4 Tips Mengajarkan Berbisnis sejak Dini kepada Anak

Bisnis, bisnis adalah suatu hal dimana seseorang menjual barang atau jasa kepada orang lain. Berbisnis mempunyai keuntungan yang akan di dapatkan, mulai dari keuntungan secara materi berupa uang, bahkan sampai keuntungan lainnya seperti pengetahuan dan teman baru.

4 Tips Mengajarkan Berbisnis sejak Dini kepada Anak

4 Tips Mengajarkan Berbisnis sejak Dini kepada Anak

Anak-anak dapat menerima berbagai hal dengan cepat. Mengajarkan anak tidak harus selalu tentang pelajaran-pelajaran utama yang akan sangat berpengaruh terhadap pendidikan anak di sekolah, tetapi, Rekan Bijak dapat mengajarkan anak untuk memulai berbisnis.

Rekan Bijak mungkin berpikir, untuk apa anak-anak berbisnis? Padahal dengan mengajarkan berbisnis kepada anak-anak sejak dini merupakan hal yang bagus. Anak-anak akan mengerti bahwa mencari uang itu sulit, sehingga, anak-anak akan menghargai uang yang di dapatkan. Tidak bisa dipungkiri, jika, berbisnis cenderung dilakukan oleh orang-orang yang sudah mempunyai modal, akan tetapi, berbisnis dapat juga dilakukan oleh anak-anak.

Ada berbagai jenis bisnis yang dapat anak-anak lakukan, tetapi, sebelum memulai berbisnis, alangkah lebih baik, jika Rekan Bijak mengajarkan terlebih dahulu mengenai bagaimana cara untuk memulai bisnis. Lalu, bagaimana cara mengajarkan anak-anak untuk memulai bisnis?

Diskusi dengan Anak

Mengajarkan

Sumber : liveolive.com

Cara berbisnis untuk anak, Rekan Bijak dapat memulai dengan mengajak anak berdiskusi, mulailah dengan memberitahu mengenai apa itu bisnis, kemudian, jika anak sudah mengerti mengenai bisnis, Rekan Bijak mulai bertanya apakah anak tertarik untuk berbisnis. Selanjutnya, jika anak Rekan Bijak tertarik atau berpikir untuk berbisnis, maka, Rekan Bijak tanyakan mengenai bisnis apa yang akan dimulai, jika memang anak masih bingung ingin mulai berbisnis apa, Rekan Bijak dapat bantu dengan memberikan masukan yang sekiranya sesuai dengan minat anak.

Rekan Bijak dapat berikan masukan berbisnis untuk anak yang mudah saja, seperti menjual aksesoris. Rekan Bijak dapat melakukan diskusi dengan anak secara perlahan dan disaat waktu senggang agar anak-anak dapat mengerti. Dan ingatkan bisnis untuk anak dapat menambah uang saku mereka, sehingga, dengan begitu anak-anak akan berpikir bahwa berbisnis itu menyenangkan.

Memberikan Modal

Mengajarkan

Sumber : Squilio.com

Rekan Bijak dapat memberikan modal kepada anak, modal yang dimaksud disini yaitu bisa berupa uang tapi tetap diawasi oleh Rekan Bijak, bisa juga berupa barang yang akan anak jual. Modal yang Rekan Bijak kasih tidak perlu terlalu banyak, sesuaikan saja dengan keinginan anak akan menjual barang kepada siapa.

Dengan memberikan modal kepada anak, Rekan Bijak dapat mengajarkan anak bagaimana cara mengelola uang yang telah dikasih dan bukan digunakan untuk dibelikan barang yang akan dikonsumsi oleh anak, melainkan, digunakan untuk mengelola kembali uang yang telah didapatkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dari uang yang telah anak dapat.

Membuat Tim

Mengajaran

Sumber : nakita.grid.id

Membuat tim yang dimaksud adalah mengumpulkan beberapa orang yang akan berkerja sama dengan anak, karena, di dalam berbisnis tidak bisa berdiri sendiri, jadi Rekan Bijak bantulah anak untuk membuat tim agar bisnis anak berjalan. Tim yang harus dibuat tidak perlu terlalu banyak orang, mulailah dulu dengan orang-orang terdekat oleh anak, seperti, Rekan Bijak dengan pasangan.

Dengan dibuatnya tim, maka anak akan bisa menghadapi masalah-masalah yang ada karena akan ada orang yang membantu anak dalam memecahkan masalah dalam berbisnis. Membuat tim juga akan menambah pengalaman anak dalam berkomunikasi yang baik dengan orang-orang yang membantu anak berbisnis dan juga membantu anak untuk menghargai orang lain.

Mengajak ke Tempat Bisnis

Mengajarkan

Sumber : kanya.ID

Ajak anak-anak ke tempat bisnis berguna untuk anak agar mengerti proses berbisnis secara nyata, karena, dengan mengajak anak langsung ke tempat bisnis maka anak tidak perlu berimajinasi. Rekan Bijak dapat ajak anak ke tempat bisnis seperti kantor Rekan Bijak atau swalayan. Ketika anak melihat langsung secara nyata tempat bisnis, maka anak akan mempelajari secara langsung apa saja yang biasa dilakukan di tempat bisnis, dan ketika, Rekan Bijak mengajak anak ke tempat bisnis, ajarkan anak mengenai kegiatan apa saja yang biasa dilakukan di tempat bisnis agar anak dapat memilah informasi apa saja yang diperlukan untuk anak memulai berbisnis.

Nah, Rekan Bijak, sudah tidak bingung lagi mengajarkan bisnis kepada anak-anak kan? Jika masih bingung, Rekan Bijak dapat mengikuti beberapa cara yang telah dijelaskan diatas ya!

Mengajarkan

 

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: