5 Tips Ini Membantu Kamu Meningkatkan Kesadaran Menabung!

Banyak orang, terutama generasi milenial, tidak terlalu mementingkan menabung. Mengapa? Karena mereka lebih cenderung mengikuti tren yang ada ketimbang menabung. Mengikuti tren yang ada membuat mereka lebih boros dan tidak mempunyai kesadaran menabung, sehingga butuh motivasi untuk menabung. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan kesadaran untuk menabung?

5 Tips Ini Membantu Kamu Meningkatkan Kesadaran Menabung!

5 Tips Ini Membantu Kamu Meningkatkan Kesadaran Menabung!

Rekan Bijak, apakah kamu salah satu orang yang sulit meningkatkan kesadaran menabung dan merasa sering mengambil uang dari tabungan dan tidak terasa, uang dari tabungan pun mulai habis? Berarti sudah saatnya kamu meningkatkan kesadaran untuk menabung, dan hal ini penting! Mengapa? Karena menabung berkaitan dengan masa depan, dan jika kamu tidak ada tabungan, bagaimana dengan jika sesuatu yang urgen dan membutuhkan uang yang banyak? Atau pun bagaimana dengan hari tuamu?

Menabung tentunya mempunyai banyak hal positif. Selain penting untuk sesuatu yang urgen, kegiatan menabung juga dapat memperbaiki sistem keuangan yang kamu miliki. Tentunya, dengan adanya kegiatan menabung, pastinya akan sangat membantu kamu di masa depan nantinya. Lalu, jika penting, kamu juga memerlukan kesadaran pentingnya menabung. Lalu, bagaimana cara agar meningkatkan kesadaran pentingnya menabung? Simak, Rekan Bijak!

Kemampuan Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

kesadaran

Sumber : Ekonomi.kompas.com

Kemampuan untuk membedakan kebutuhan dan keinginan adalah kemampuan yang mungkin seharusnya dipunyai oleh semua orang. Pasalnya, biasanya orang dikalahkan oleh keinginan sehingga kebutuhan-kebutuhan yang harusnya terpenuhi, menjadi tidak terpenuhi karena menginginkan sesuatu yang dianggap hobinya, sehingga kebutuhan pun diabaikan.

Karena pengabaian terhadap kebutuhan tersebut, orang pun menjadi lebih memilih untuk berutang terlebih dahulu, biasanya memakai kartu kredit atau pun berutang kepada kerabat dekat atau teman. Hal ini merupakan pola pikir yang salah dan merupakan sifat dan sikap yang harus ditinggalkan.

Kemampuan dalam membedakan keinginan dan kebutuhan pun juga diperlukan ketika menabung. Menabung merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk masa depan, dan jika kamu mempunyai kemampuan untuk membedakan keinginan dan kebutuhan, pastinya kesadaran kamu untuk menabung akan meningkat.

Mengecek Pengeluaran Berulang Kali

kesadaran

Sumber : Duniamahasiswasukses.blogspot.com

Apakah Rekan Bijak ketika mengecek isi dompet dan rekening, dan tiba-tiba uang pun menjadi menipis, ada perasaan gelisah dan takut akibat uang yang menjadi sedikit? Ketika kamu merasa uang kamu menjadi sedikit dan isi dompet kamu pun menipis, kamu akan merasa gelisah karena ketakutan akibat uang yang sedikit padahal belum mendapatkan pendapatan bulanan. Uang tersebut menjadi sedikit tanpa kamu sadari karena kamu jarang mengecek pengeluaran kamu, padahal hal ini penting, untuk kamu menabung.

Kamu harus terus mengecek uang yang kamu punya, dan kamu juga harus mempunyai pemikiran jangka waktu panjang. Ketika kamu mengeluarkan uang untuk suatu benda atau pun jasa, apakah uang kamu akan cukup untuk beberapa hari ke depan. Atau, kamu juga dapat membuat perhitungan anggaran dalam mengeluarkan uang, agar kamu dapat mengontrol keuangan kamu, sekaligus dapat mengalokasikan uang untuk kamu tabung. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan kesadaran kamu untuk menabung, dan kamu masih bisa mendapatkan sisa uang yang dapat kamu tabung.

Fokus Kebebasan Finansial

kesadaran

Sumber : Ekbis.sindonews.com

Apakah kamu ingin terbebas dari masalah finansial? Menabung adalah salah satu solusinya. Mengapa? Secara umum, orang-orang mendefinisikan kebebasan finansial sebagai terbebas dari masalah pinjam meminjam dan berutang kepada bank atau pihak kreditur. Hal itu berarti orang-orang mempunyai uang yang cukup untuk membeli rumah tanpa menyewa, atau pun membeli mobil tanpa perlu kredit, dan membayarnya secara cash.

Tentunya hal ini merupakan impian banyak orang, namun banyak orang yang gagal mewujudkannya karena hal-hal seperti terlalu boros dan mengikuti tren zaman sekarang, yang justru membuat orang-orang menjadi tidak jadi menabung. Hal itu akan terus berlanjut hingga tua, sehingga orang-orang pun malah kesusahan ketika di masa tua dan mengandalkan anaknya untuk memberi uang.

Hal ini tentunya membuka pikiran tentang pentingnya menabung. Dengan memfokuskan diri kepada kebebasan finansial, kamu akan lebih fokus untuk menabung, dan kamu akan memotong pendapatan kamu untuk hal-hal yang bersifat hanya sekedar keinginan. Oleh karena itu, kamu harus mulai mencoba untuk memfokuskan kepada menabung!

Mempunyai Target dan Tujuan untuk Menabung

kesadaran

Sumber : Devenews.com

Mempunyai target dan tujuan untuk menabung akan sangat membantu kamu dalam meningkatkan kesadaran menabung. Mengapa? Karena dengan adanya target dan tujuan untuk menabung akan membuat kamu lebih termotivasi untuk menabung. Misalkan, kamu mempunyai target untuk mempunyai sebuah mobil dengan harga Rp 200 juta dalam 2 tahun, namun kamu tidak memiliki uangnya, kamu akan fokus untuk menabung dengan serius.

Dengan target mempunyai mobil tersebut, kamu juga pastinya akan fokus untuk menabung lebih, karena kamu tentunya juga harus menghitung uang pajak, uang bensin, uang perawatan mobil, dan lain-lain, sehingga kamu akan fokus untuk mempunyai tabungan yang besar lebih dari Rp 200 juta. Mempunyai tujuan dan target akan sangat membantu kamu pastinya dalam menabung, jadi pastikan kamu mempunyai target dan tujuan dalam menabung!

Mempunyai Persentase Pendapatan untuk Tabungan

kesadaran

Sumber : jmafcu.org

Apakah kamu mempunyai persentase dalam menabung? Jika belum, usahakan kamu mempunyai persentase dalam menabung, atau pun setidaknya mempunyai jumlah uang yang harus kamu tabung! Orang-orang yang rajin menabung, biasanya mempunyai persentase tabungan sekitar 10 hingga 30 persen dari pendapatannya untuk menabung. Jadi, jika mereka mempunyai sekitar Rp 10 juta per bulan, mereka akan menabung Rp 1 juta hingga Rp 3 juta per bulan untuk tabungan mereka.

Lebih ekstrim lagi orang-orang yang memang sangat fokus menabung. Biasanya, mereka akan lebih fokus dalam menabung ketimbang kehidupan sehari-hari. Bahkan, ada yang lebih memilih mempunyai 3/10 uangnya untuk kehidupan sehari-hari, sedangkan sisanya, 7/10 dialokasikan untuk menabung dan investasi. Jadi, ada saja orang yang mempunyai pendapat Rp 10 juta, ia pakai Rp 3 juta untuk kehidupan sehari-hari dan sisanya untuk menabung dan investasi.

Dari sini, kita bisa melihat dengan adanya persentase, hal ini akan meningkatkan komitmen kita untuk menabung, dan akan memperkuat kesadaran kita untuk lebih memfokuskan diri pada menabung.

Bagaimana dengan kamu Rekan Bijak? Apakah kamu sudah rajin menabung? Atau malah, kamu tidak mempunyai tabungan sama sekali? Jika kamu tidak mempunyai tabungan sama sekali, mulai sekarang usahakan kamu mulai menabung, Rekan Bijak! Jika kamu butuh motivasi untuk meningkatkan kesadaran menabung, kamu dapat mengikuti tips-tips yang ada diatas. Selamat menabung!

kesadaran

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: