnesti pajak.

Sedangkan mengenai hal kedua yang dibahas adalah prosedur pelaporan asset tersembunyi yang belum dilaporkan sebelum ditemukan oleh Dirjen Pajak. PMK ini dikeluarkan sebagai ajang bagi Wajib Pajak untuk melaporkan aset yang belum terlapor saat SPT 2015 ataupun dalam Surat Pernyataan Harta pada program amnesti pajak.

Jika melakukan pelaporan secara sukarela, Dirjen Pajak menjamin ketentuan sanksi pasal 18 UU Pengampunan Pajak tidak akan berlaku. Bagi Rekan Bijak yang akan mengurus pengalihan hak atas tanas dan atau bangunan, ketahui terlebih dahulu 5 hal di bawah ini:

Wajib Pajak

Source: https://twitter.com/kppcibitung

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: