7 Tips dalam Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Di era digital ini, sebuah bisnis harus terus mengikuti perkembangan zaman. Apapun harus dipelajari, demi tidak ketinggalan zaman. Jika ketinggalan zaman, penjualan pun bisa turun, bahkan bisa tutup. Namun, ada tips-tips demi berkembangnya bisnis yang ada di era digital ini.

7 Tips dalam Mengembangkan Bisnis di Era Digital

7 Tips dalam Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Zaman sudah berubah, dan kini kita berada di suatu era yang dinamakan sebagai era digital. Era digital adalah sebuah era yang mengoptimalkan internet sebagai teknologi yang sangat penting. Era ini juga seringkali disebut sebagai era internet. Di dalam era internet ini, adalah hal yang sangat penting untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan selalu update dalam segala sesuatu.

Hal itu juga termasuk dalam dunia berbisnis. Ketika kamu mempunyai sebuah bisnis, sudah sepatutnya untuk kamu segera mengembangkan bisnis kamu secara digital, dari yang sebelumnya hanya berbentuk konvensional. Lalu, apa sajakah tips yang baik untuk bisnis kamu di era digital ini?

Pelajari Digital Marketing

digital

Zaman sekarang ini, ilmu marketing konvensional sudah tidak terlalu terpakai, dan yang sekarang lebih terpakai adalah ilmu marketing digital. Mengapa? Karena ilmu marketing ini merupakan ilmu marketing yang bisa dikatakan paling update daripada ilmu marketing lainnya. Walaupun marketing yang konvensional masih diperlukan, namun butuh update dan tetap fokus kepada ilmu marketing yang lebih terfokus kepada internet dan teknologi.

Lebih lagi, sekarang ini orang-orang lebih berfokus kepada ilmu-ilmu marketing yang baru seperti copywriting atau pun content writing. Hal ini penting, karena ilmu-ilmu ini berkaitan erat dengan bisnis di era internet dan teknologi ini. Orang-orang akan lebih akan dekat kepada marketing yang berada di internet dibandingkan marketing yang masih konvensional.

Manfaatkan Influencer

digital

Sekarang ini banyak sekali influencer yang tersebar di media sosial, terutama influencer yang berada di Instagram. Tidak menutup kemungkinan juga, influencer berasal dari Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya, namun yang paling baik adalah influencer asal Instagram dan Youtube. Hal ini diakibatkan karena banyaknya pengguna, terutama generasi milenial dan generasi Z yang sering memainkan Instagram dan Youtube.

Tentunya, dengan adanya influencer, bisnis tiap pengusaha pun menjadi lebih mudah. Pasalnya, produk bisnisnya pastinya dipromosikan dan bisnisnya pun pastinya akan lebih lancar dengan adanya influencer. Untuk kamu yang berbisnis, pakailah para influencer! Karena mereka penting untuk kemajuan bisnis kamu!

Mempercantik Tampilan Media Sosial

digital

Mempercantik feed media sosial juga salah satu tips agar bisnis kamu di era digital ini bisa lebih ramai dan berkembang. Mengapa? Karena orang-orang lebih tertarik dengan tampilan luar yang indah, rapi dan mudah untuk dicerna, dibandingkan tampilan luar yang berantakan, terkesan asal-asalan dan tidak mudah untuk dibaca. Oleh karena itu, mempercantik feed media sosial itu penting.

Feed dalam media sosial bukan hanya untuk Instagram, yang dengan cara mempublikasikan foto-foto terbaik, namun juga di Facebook, dimana kamu promosi sekaligus merapikan album-album agar orang bisa melihat foto produk kamu dengan lebih mudah. Atau pun kamu juga dapat promosi di Twitter, dengan memakai kata-kata yang mudah dicerna dan juga membuat akun Twitter produkmu lebih eye-catching.

Memakai Bantuan Google

digital

Memakai bantuan Google adalah salah satu cara untuk mengembangkan bisnismu. Google adalah wadah yang sangat penting dalam mengembangkan bisnismu, pasalnya semua orang memakai Google, dan bahkan untuk promosi pun, memakai Google adalah hal yang sangat penting. Bahkan, Google sudah mempunyai platform khusus untuk bisnis, yakni Google Business.

Banyak platform yang diberikan Google untuk mengembangkan dan mempromosikan bisnis. Mulai dari Google Ads, Google Trends hingga Google Plus. Belum lagi yang lainnya. Jadi, jika kamu ingin mengembangkan bisnismu, kamu sudah harus bisa mempromosikan bisnismu lewat Google!

Desain yang Menarik dan Konsisten

digital

Mungkin dahulu orang berkata bahwa, “Jangan tertipu oleh penampilan luar.” Namun percaya atau tidak, penampilan luar adalah hal yang sangat penting sebelum seseorang membeli suatu hal. Karena dengan adanya penampilan dari luar itu, orang-orang mempunyai impresi pertamanya dan jika impresi pertamanya sudah baik, orang akan semakin tertarik untuk membeli.

Begitu juga sebaliknya, jika impresi pertama sudah buruk, pastinya akan terus buruk. Di era digital ini, merupakan hal yang penting untuk mempunyai desain yang baik, inovatif dan mungkin, sedikit berwarna, dan harus konsisten dengan produk yang dijual. Pada intinya, desain yang ada harus mengikuti popularitas yang ada.

Memahami Perilaku Konsumen

digital

Perilaku konsumen di era ini juga harus diketahui. Mengapa? Perilaku konsumen sangatlah penting ketika kamu akan berjualan suatu produk. Perilaku konsumen didorong oleh suatu hal yang sedang populer, dan bisnismu pun harus mengikuti arah popularitas tersebut. Jika tidak, maka bersiaplah adanya proses regresif dalam bisnismu, dan harus segera dihindari.

Ingat, produkmu, walaupun mungkin berbeda dengan apa yang sedang populer, namun mengikuti popularitas yang ada dengan cara apapun, akan membuat produkmu terus mengikuti perkembangan zaman. Bukan hanya manusia yang harus gaul, namun di zaman ini, produk bisnismu pun harus ikut gaul.

Mempunyai Inovasi Lebih

digital

Mempunyai inovasi lebih adalah hal lain yang penting. Mempunyai inovasi dan ide merupakan hal yang sangat penting, karena jika mempunyai inovasi dan ide yang lebih, kamu akan lebih siap dalam menghadapi zaman yang terus berkembang. Itulah sebabnya Youtube membuka Live Video dan mempunyai fitur-fitur yang tidak ada sebelumnya, Instagram membuka fitur story dan IG TV, agar mereka tidak tergerus dalam perkembangan zaman.

Bisnis-bisnis yang gagal mengikuti perkembangan zaman akan ditinggal dengan sendirinya. Contohnya adalah Friendster, yang “dihancurkan” dengan kehadiran Facebook dan Twitter, atau pun Path yang beberapa saat lalu juga ikut tutup akibat banyaknya aplikasi yang sudah mempunyai fitur yang seperti Path dan lebih baik.

Di era digital ini, bisnis yang Rekan Bijak punya harus tetap berkembang dan mengikuti arah popularitas, tanpa harus menghapus inti dari produk yang Rekan jual. Ingat Rekan Bijak, di era digital ini, segala sesuatu harus terus update dengan teknologi yang paling baru!

digital

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: