Ingin Masuk Jurusan Kedokteran? Yuk, Simak 5 Tips Ini!

Sewaktu kanak-kanak menjadi seorang dokter merupakan salah satu cita-cita yang diinginkan oleh hampir kebanyakan anak kecil. Alasan utama anak kecil ingin menjadi seorang dokter adalah ingin membantu orang lain sembuh dari suatu penyakit, seiring berjalannya waktu, beberapa orang tidak lagi berpikir untuk menjadi dokter, namun, ada juga beberapa orang yang tetap ingin menjadi seorang dokter.

Ingin Masuk Jurusan Kedokteran? Yuk, Simak 5 Tips Ini!

Ingin Masuk Jurusan Kedokteran? Yuk, Simak 5 Tips Ini!

Dengan adanya cita-cita menjadi seorang dokter, maka, hal ini akhirnya membuat jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan atau fakultas yang paling diminati untuk jenjang pendidikan tinggi atau kuliah. Sebelum menjadi seorang dokter, Rekan Bijak harus terlebih dahulu belajar mengenai ilmu kedokteran itu sendiri, salah satu caranya yaitu mengambil kuliah kedokteran.

Baca Juga : 6 Prospek Baik Jurusan-jurusan Kuliah di Tahun 2019

Berbagai perguruan tinggi berlomba-lomba menarik minat masyarakat Indonesia untuk ikut bergabung, salah satunya dengan adanya jurusan atau fakultas kedokteran. Banyak orang yang akhirnya menyerah untuk menggapai cita-citanya menjadi seorang dokter, dengan asalan, untuk akhirnya bisa menjadi salah satu mahasiswa kedokteran itu tidak mudah, banyak spekulasi yang mengatakan bahwa ujian masuknya lebih sulit dibandingakan dengan jurusan-jurusan yang lain. Lalu, apa saja tips agar bisa masuk jurusan kedokteran ya?

Niat

Kedokteran

Sumber : 1.cbn.com

Tips atau cara utama agar Rekan Bijak dapat masuk jurusan kedokteran adalah niat. Dimana segala sesuatu yang diawali dengan niat yang baik, dengan niat yang serius, dengan niat yang sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan jalannya. Kebanyakan orang yang akhirnya menyerah untuk berjuang mendapatkan jurusan ini, karena, mereka hanya ingin menuruti keinginan orang tuanya, ingin dapat terus bersama dengan temannya, atau bahkan hanya sebatas iseng.

Oleh karena itu, sebaiknya jika memang Rekan Bijak ingin masuk jurusan ini, utama haruslah berawal serta berasal dari diri sendiri, bukan karena orang lain. Dengan adanya niat awal yang dipunya oleh Rekan Bijak, maka Rekan Bijak akan terus berusaha mengapai mimpi serta cita-cita yang telah Rekan Bijak inginkan sejak lama.

Baca Juga : 7 Tips Raih Beasiswa & Sukses Kuliah di Luar Negeri

Latihan dengan Tekun

Kedokteran

Sumber : hipwee.com

Tips selanjutnya setelah Rekan Bijak memiliki niat yang tumbuh dari diri sendiri yaitu Rekan Bijak harus latihan dengan tekun, dimana Rekan Bijak harus banyak berlatih soal-soal ujian masuk atau soal ujian khusus untuk jurusan ini. Di zaman sekarang ini, Rekan Bijak bisa mendapatkan soal di berbagai tempat, dimana tidak hanya harus membeli buku di toko buku saja, melainkan bisa mendapatkan di tempat belajar online atau soal-soal yang ada di internet atau aplikasi yang mengandalkan smartphone serta kouta dari Rekan Bijak saja.

Berlatih banyak soal tidak akan efisien jika Rekan Bijak tidak menguji hasil latihan atau belajar, oleh karena itu, setelah banyak berlatih mengenai soal-soal yang telah Rekan Bijak coba kerjakan, sebaiknya Rekan Bijak mengikuti uji coba atau try out di berbagai universitas atau perguruan tinggi yang ada, agar Rekan Bijak bisa menjadi tahu mengenai berbagai macam soal yang ada.

Baca Juga : 4 Penjelasan Bahwa Salah Jurusan Bukan Lagi Masalah

Menggali Informasi

Kedokteran

Sumber : PROKAL.co

Cara agar Rekan Bijak dapat masuk ke jurusan kedokteran yang selanjutnya yaitu menggali informasi yang lengkap, dimana Rekan Bijak harus mengetahui informasi yang mungkin hanya mahasiswa atau orang-orang yang berhubungan dengan jurusan ini saja yang tahu. Informasi yang tidak kalah penting yang harus Rekan Bijak gali yaitu mengenai biaya kuliah, pelajaran apa saja yang akan didapatkan, serta cara belajar apa yang efisien untuk kuliah di jurusan ini.

Manfaat dari menggali informasi ini juga akan membuat Rekan Bijak semakin yakin untuk melakukan berbagai usaha positif agar mendapatkan jurusan ini, dan membuat Rekan Bijak mengetahui bagaimana cara menghadapi berbagai macam tantangan yang akan ada jika masuk jurusan ini.

Baca Juga : Mengenal Teknik Biomedik, Jurusan Teknik di Bidang Kedokteran

Kuatkan Mental dan Berdoa

Kedokteran

Sumber : ihopkc.org

Selain niat, berlatih, berusaha, cara agar Rekan Bijak dapat masuk jurusan kedokteran yaitu berdoa dan memiliki mental yang kuat, dimana mental yang tidak mudah putus asa atau mental pantang menyerah dari berbagai macam tantangan yang akan ada. Jika seandainya Rekan Bijak mengalami kegagalan bukan berarti akhir dari segalanya, dengan kegagalan maka Rekan Bijak dapat mengambil pelajaran untuk menjadi lebih baik, karena, jalan yang telah ditetapkan oleh Sang Pencipta untuk setiap orang berbeda, oleh karena itu, Rekan Bijak harus tetap semangat dengan berbagai halangan dan tantangan yang akan ada.

Berusaha tetapi tidak berdoa, akan menjadi sesuatu hal yang kurang baik, karena, untuk meraih sesuatu Rekan Bijak tidak bisa mengandalkan diri sendiri, Rekan Bijak juga harus mengandalkan Sang Pencipta agar Rekan Bijak dapat mewujudkan mimpi yaitu masuk ke jurusan kedokteran.

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah Paling Unik yang Tidak Akan Ditemui di Indonesia

Berbakti kepada Orang tua

Kedokteran

Sumber : tasidola.com

Dan hal yang sangat dibutuhkan selain berdoa serta berusaha yaitu berbakti kepada orang tua, restu dari orang tua akan membuat setiap langkah Rekan Bijak menjadi lebih ringan dan lebih mudah. Untuk mendapatkan restu, doa, serta dukungan dari orang tua, Rekan Bijak haruslah menjadi anak yang berbakti. Janganlah Rekan Bijak berbakti kepada orang tua jika ada maunya saja, sebaiknya, Rekan Bijak teruslah berbakti kepada orang tua, baik saat ada keperluan maupun tidak. Dengan berbakti kepada orang tua, halangan dan tantangan yang akan ada untuk masuk ke jurusan kedokteran akan menjadi lebih mudah.

Baca Juga : 5 Kiat Jitu Mengatasi Biaya Kuliah yang Sangat Mahal

Nah, Rekan Bijak, itu dia beberapa tips agar dapat masuk ke jurusan kedokteran, dan jangan lupa untuk mengikuti beberapa tips pada artikel diatas ya!

Kedokteran

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: