Kamar Minimalis dan Kecil? Inilah Tips untuk Mengaturnya!

Apakah kamu merasa kamarmu kecil dan minimalis, sehingga ketika berantakan saja sedikit, kamar tersebut menjadi terlihat berantakan? Jika iya, maka kamu memerlukan beberapa tips agar kamar minimalis kamu terlihat lebih baik dan berasa lebih luas.

Kamar Minimalis dan Kecil? Inilah Tips untuk Mengaturnya!

Kamar Minimalis dan Kecil? Inilah Tips untuk Mengaturnya!

Apakah Rekan Bijak tinggal di suatu kamar yang bisa di katakan, sebuah kamar minimalis? Kamar minimalis bisa dikatakan sebagai sebuah kamar yang kecil. Sudah seharusnya jika kamu mempunyai sebuah kamar yang kecil dan minimalis, kamu harus mempunyai penataan kamar yang baik agar enak dipandang. Biasanya, kamar minimalis ini berbicara tentang kamar tidur. Kamar tidur yang minimalis itu penting untuk ditata, karena kerapihan dari kamar tersebut dan efektivitas dari barang-barang yang diletakkan di kamar tersebut akan mempengaruhi kamarmu secara keseluruhan.

Kamar yang minimalis ini sangatlah dibutuhkan dengan penataan yang baik dan benar. Dengan penataan yang baik dan benar, ditambah dengan cara-cara yang baik agar kamar minimalis ini bisa lebih teratur dan lebih enak ditinggali, tentunya dibutuhkan beberapa tips-tips sederhana untuk mengubah kamar minimalis tersebut. Lalu, apa sajakah tipsnya?

Furnitur yang Ideal

kamar minimalis

Sumber : elizato.com

Furnitur yang ideal dimaksudkan disini adalah furnitur-furnitur yang tidak memakan tempat, sekaligus cocok dengan keadaan ruanganmu. Jika kamarmu sangat besar, tentunya furnitur-furnitur yang banyak, ditambah dengan barang-barang yang besar pastinya bukanlah suatu masalah yang besar. Namun, apa yang terjadi jika kamar tidur yang ada minimalis dan kecil?

Sudah seharusnya, jika kamu mempunyai sebuah kamar tidur yang minimalis, sangat disarankan kamu membeli furnitur-furnitur yang tidak terlalu banyak dan yang penting-penting saja, juga furnitur yang tidak terlalu besar, ditambah dengan jika bisa, maksimalisasi ruang kosong yang ada di dalam kamar.

Pencahayaan dari Jendela yang Baik

kamar minimalis

Sumber : Homedit.com

Percayalah, pencahayaan dari jendela akan membuat suasana kamarmu lebih baik. Mengapa? Karena dengan adanya jendela, kamu bisa juga melihat pemandangan di luar kamar kamu. Ditambah lagi, kamu juga bisa menerima cahaya matahari pagi yang dikenal menyehatkan.

Cahaya matahari bisa membantu kamarmu menjadi terlihat lebih besar, jika kamarmu kecil dan minimalis. Dengan cahaya matahari, kamarmu akan terlihat seperti meluas. Ditambah, jika perlu kamu memakai lampu yang pencahayaannya tidak terlalu terang agar tidak terlihat sempit.

Floating Table

kamar minimalis

Sumber : Houzz.com

Seringkali, meja, terutama meja belajar, membuat suatu kamar yang sebenarnya minimalis, menjadi terlihat sempit akibat dari meja tersebut. Lebih baik, kamu mempunyai sebuah floating table atau meja yang melayang dan biasanya ditaruh dengan ditempelkan kepada tembok. Dengan adanya meja melayang ini, tentunya tidak ada lagi kaki meja yang biasanya mempersempit ruang kamar minimalis.

Floating table ini, jika perlu hanya menjadi tempat untuk menaruh barang-barang yang penting seperti jam atau pun pensil dan pulpen, dan jangan dijadikan meja belajar karena ditakutkan bisa lepas, kecuali memang floating table tersebut kuat dalam menahan beban tangan.

Tempat Penyimpanan Tersembunyi yang Kreatif

kamar minimalis

Sumber : Zeitraum-moebel.de

Sekecil apapun tempat persembunyian barang-barang, untuk sebuah kamar minimalis adalah hal yang penting dan sangat dianjurkan. Mengapa? Karena selain bisa menyembunyikan barang-barang yang rahasia, juga bisa menjadi tempat penyimpanan barang-barang yang mungkin tidak kita pakai, namun kita tetap ingin menyimpannya. Oleh karena itu, tempat penyimpanan yang rahasia ini sering dipunyai oleh beberapa orang.

Tempat penyimpanan rahasia ini tidak harus selalu diatas meja atau pun di dalam lemari. Di tempat tidur, jika tempat tidurmu ada lemari tersembunyi, bisa saja lemari tersebut dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang tertentu, yang seringkali tidak disadari orang-orang.

Memanfaatkan Dinding

kamar minimalis

Sumber : Contemporist.com

Pemanfaatan dinding untuk sebuah kamar minimalis adalah sebuah langkah yang baik dan bijak, dan mungkin diharuskan. Sebuah kamar minimalis akan sangatlah membantu. Mengapa? Karena dinding tidak akan mempersempit kamarmu, dan furnitur-furnitur seperti lemari atau pun meja, jika bisa ditempelkan ke dinding, akan membantu memperluas kamarmu.

Pemanfaatan tembok juga bisa dimulai dengan memasang foto-foto di tembok dan tidak perlu memasang foto di meja, karena hanya akan mempersempit wilayah meja. Foto-foto juga akan mempercantik kamar minimalis kamu!

Pemasangan Tirai

kamar minimalis

Sumber : Dekoruma.com

Percayalah, pemasangan tirai untuk sebuah kamar minimalis merupakan suatu hal yang sangat penting. Mengapa? Sekarang ini, banyak tirai jendela yang kainnya berbahan tebal. Dengan kain yang berbahan tebal ini, membuat kain terlihat lebih berat. Dengan begitu, tirai jendela yang berbahan tebal tidak akan cocok untuk sebuah kamar yang minimalis.

Lebih baik, jika kamar minimalis kamu mempunyai tirai jendela yang tidak berbahan tebal, melainkan bahan yang tipis dan enak untuk dipandang, dengan ditambah warna yang enak untuk dipandang, seperti warna-warna palet.

Jika Perlu, Tempat Tidur Lipat

kamar minimalis

Sumber : tribunnews.com

Sekarang ini, ada yang dinamakan dengan tempat tidur lipat. Mungkin beberapa di antara kamu kurang tahu tentang tempat tidur lipat ini. Jadi, tempat tidur lipat ini memang didesain untuk kamar-kamar minimalis. Tempat tidur lipat ini, atau biasa disebut dengan wall bed, adalah salah satu inovasi untuk membuat orang-orang lebih bisa memaksimalkan ruang di kamarnya yang kecil.

Bahkan biasanya, dalam satu wall bed, selain ada tempat tidur, ada juga yang memasang meja, sofa hingga kursi sekalipun saking memaksimalkan ruang yang ada. Tertarik untuk membelinya?

Motif Bergaris di Dinding

kamar minimalis

Sumber : fixitchick.org

Percayalah, dengan motif bergaris-garis, secara tidak langsung akan membantu kamu dalam upaya membuat sebuah “ilusi” untuk melihat betapa luas kamarmu, walaupun pada kenyataannya, kamarmu cukup kecil dan minimalis. Dengan adanya garis-garis, apapun itu, baik motif garis-garis di dinding, atau pun motif garis-garis di karpet dan kasur, pastinya akan membantu kamar minimalis kamu.

Jika perlu, jika kamu sudah punya kamar yang sulit untuk diutak-atik, kamu dapat memulainya dengan membeli karpet yang bermotif garis-garis, lalu mengubah kasur kamu menjadi motif garis-garis.

Memakai Cermin agar Terlihat Besar

kamar minimalis

Sumber : Home-designing.com

Cermin selain berfungsi untuk orang-orang yang melihat dirinya sendiri sudah rapi atau belum, juga bisa dipakai untuk membuat kamar terlihat lebih luas. Trik memakai cermin ini sudah dipakai selama berabad-abad. Dengan cermin, ada sebuah ilusi optik yang membuat seseorang ketika melihat kamarnya, menjadi terlihat lebih luas daripada sebelum-sebelumnya, dan membuat nyaman seseorang.

Mungkin untuk kamu yang ingin mempunyai sebuah kamar yang terlihat luas, dapat memakai trik ini. Cermin pun bisa kamu taruh dimana pun, baik ditempel di tembok, ditempel di lemari, dan lain-lain.

Nah, Rekan Bijak, jika kamarmu minimalis, mungkin sudah saatnya kamu melakukan tips-tips sederhana yang ada diatas, namun dapat memberikan perubahan yang luar biasa pada kamarmu!

kamar minimalis

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: