6 Tips Menghilangkan Rasa Takut saat Mulai Berbisnis

Rasa takut dalam memulai sebuah bisnis merupakan hal yang sebenarnya lumrah, namun bukan berarti harus dibiarkan. Rasa takut harus dihadapi, dan tentunya ada cara-cara untuk bisa menghadapi rasa takut tersebut, terutama dalam memulai sebuah bisnis.

6 Tips Menghilangkan Rasa Takut saat Mulai Berbisnis

6 Tips Menghilangkan Rasa Takut saat Mulai Berbisnis

Setiap orang pasti mempunyai rasa takut tersendiri. Rasa takut memang muncul, terutama ketika memulai sesuatu yang baru, dan hal itu adalah hal normal dan terjadi pada hampir semua manusia yang ada. Ketakutan memang muncul karena manusia mempunyai senyawa kimia yang akan melepaskan rasa takut ke seluruh tubuh. Sehingga dengan hal seperti ini, hal ini sudah normal. Namun, apa yang terjadi jika kamu mempunyai rasa takut dalam menjalani sebuah bisnis?

Ketakutan ini tidak hanya muncul di satu sampai dua orang, namun hampir seluruh pengusaha pasti pernah mengalami ketakutan, bahkan ketakutannya pun bisa jadi muncul dari paling awal ketika memutuskan untuk berbisnis. Namun, tetap saja ada banyak cara untuk menghadapi rasa takut tersebut. Bagaimana tips dalam menghadapi ketakutan ketika mulai berbisnis?

Introspeksi Diri

rasa takut

Introspeksi diri merupakan hal paling pertama yang terpenting. Mengapa introspeksi diri itu termasuk penting dan harus dilaksanakan? Karena dengan mengintrospeksi diri, kamu akan tau tentang takaran dan standar kekuatan kamu. Ketika kamu tahu akan takaran diri kamu, kamu akan lebih mengetahui sejauh mana kemampuan dan kelemahan kamu sehingga kamu akan lebih mampu menghadapi masalah-masalah.

Dalam memulai sebuah bisnis, pastinya kamu akan menghadapi rasa takut tersebut, namun jika kamu sudah mengetahui diri kamu dengan baik, maka ketika kamu menghadapi ketakutan saat memulai bisnis, kamu bisa menghadapinya dengan cara-cara yang memang cocok untuk kamu.

Mencari Koneksi

rasa takut

Dengan mencari koneksi, hal ini merupakan salah satu cara dalam menghadapi ketakutan. Bagaimana caranya bisa-bisanya mencari koneksi adalah jawaban dalam melawan ketakutan? Karena dengan adanya koneksi, bisa jadi koneksi tersebut bisa mempermudah bisnis kamu dengan banyak cara, seperti mungkin saja koneksi yang kamu dapatkan adalah seorang motivator terkenal, seorang pengusaha yang sudah berpengalaman, atau pun distributor yang berhubungan dengan barang kamu dan dijual murah.

Mencari koneksi tentunya merupakan hal yang tidak begitu mudah, namun juga tidak sulit. Dengan catatan kamu harus berani berkenalan dengan orang-orang, sering-sering bepergian dan berkenalan dengan orang-orang, akan membuat kamu mendapatkan banyak koneksi.

Belajar dari Para Pengusaha Sukses

rasa takut

Belajar dari seorang pengusaha sukses adalah suatu hal yang mungkin sangatlah penting untuk orang-orang yang memang ingin berfokus untuk mendirikan sebuah bisnis. Belajar dari pengalaman orang-orang yang sudah sukses dalam mendirikan suatu usaha, berarti telah berjalan satu langkah menuju kesuksesan dan telah mempelajari do’s dan don’ts dalam dunia bisnis. Dan tentunya, belajar dari para pengusaha sukses akan membantu kamu dalam menentukan arah bisnis kamu.

Dengan belajar dari pengusaha sukses pula, kamu juga bisa termotivasi dengan segala perjuangan yang ia telah ceritakan. Hal ini penting untuk kamu menghadapi rasa takut saat memulai sebuah bisnis. Kamu bisa mendapatkan cerita-cerita dari para pengusaha sukses tersebut dari buku-buku biografi para pengusaha, ajaran-ajaran para pengusaha yang tertuang lewat sebuah buku atau artikel, atau pun juga bisa secara langsung seperti dalam seminar atau pun talkshow.

Tidak Perlu Terlalu Memikirkan Komentar Orang Lain

rasa takut

Memang, sebagai seseorang yang baru buka usaha, kamu harus mendengarkan saran orang lain, hingga kritik dari orang lain. Namun, ada saatnya kamu harus menjadi seseorang yang keras kepala dan tidak mempedulikan komentar-komentar negatif dari orang lain. Keras kepala tersebut memang terkadang menjadi suatu hal yang dapat membebani, namun di sisi lain bisa menjadi suatu hal yang menguntungkan.

Ingatlah, komentar negatif dari orang lain, memang bisa menjadi suatu saran yang positif, namun komentar-komentar negatif tersebut tidak perlu kamu pedulikan, apalagi jika komentar tersebut datang dari seseorang yang memang tidak berada dalam posisi kamu sebagai seseorang yang baru memulai bisnis. Lebih baik, kamu dengarkan komentar-komentar dari orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bisnis, dan lebih berpengalaman daripada kamu.

Memikirkan tentang Kesuksesan dan Nikmati Prosesnya

rasa takut

Memikirkan tentang kesuksesan akan sangatlah memotivasi kamu dan akan memberanikan kamu dalam menghadapi segala rasa takut yang ada, bahkan jikalau kegagalan mampir sekalipun, kamu akan tetap berjuang karena kamu memikirkan tentang kesuksesan. Walau kamu gagal beberapa kali, hingga terkena masalah beberapa kali, kamu akan terus berjuang karena kamu akan memikirkan segala hal positif yang ada jika kamu berhasil.

Dengan begitu, kamu akan menikmati proses dalam menjadi seseorang yang sukses. Dengan menikmati proses yang ada, kamu akan lebih berani dalam menghadapi ketakutan ketika memulai sebuah bisnis. Dengan begitu, masalah rasa takut memulai bisnis bisa dihadapi dengan tenang.

Mempersiapkan Bisnis dengan Baik

rasa takut

Persiapan bisnis dengan baik sama saja ketika kamu menghadapi rasa canggung ketika kamu harus melakukan public speaking di atas mimbar. Kamu butuh berkali-kali melakukan pidato atau presentasi saat latihan agar bisa mengatasi rasa canggung ketika melakukan public speaking, agar hasilnya pun baik. Persiapan bisnis pun juga harus seperti itu. Dalam mempersiapkan bisnis, harus sudah ada rencana-rencana yang benar-benar siap.

Dengan adanya rencana dalam bisnis yang sudah siap, dengan bentuk bisnis yang jelas, akan membuat kamu dapat menghadapi rasa takut dalam berbisnis, karena kamu akan mempunyai banyak rencana. Jika satu rencana bisnis gagal, masih ada rencana lainnya. Hal itu akan membuat kamu lebih siap dalam menghadapi rasa takut.

Nah, Rekan Bijak, jika kamu memutuskan untuk memulai suatu bisnis namun kamu takut, kamu dapat menggunakan keenam tips ini agar kamu bisa sesegera mungkin mendirikan bisnis kamu sendiri! Nah, jika kamu masih belum mempunyai modal yang cukup, Danabijak menyediakan sejumlah dana untuk kamu pinjam untuk membangun bisnis. Dengan bunga yang rendah, ditambah lagi dengan kemudahan dalam pinjaman dana tersebut, Danabijak merupakan wadah pinjaman dana untuk bisnis yang tepat untuk kamu!

rasa takut

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: