6 Tips Ini akan Membantu Kamu dalam Memilih KPR Terbaik

Banyak orang sedang fokus mencari rumah, terutama pasangan-pasangan muda. Biasanya, karena keterbatasan dana, ditambah lagi lahan yang sudah sedikit, pasangan-pasangan ini mencari penyewaan rumah atau kamar apartemen. Banyak juga yang memutuskan untuk membeli rumah, dan memakai sistem KPR karena keterbatasan dana.

6 Tips Ini akan Membantu Kamu dalam Memilih KPR Terbaik

6 Tips Ini akan Membantu Kamu dalam Memilih KPR Terbaik

Apakah kamu sedang mencari KPR terbaik untuk kamu pakai saat membeli suatu rumah? Jika ya, maka penting bagi kamu untuk mengetahui strategi-strategi dan tips-tips tertentu dalam mengetahui KPR terbaik untuk kamu pakai. Mengapa mencari KPR terbaik untuk kamu merupakan hal yang penting untuk dilakukan? Karena KPR bersifat cicilan, dan kamu harus melakukan pembayaran dalam jangka waktu yang lama dan kamu harus mengerti dengan kondisi kamu sehingga nantinya tidak akan memberatkan.

KPR pun bermacam-macam dan kamu harus memilihnya dengan berhati-hati. Kamu harus paham, bahwa tidak ada KPR yang paling baik untuk dipakai atau pun KPR yang paling buruk untuk dipakai. Yang ada adalah KPR terbaik yang dapat kamu pakai untuk membeli rumah dan dapat disesuaikan dengan kehidupan kamu sehari-hari. Lalu, bagaimana cara dan tips untuk memilih KPR terbaik untuk diri kamu sendiri dan disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari?

Cari Tahu tentang Pihak Bank dan Produk KPR-nya

kpr terbaik

Sumber : Banjarmasin.tribunnews.com

Pertama-tama, kamu harus tahu selengkap-lengkapnya tentang bank dan produk KPR-nya. Kamu harus mencari semua hal tentang bank tersebut, bahkan jika perlu kamu mencari tentang berita-berita kontroversial dari bank tersebut dan bagaimana pelayanan dari produk KPR-nya. Kamu harus tahu bagaimana pendapat orang-orang pemakai produk KPR sebelumnya dan tahu bagaimana sistemnya.

Kamu dapat mencari hal-hal tersebut dari internet, karena banyak informasi dari internet, sehingga lebih mudah mendapatkan informasi mengenai produk KPR dan bank nya. Kamu juga perlu untuk berdiskusi dan berkonsultasi dengan saudara-saudara kamu atau teman-teman kamu, dan lebih baik kamu berdiskusi dengan kerabat yang sudah pernah menggunakan produk KPR sehingga tahu yang terbaik untuk keadaan kamu.

Mengetahui tentang Sistem Bunga KPR

kpr terbaik

Sumber : Kaltim.tribunnews.com

Sistem bunga KPR merupakan hal kedua yang penting dalam mengetahui KPR terbaik untuk kamu. Ada yang bunganya tinggi namun memberikan banyak keuntungan, namun juga ada yang bunganya rendah, namun keuntungannya tidak banyak. Kamu harus memperhatikan sistem bunga yang paling menguntungkan untuk kamu.

Biasanya, sistem bunga ini akan dipengaruhi 3 metode : Bunga tetap, bunga efektif dan bunga anuitas. Biasanya bank akan memakai bung anuitas karena bunga ini tidak akan mempersulit nasabahnya dalam jangka waktu yang lama karena jumlahnya yang tetap. Dari ketiga metode diatas, kamu harus pintar-pintar menghitung bunga dan tahu bunga apa yang terbaik untuk kamu mencicil.

Pastikan Cicilan Bulanan

kpr terbaik

Sumber : Solo.tribunnews.com

Cicilan merupakan hal penting lainnya sebelum memutuskan untuk mencicil KPR. Pastinya, KPR dengan suku bunga tinggi dan KPR dengan suku bunga rendah mempunyai tingkat waktu cicilan yang berbeda. Perbedaan tersebut adalah seperti KPR dengan suku bunga yang tinggi biasanya mempunyai jangka waktu cicilan yang lebih singkat dibandingkan KPR dengan suku bunga yang rendah.

Sistem cicilan ini usahakan sesuaikan dengan kemampuan kamu membayar cicilan. Jika pendapatan bulanan kamu pas-pasan, ditambah dengan kebutuhan yang makin meningkat, lebih baik kamu membayar cicilan kamu dengan bunga yang rendah namun jangka waktunya panjang. Sebaliknya, jika pendapatan kamu cukup besar dan kamu ingin menyelesaikan cicilan dengan cepat, kamu bisa memilih bunga yang tinggi, namun cicilan berjangka pendek!

Banyak Bertanya

kpr terbaik

Banyak orang berkata bahwa, “Malu bertanya, sesat di jalan.” Ketika kamu malu untuk bertanya banyak hal terhadap pihak kreditur, maka yang terjadi adalah kamu akan tersesat dalam membayar KPR dan hal ini justru akan sangat merugikan kamu, apalagi jika kamu mengambil cicilan yang bersistem jangka panjang dan bisa sampai bertahun-tahun.

Banyak orang yang karena kekurangan informasi dalam mencari KPR, dan akhirnya salah memilih KPR karena kurangnya bertanya sehingga mendapatkan informasi yang tidak terlalu banyak. Hal itu hanya akan menjadi kerugian untuk orang-orang yang tidak banyak bertanya. Sebaliknya, jika kamu memutuskan untuk “cerewet” sebelum menentukan KPR, kamu akan mendapatkan produk KPR terbaik untuk kamu karena kamu berhasil mendapatkan produk KPR terbaik untuk kamu sendiri.

Perhatikan Kemampuan Membayar

kpr terbaik

Sumber : Islamidia.com

Kemampuan membayar merupakan hal penting selanjutnya untuk kamu menentukan KPR terbaik. Mengapa? Karena kemampuan membayar kamu akan sangat diuji ketika kamu akan membayar KPR bulanan. Dan ingat, kamu mempunyai banyak kebutuhan dan kamu harus mampu menyeimbangkan KPR bulanan kamu dengan kebutuhan kamu sehari-hari.

Kamu juga harus ingat, bahwa dalam menyeimbangkan KPR, kamu juga harus mengetahui persentase dari pendapatan kamu untuk kamu bayar kepada pihak kreditur. Dan ingat, bahwa maksimal persentase untuk kamu membayar KPR kamu adalah 30%, dan sebisa mungkin kurang dari 30%.

Banyak Berdoa

kpr terbaik

Sumber : kaskus.co.id

Apapun agama kamu, ingatlah, berdoa adalah hal terakhir sebelum kamu melakukan pemakaian produk KPR. Mengapa? Karena hanya dengan kekuatan Tuhan lah kamu bisa menentukan KPR terbaik untuk kehidupan kamu. Tuhan akan membantu dan menyertai kamu ketika kamu menentukan KPR.

Bagaimana, Rekan Bijak? Apakah kamu tertarik untuk memakai produk KPR? Sekali lagi, sebelum kamu memakai sebuah produk KPR, sebaiknya kamu memakai tips-tips yang ada agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Jika kamu memang akan memakai produk KPR, pastikan kamu tidak akan menyesal, Rekan Bijak!

kpr terbaik

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: