4 Tips Servis Kendaraan dengan Hemat dan Aman

Agar mobil tidak cepat rusak, mobil harus rutin di-service. Alasan mobil perlu di-service adalah pemakaian kilometer tertentu yang menjadi syarat wajib service, memperlama umur pakai sesuai prediksi pabrik dan mencegah kerusakan mobil di jalan.

4 Tips Servis Kendaraan dengan Hemat dan Aman

4 Tips Servis Kendaraan dengan Hemat dan Aman

Memiliki kendaraan pribadi memang memudahkan kita dalam bertransportasi. Selain tidak perlu berdesak-desakan di angkutan umum, Kita dapat berkendara lebih leluasa. Namun biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli bahan bakar, perawataan, dan servis kendaraan juga tidak sedikit. Maklum, mobil kita terdiri dari ribuan komponen yang bekerja keras mengawal mobilitas kita sehari-hari. Ada kalanya kendaraan kita juga perlu dirawat dan diservis, namun biaya servis kendaraan tidaklah murah. Jangan khawatir Rekanbijak, kita bisa lho menghemat biaya servis kendaraan dengan tips dibawah ini.

Temukan Bengkel Terpercaya dan Teknisi Terpercaya

Servis Kendaraan

www.novusglassredmond.com

Saat kita menemukan bengkel yang terpercaya, otomatis bengkel tersebut akan melayani secara jujur. Dalam artian, pemilik mobil tidak harus membayar sesuatu yang tidak dibutuhkan. Hal ini sangat penting mengingat cukup banyak fenomena bengkel “nakal” yang sengaja menulis catatan spare part rusak atau perlu diganti, padahal tidak. Jika kita menemukan keanehan pada suatu bengkel, konsultasikan pada rekan yang mengerti tentang mesin mobil. Sehingga apabila pemilik bengkel melakukan penipuan, kita bisa segera pindah bengkel. Contoh bengkel yang terpercaya adalah yang berlabel AAA Car Care Center atau AAA Approved Auto Repair Shop.

Baca Juga: 6 Tips agar Kendaraan Sehat, Tabungan Tetap Hemat

Jangan Memakai Suku Cadang Palsu

Meskipun lebih mahal, tetapi suku cadang asli akan bisa menjaga keawetan mobil secara lebih berkualitas. Pabrik pembuatnya menyusun suku cadang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mobil sehingga lebih bisa “klik” dengan mesin mobil. Pada umumnya, beberapa bengkel akan menawarkan kepada pelanggan apakah ingin memilih suku cadang original atau tidak. Pilihlah yang original agar kita tidak perlu sering mengganti suku cadang setelah itu. Niatnya mau berhemat, tapi bisa-bisa kita malah menambah masalah baru apabila suku cadang palsu tersebut menimbulkan kerusakan pada kendaraan kita. Hal ini bisa membuat kerusakan bagi kendaraan kita dan menambah mahal biaya servis kendaraan.

Bergabunglah Pada Forum dan Cari Rekomendasi

Rekomendasi dari pemilik mobil yang sejenis bisa menjadi salah satu acuan dalam berbagai hal. Memilih mobil, menentukan biaya dan segala urusan yang berkaitan dengan perawatan mobil sangat bisa dilakukan melalui forum. Kita juga bisa mencari orang-orang yang bersedia untuk membagi ilmu dan tips perawatan mobil sesuai spesifikasinya. Mereka juga bisa membagikan informasi bengkel servis kendaraan terpercaya mereka.

Selain lebih terpercaya, testimoni juga bisa memberikan bukti foto hasil pengerjaan atau dokumen pendukung seperti sertifikat pelayanan dan standar service. Jadi, biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih murah karena banyak rekomendasi dan harga yang ditetapkan bisa dicek kembali secara terbuka.

Baca Juga: 4 Ragam Cara Mengecek Pajak Kendaraan

Rutin Mengganti Oli

Servis Kendaraan

thehimalayantimes.com

Bila kita bertanya, sepenting apa sih, peranan pelumas alias oli bagi mobil kita? Jawabannya, sangat penting. Biasanya kita mengira fungsi fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin. Padahal oli memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni antara lain, sebagai pendingin, pelindung dari karat, pembersih dan penutup celah pada dinding mesin. Oli lah yang merawat mesin dan peralatan kendaraan agar tidak cepat rusak. Kerusakan di sini bisa sampai mengakibatkan mobil harus turun mesin, terbayang kan mahalnya? Karena itu, ganti oli secara rutin tiap 5000 km (mineral oil) atau 10.000 (synthetic oil).

Berhemat Biaya Service Mobil Semaksimal Mungkin

Biaya perawatan atau biaya service mobil pasti sangat diperlukan oleh para pemilik mobil, mengingat mobil yang selalu dipakai, maka mobil akan mengalami kerusakan sedikit demi sedikit, sebanding dengan usia mobil tersebut. Biaya untuk merawat mobil tidak dapat kita hindarkan, melainkan bisa kita siasati agar pengeluaran untuk biaya servis kendaraan agar tidak besar. Lakukan beberapa tips yang disajikan pada penjelasan sebelumnya, agar keuangan keluarga kita tetap aman dan tidak mengganggu kebutuhan kita.

Baca Juga: Mengenal Jenis Asuransi Kendaraan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: