11 Tips Aman dan Nyaman Dalam Melakukan Solo Traveling

Bagi orang-orang yang belum pernah melakukan perjalanan sendiri, solo travelling terkesan menjadi hal yang super menegangkan. Seperti saat mereka harus berkeliling di tempat baru dengan menanggung semua resiko sendirian. Saat mereka harus mengambil keputusan tanpa pertimbangan dari orang lain. Dan waktu mereka harus berinteraksi dengan orang asing tanpa ada satupun orang di sampingmu. Memang benar solo travelling akan membuat kitalebih mengenal dirimu sendiri, namun tidak berarti dia tidak mempunyai resiko. Seperti isu keamanan, kesepian dan juga rasa tidak nyaman. Tapi jangan khawatir! Dengan persiapan yang mantap, perjalanan kita akan semakin menyenangkan.

Melakukan solo traveling adalah yang menyenangkan sekaligus menantang.

Butuh keberanian lebih bagi Rekanbijak yang hendak berpetualang sendirian. Ada beberapa hal selain faktor keamanan yang patut diperhatikan. Sebelum solo traveling, inilah beberapa hal yang perlu disiapkan.

Riset Destinasi Liburan

www.privacyend.com

Sebelum kita memutuskan untuk pergi berangkat ke destinasi traveling kita, carilah dahulu informasi yang lengkap dan sebanyak-banyaknya. Cari tahu tentang transportasi daerah setempat, kebiasaan para lokal, tempat penginapan dan keamanan daerah tersebut. Selain kita bisa mencari dari internet kita juga bisa bertanya pada teman yang yang pernag berlibur ke tempat yang sama.

Riset adalah bagian dari perencanaan pra-traveling. Kalau kita pergi seorang diri, rincinya riset harus dilipat-gandakan. Jangan sampai ada hal yang terlewat, apalagi terkait transportasi dan akomodasi selama perjalanan. Semakin rinci itinerary kita, semakin kita tidak mudah tersesat. Melalui riset kita juga tahu apa saja yang harus dilakukan dan tidak dilakukan pada saat traveling.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Dunia dengan Harga Murah

Melakukan Persiapan yang Ekstra

Sebelum berangkat, lakukan scan kartu identitas, paspor, dan kartu kesehatan kita. Kirim hasil scan ini melalui email pada diri kita sendiri dan orang terdekat kita. Jika suatu saat paspor kita hilang atau dicuri, kita akan lebih mudah dalam membuatnya yang baru. Jangan lupa juga untuk tetap berhubungan melalui telepon atau pesan elektronik dengan kerabat atau orang terdekat selama traveling.

Selain itu, siapkan mental dan keuangan yang cermat terutama bagi kita yang akan berjalan-jalan dalam waktu lama. Atau jika solo traveling ini merupakan pengalaman pertama, bawalah buku panduan atau peta kota yang dituju. Tapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan membuka keduanya di jalan ya. Baca buku panduan dan peta sebelum kita berangkat atau unduh saja melalui google. Kalau tidak juga ketemu dengan destinasi yang dituju, tanyalah pada petugas atau orang-orang berseragam seperti satpam atau polisi.

Backup Dokumen-dokumen Penting

botsosani.wordpress.com

Airline Ticket with Passport and Foreign Currency

Baik kita akan solo traveling di dalam negeri maupun luar negeri, dokumen pribadi adalah penting. Oleh karena itu ada baiknya kita memfotokopi KTP, paspor, dan dokumen-dokumen penting lainnya untuk dibawa saat perjalanan. Kita juga bisa menyimpannya dalam bentuk softcopy sehingga tidak hilang secara ‘fisik’. Back up dokumen dengan cara foto kopi dan copy scan, lalu diemail. Dokumen fotokopi dipisah dengan dokumen asli. Jika dokumen asli atau fotokopi hilang, tinggal download dari email.

Baca Juga: 6 Kiat Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun yang Akan Segera Tiba

Membawa Obat Pribadi

cleverdeverwherever.com

Obat-obatan pribadi atau vitamin jangan lupa dibawa, Vitamin berguna untuk menjaga stamina kita pada saat solo traveling. Selain obat pribadi, kita juga wajib membawa kotak P3K kita sendiri, pasalnya cukup sulit mencari obat-obatan yang kkta mau jika kita sedang berada di negara lain. Misalnya seperti obat masuk angin, obat sakit kepala dan obat ringan lainnya.

Tukarkan Mata Uang Lokal Sebelum Sampai di Tujuan

story.kingpower.com

Sebelum berangkat solo traveling ke negeri orang, jangan lupa membawa uang lokal. Konversikan budget kita dari rupiah ke mata negara uang yang bersangkutan. Menghitung konversi mata uang cukup mudah, bisa search di web. Minimal kita tahu butuh uang berapa kalau mau menuju sebuah destinasi. Dan memudahkan kita juga untuk bertransaksi, karena ada di beberapa negara bagian tidak menerika debit dan hanya menerima uang tunai.

Baca Juga: Jangan Lupa Bawa 7 Barang-Barang Ini Saat Liburan Akhir Tahun

Keselamatan adalah Hal yang Utama

www.teacaketravels.com

Hal pertama  pertama yang harus diperhatikan dalam melakukan solo traveling adalah keamanan. Sebelum menginjakkan kaki di daerah yang ingin kita eksplorasi sendirian, cobalah untuk mencari tahu kondisinya terlebih dahulu. Seperti transportasi umum yang bisa digunakan, dan penginapan yang bisa kita singgahi. Pahami beberapa rute yang akan kita lewati. Dan jangan ragu untuk mencatat dimana kantor polisi dan juga rumah sakit sepanjang jalan.

Saat sudah tiba di tempat tujuan, berpenampilanlah yang sopan dan se-normal mungkin. Lebih baik untuk tidak menggunakan pakaian yang terlampau berbeda dengan warga lokal. Usahakan juga tidak memakai perhiasan atau apapun yang akan membuatmu menjadi pusat perhatian. Berjalanlah dengan pasti. Jika kita mulai ragu kemana arah selanjutnya, berhentilah sejenak. Jika kita harus bertanya pada warga setempat, bertanyalah seolah-olah kita sedang bersama orang lain. Seperti “Bapak bisa tunjukkan kemana arah menuju pantai? Saya dan teman-teman saya akan berlibur kesana” Buang jauh-jauh wajah was-was dan kebingungan. Stay cool dan biarkan dirimu berada di tempat umum.

Membawa Peta dan Buku Panduan Wisata

blog.ouisharefest.com

Walaupun di zaman teknologi ini sudah menjadi penolong yang mudah, tidak ada salahnya kita juga memiliki peta dan buku panduan wisata yang konvensional untuk solo traveling. Kedua benda ini akan sangat membantu bila sewaktu-waktu kita berada di tempat yang tidak ada sinyal. Setidaknya kita tidak akan kehilangan arah. Peta dan buku panduan ini sangat penting bagi kita yang traveling sendirian. Selain itu, ikut komunitas-komunitas traveling juga sangat membantu dalam mencari informasi tentang sebuah destinasi.

Baca Juga: 7 Tips Memaksimalkan Barang Ini Saat Pergi Liburan

Berpakaian Dengan Tepat

www.tumblr.com

Pastikan kita memilih pakaian yang sopan dan tidak mencolok, pakailah pakaian yang tidak terlalu mencolok saat kita pakai berkeliling. Jangan memakai perhiasan juga saat kita melakukan solo traveling. Intinya adalah bagaimana kita berbaur dengan kondisi di sekitar kita.

Hindari Berjalan Sendiri di Malam Hari

pixabay.com

Pada beberapa tempat, masih aman berjalan sendiri saat malam hari. Pada beberapa tempat lain, hal tersebut bisa sangat berbahaya ketika berjalan malam hari. Jika memang akan keluar malam, carilah rombongan atau teman dari penginapan kita yang telah kita percayai.

Catat Nomor Penting di Daerah Tersebut

Carilah informasi tentang nomor-nomor penting yang bisa kita hubungi ketika kita berada di sebuah lokasi, atau tanyakan saja kepada pengelola penginapan di tempat kita menginap. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga dari kondisi terburuk yang bisa menimpa kita.

Pakailah Jasa Asuransi Perjalanan

upgradedpoints.com

Asuransi perjalanan saat traveling juga dibutuhkan, hal ini untuk melindungi kita dari jika kita terkena musibah. virus penyakit atau misalnya terjadi kerusuhan dan terosrisme ditempat kita sedang berlibur. Dengan mengunakan asuransi perjalanan setidaknya diri kita sudah terlindung dan terjamin jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 9 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan

Setidaknya solo traveling identik dengan 2 hal: kebebasan dan keamanan. Dari perencanaan sampai perjalanan, traveler bebas menentukannya sendirian. kita bebas memilih itinerary, menentukan bujet sendiri, menginap di hotel apa, makan di restoran mana. Semuanya bebas kita tentukan tanpa perlu melirik keinginan atau budget partner traveling.

Write a Comment

view all comments

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62