Ingin Berhemat Tanpa Menyiksa Diri? Yuk, Ikuti 6 Tips Ini!

Kebutuhan atau keinginan dari hidup seseorang akan mempengaruhi pengeluaran, dan penghasilan seseorang. Untuk memenuhi segala kebutuhan atau keinginan, seseorang harus berusaha untuk mendapatkan penghasilan berupa uang dengan cara yang baik, seperti melakukan pekerjaan.

Ingin Berhemat Tanpa Menyiksa Diri? Yuk, Ikuti 6 Tips Ini!

Ingin Berhemat Tanpa Menyiksa Diri? Yuk, Ikuti 6 Tips Ini!

Adanya berbagai macam pengeluaran, baik kebutuhan atau keinginan, akan membuat beberapa orang harus berhemat. Ada berbagai macam cara untuk berhemat, tapi biasanya orang-orang berhemat yang bisa mengakibatkan diri sendiri merasa kesiksa atau menyiksa diri sendiri.

Baca Juga : Mau Hemat Pengeluaran? Jangan Lupa Hapus 3 Aplikasi Ini!

Ada berbagai macam hal yang membuat berhemat menjadi menyiksa, seperti Rekan Bijak benar-benar tidak boleh berbelanja atau menahan untuk makan. Padahal ada cara-cara yang bisa Rekan Bijak lakukan untuk berhemat tanpa merasakan sengsara, melainkan, berhemat dengan santai. Lalu, bagaimana cara berhemat tanpa menyiksa diri ya?

Tentukan Target yang Berlaku

Menyiksa

Sumber : Gosbiz.com

Cara pertama yang bisa Rekan Bijak lakukan yaitu dengan menentukan target yang berlaku dengan jangka waktu yang tidak terlalu panjang, seperti berhemat untuk sebulan. Tekadang yang membuat seseorang saat melakukan berhemat yang mengakibatkan diri sendiri sengsara yaitu dengan menentukan target yang terlalu panjang, seperti setahun. Tidak bisa dipungkiri, bahwa, memiliki target terhadap kehidupan, terutama target mengenai keuangan memang baik, tapi, Rekan Bijak harus melihat kepada diri Rekan Bijak sendiri, apakah mampu melakukan berhemat yang ketat, bahkan bisa membuat diri Rekan Bijak menjadi sengsara.

Jika, Rekan Bijak merasa tidak sanggup melakukannya, sebaiknya, buatlah target dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama, seperti membuat target berhemat selama sebulan. Selanjutnya, jika akhirnya Rekan Bijak sudah mampu melakukan berhemat selama sebulan, Rekan Bijak dapat menambah jangka waktu lagi. Saat berhemat, tidak perlu terburu-buru, lakukan secara perlahan, namun pasti saja.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Ini Perlu Dihindari untuk Hidup yang Lebih Hemat

Biasakan Catat Pengeluaran

Menyiksa

Sumber : magazine.job-like.com

Selanjutnya, cara yang bisa Rekan Bijak lakukan agar berhemat dengan santai yaitu dengan biasakan membuat catat pengeluaran. Buatlah catat pengeluaran Rekan Bijak selengkap mungkin. Misalkan, saat Rekan Bijak membeli air mineral atau makanan-minuman ringan saat ingin nyemil, langsunglah catat pengeluaran tersebut, jika tidak ada struck pembelian, Rekan Bijak dapat mencatat langsung di handphone Rekan Bijak menggunakan memo, atau aplikasi mencatat pengeluaran.

Mungkin, Rekan Bijak bepikir ribet, akan tetapi, dengan mencatat pengeluaran dengan selengkap mungkin, akan membantu Rekan Bijak melihat atau mengetahui hal-hal apa saja yang sebaiknya dikurangi atau dihindari, supaya bisa berhemat tanpa merasakan sengsara.

Baca Juga : 6 Strategi agar Belanja Bulanan Tak Jadi Beban

Hidup Minimalis

Menyiksa

Sumber : nusantaranews.co

Cara berhemat tanpa menyiksa diri, selanjutnya yaitu dengan hidup minimalis. Tidak bisa dipungkiri, terkadang seseorang ingin meniru atau mengikuti gaya hidup atau cara berpakaian seseorang agar terlihat modis, apalagi hal ini didukung dengan banyaknya sosialita yang mempublikasikan gaya hidup mereka di media sosial.

Hidup minimalis bukan berarti mengharuskan Rekan Bijak menjadi pelit, melainkan hidup seusai dengan kenyataan dari penghasilan yang didapatkan oleh Rekan Bijak. Dengan menjalankan hidup minimalis, akan membantu Rekan Bijak dalam berhemat yang santai, dan tidak menyiksa diri sendiri. Dan, dengan menjalankan hidup minimalis, Rekan Bijak dapat membedakan kebutuhan dan keinginan, yang biasanya sulit dibedakan oleh kebanyakan orang.

Baca Juga : 8 Kebiasaan Sederhana untuk Menghemat Pengeluaran Bulanan

Lakukan Self-Reward dengan Wajar

Menyiksa

Sumber : diniequrratuaini.blogspot.com

Ingin berhemat tanpa menyiksa diri? sebaiknya, Rekan Bijak melakukan self-reward atau memanjakan diri sendiri dengan sewajarnya. Tidak bisa dipungkiri, setelah bekerja selama sebulan lamanya terkadang membuat Rekan Bijak lelah, suntuk, dan mengeluarkan berbagai macam perasahaan, serta emosi, kemudian ingin rasanya memanjakan diri sendiri dengan berbagai macam kegiatan, terkadang kegiatan tersebut dapat membuat Rekan Bijak mengeluarkan sejumlah pengeluaran.

Memanjakan diri sendiri memang baik, akan tetapi, Rekan Bijak tetap harus melakukannya dengan wajar. Lakukan self-reward, setidaknya sebulan sekali saja, agar Rekan Bijak dapat merasakan berhemat dengan perasaan yang santai, dan tidak menyiksa diri sendiri.

Baca Juga : 8 Jenis Pemborosan Ini Bisa Diakali dengan Hidup Hemat, loh!

Biasakan Memasak

Menyiksa

Sumber : Grid.id

Hal yang membuat seseorang merasa sengasara saat sedang berhemat yaitu sulit untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang disukai. Untuk itu, agar Rekan Bijak bisa berhemat, tapi tetap bisa mengkonsumsi makanan atau minuman yang disukai, sebaiknya Rekan Bijak biasakan membuat atau memasak dengan sendiri.

Membuat atau memasak sendiri jauh lebih murah, daripada membeli setelah makanan atau minuman yang Rekan Bijak sukai telah jadi. Dengan membuat atau memasak sendiri, Rekan Bijak bisa menyediakan atau mempersiapkan untuk beberapa hari kedepan, dan tentu hal ini, akan membantu Rekan Bijak berhemat dengan santai.

Baca Juga : 6 Strategi Atur Gaji UMR agar Cukup Selama Sebulan

Habiskan Waktu di Rumah

Menyiksa

Sumber : KreditGoGo.com

Cara terakhir yang bisa Rekan Bijak lakukan untuk berhemat dengan tidak menyiksa diri yaitu dengan menghabiskan waktu di rumah. Beberapa orang melakukan berhemat hingga menyiksa diri, karena, mereka tidak betah jika menghabiskan waktu di rumah. Padahal dengan menghabiskan waktu di rumah, Rekan Bijak tentu dapat mengurangi berbagai macam pengeluaran, karena, Rekan Bijak dapat melakukan berbagai macam aktivitas tanpa harus mengeluarkan sejumlah uang.

Baca Juga : 7 Cara Jitu Mengelola Keuangan dari Gaji Bulanan

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan bagaimana cara berhemat tanpa menyiksa diri? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel diatas ya!

Menyiksa

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: