Tips-Tips Keuangan Jadul yang Masih Sangat Relevan sampai Sekarang

Mungkin menurut beberapa orang, jadul itu merupakan sesuatu yang kuno dan tidak perlu dipakai lagi. Pada kenyataannya, ada beberapa hal jadul yang masih dapat dipakai, seperti dalam keuangan. Masih banyak tips jadul dalam keuangan yang masih relevan hingga zaman sekarang.

Tips-Tips Keuangan Jadul yang Masih Sangat Relevan sampai Sekarang

Tips-Tips Keuangan Jadul yang Masih Sangat Relevan sampai Sekarang

Tidak sedikit orang yang meninggalkan kebiasaan yang bisa dikatakan jadul atau kuno, seperti kebiasaan-kebiasaan untuk mandi tidak terlalu malam agar tidak rematik, tidak berdiri di depan pintu agar bisa mendapatkan jodoh, dan lain-lain. Namun, kebiasaan-kebiasaan jadul ini nyatanya tidak berlaku dalam bidang keuangan. Hal ini dikarenakan cara-cara lama dalam pengelolaan uang pada nyatanya mempunyai kesamaan dan terus relevan hingga sekarang, bahkan bisa saja sampai selamanya.

Kebiasaan pengelolaan uang dari zaman dulu tentunya berkaca pada pengalaman yang diperoleh dari kebiasaan nenek-nenek moyang pada zaman dulu, yang merasa pengelolaan keuangannya merupakan suatu keberhasilan dan harus terus diteruskan kepada anak cucunya agar anak cucunya juga ikut berhasil dalam pengelolaan keuangan. Lalu, apa saja tips keuangan jadul yang masih dipakai dan relevan hingga era sekarang walaupun kuno? Simak tips-tipsnya, Rekan Bijak!

Teruslah Menabung Sekecil Apapun Nilainya

jadul

Sumber : Wowkeren.com

Pernahkah kamu mendengar berita di Sleman tentang seorang pria membeli Motor CRF 150 L, atau pun seseorang di Tiongkok membeli sebuah Mobil Lamborghini dengan hanya menggunakan tabungannya yang berisi dengan uang-uang koin? Mungkin bagi beberapa orang, uang koin memang tidaklah terlalu penting, namun pada kenyataannya, uang koin sangatlah penting. Anggaplah kamu mempunyai uang koin senilai Rp 2000,- per hari, dalam waktu sebulan bisa mendapatkan Rp 60.000,-, namun dalam setahun bisa Rp 720.000,-.

Ingat Rekan, uang sekecil apapun, tetap penting, bahkan Rp 100,- sekalipun. Orangtua selalu mengajarkan, bahwa tiap koin yang didapat, dimasukkan ke dalam celengan, agar bisa menumbuhkan kebiasaan menabung. Dengan menabung, Rekan Bijak akan lebih terlatih dalam mengejar suatu impian tertentu dengan cara menabung.

Baca Juga: 5 Tips Ini Membantu Kamu Meningkatkan Kesadaran Menabung!

Investasi Emas

jadul

Sumber : Ekonomi.metrotvnews.com

Orangtua zaman dulu selalu berkata bahwa, “Jika ada uang sisa sedikit, tabunglah untuk membeli emas.” Pada kenyataannya, tips ini selalu dipakai oleh banyak orang, bahkan beberapa orang menggunakan emas sebagai alat tabungannya, karena kecenderungan emas yang hampir pasti nilainya selalu naik dan selalu menguntungkan dalam waktu 10 tahun ke depan, juga pencairan nilainya yang dikatakan cukup mudah.

Dan ya, nilainya yang selalu naik tersebut sekarang ini membuat emas menjadi pertimbangan untuk selalu diinvestasikan, bahkan orang-orang pun sekarang ini hampir pasti membeli emas jika sudah mempunyai uang sisa. Walaupun sekarang sistem internasional sudah tidak memakai emas sebagai standar keuangan internasional, namun nilai emas tetap naik dan permintaannya tetap banyak.

Baca Juga: Simak 6 Keuntungan Investasi Emas yang Menggiurkan!

Lebih Baik Membeli Rumah daripada Menyewa Rumah

jadul

“Kalau bisa, nanti kamu cari pria yang sudah punya rumah sendiri, biar nantinya tidak susah cari rumah lagi.” Biasanya begitulah perkataan seorang ibu yang menyayangi anaknya. Mengapa? Karena ketika sudah mempunyai rumah sebagai tempat tinggal, membuat anaknya tidak perlu susah payah mencari rumah lain untuk tinggal, bahkan tidak perlu lagi untuk menyewa rumah.

Menyewa rumah bisa dikatakan, sangat memberatkan. Mengapa? Karena bisa dikatakan, bahwa bisa dibayangkan nantinya perlu tiap hari untuk membayar sewa rumah tiap bulan atau tiap tahun. Hal ini justru akan merepotkan. Dan berita buruknya, di kota metropolitan seperti Jakarta, rumah akan semakin mahal sehingga orang-orang dari generasi milenial kemungkinan besar akan sulit untuk membeli rumah di Jakarta. Jadi, lebih baik membeli rumah daripada menyewa, karena menyewa hanya akan memberatkan.

Baca Juga: 6 Keuntungan Membeli Rumah Bekas Dibandingkan Rumah Baru

Jangan Gengsi

jadul

Kalau kata Almarhum Bob Sadino, “Bergayalah sesuai dengan isi dompetmu.” Ya, walaupun Almarhum Bob Sadino merupakan orang yang bisa dikatakan lahir di zaman kuno, bahkan waktu era awal Perang Dingin, namun perkataan Bob Sadino ini tidak terbatas oleh waktu. Perkataannya juga merupakan perkataan orang-orang jadul zaman dahulu, dimana mereka lebih mementingkan isi dompet dibandingkan kelihatan “kaya”.

Terbukti, bahwa banyak orang-orang, apalagi pedagang-pedagang toko-toko tertentu, ada saja yang hanya memakai kaus kutang dan celana pendek, ada juga yang bajunya bolong dan memakai celana panjang yang terlihat kotor, namun pada kenyataannya uangnya banyak dan tersimpan dengan baik. Hal itulah yang seharusnya dilakukan oleh orang-orang pada umumnya.

Baca Juga: 7 Perilaku yang Membuat Kemerdekaan Finansial Sulit Terwujud

Bagaimana dengan kamu Rekan Bijak? Tentunya cara-cara jadul ini biasanya terbukti ampuh dalam keuangan dari dulu hingga sekarang, dan kamu pastinya bisa mencoba tips-tips ini agar dapat merawat keuanganmu, hingga tercipta kemerdekaan finansial!

jadul

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: