Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Keluarga untuk Single Parent

Menjadi sosok single parent atau orangtua tunggal memang bukan suatu hal yang mudah. Rekan harus mampu membesarkan anak seorang diri, ketika keluarga lainnya bisa membagi tugas itu dengan para pasangannya. Seringkali skenario terburuk seperti kehilangan pekerjaan atau sakit sehingga tidak dapat bekerja bisa terjadi dan membuat keuangan menjadi tak terkendali. Karna itu, persiapan dan perencanaan keuangan yang baik dibutuhkan agar single parent bisa mengatur keuangannya.

Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Keluarga untuk Single Parent

Simak 5 Tips Mengatur Keuangan Keluarga untuk Single Parent

Menjadi single parent bukanlah hal yang diinginkan setiap orang. Sebagian orangtua harus menjadi single parent dikarenakan pasangannya telah meninggal terlebih dahulu. Sebagian lagi akibat suami istri sudah tidak meras harmonis dan sudah tidak sepaham dalam membina rumah tangga dan pada akhirnya memilih dan memutuskan untuk bercerai.

Menjadi orangtua tunggal tentu Rekan memiliki segudang kebijakan dalam keuangan, terutama bagi Rekan yang memang sangat memperhatikan berbagai hal terkait keuangan keluarga. Hal ini sangat wajar mengingat semua sumber penghasilan berasal dari Rekan sendiri. Apalagi terdapat berbagai pos pengeluaran yang harus ditutupi setiap bulannya, akan menjadi kewajiban yang ditanggung oleh Rekan sendiri selaku single parent.

Lalu apa saja yang harus seorang orangtua tunggal perhatikan dalam mengelola keuangan keluarga? simak tips mengelola keuangan bagi single parent berikut:

Menambah Pemasukan

Single parentSumber: ekonomi.kompas.com

Memang tidak mudah menjadi seorang single parent. Selain menjadi tulang punggung satu-satunya dalam keluarga dalam urusan mencari nafkah, juga harus mendidik dan mengurus keluarga. Sama seperti keluarga lainnya, orangtua tunggal harus mampu mengalokasikan dan menyiapkan pendapatan untuk kehidupan sehari-hari, pengeluaran mendesak, dan pengeluaran jangka panjang.

Tidak ada salahnya untuk mencari dan menemukan sebuah pekerjaan sampingan yang dapat menambah penghasilan Rekan, terutama jika Rekan memiliki sejumlah kebutuhan yang tidak terpenuhi dengan hanya mengandalkan penghasilan dari pekerjaan yang ada saat ini. Namun, selalu ingat bahwa ini hanyalah penghasilan tambahan, dimana pekerjaan saat ini masih tetap menjadi sumber penghasilan utama di dalam keuangan Rekan.

Baca Juga: 8 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Mudah

Membuat Anggaran dan Catatan Keuangan

Single ParentSumber: SuaraJakarta.co

Rekan tidak bisa mengelola rekening tabungan jika tidak tahu dimana dan kemana semua uang Rekan mengalir. Memiliki anggaran merupakan tahapan yang paling penting dalam perencanaan keuangan. Rekan harus melakukannya dengan teliti dan menggunakan perkiraan yang tepat, agar tidak ketimpangan di dalam perencanaan yang telah Rekan atur.

Catatlah setiap perencanaan, penerapan anggaran secara rinci dan jelas. Rekan dapat mengetahui pola pemasukan dan pengeluaran melalui catatan keuangan. Dengan mengetahui pola, Rekan dapat mulai menyiapkan dananya mulai dari sekarang, sehingga tiba waktunya Rekan tidak perlu berhutang.

Baca Juga: 7 Tips Cerdas Mengatur Keuangan bagi Ibu Rumah Tangga!

Memiliki Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Single parentSumber: avrist.com

Setiap single parent sebaiknya memiliki polis asuransi yang tepat bagi diri dan anak-anaknya. Asuransi yang perlu dimiliki adalah asuransi jiwa, sehingga ada dana yang bisa digunakan bagi pengganti Rekan untuk mengurus anak-anak jika terjadi kematian. Terkadang orang-orang mengeluhkan besarnya uang yang harus dikeluarkan untuk asuransi.

Namun, apabila Rekan harus menghadapi tindakan medis yang tak terduga, tentu biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih banyak daripada premi asuransi yang harus dibayarkan. Jadi sebaiknya Rekan juga memiliki asuransi kesehatan dan pendidikan agar gaji yang telah dikumpulkan bertahun-tahun tidak habis hanya untuk membiayai perawatan medis dan agar Rekan mampu menyiapkan pendidikan anak dengan baik tanpa terhalang biaya pendidikan yang semakin naik.

Baca Juga: 6 Hal yang Patut Dibaca dan Diperhatikan di Polis Asuransi Jiwa

Membuat Dana Darurat

Single parentSumber: economy.okezone.com

Mempunyai dana darurat biasanya sangat sulit dilakukan, terutama apabila Rekan menjadi satu-satunya sumber finansial bagi keluarga. Namun demikian, menyiapkan dana cadangan merupakan cara terbaik untuk melindungi Rekan. Dana darurat adalah sejumlah uang yang Rekan alokasikan dan dipakai ketika kejadian darurat.

Kejadian ini dapat berupa biaya rumah sakit atau biaya kecelakaan atau pemenuhan biaya kebutuhan ketika tiba-tiba Rekan di PHK. Idealnya, Rekan dapat mengalokasikan kurang dari 10% dari total pendapatan untuk dana darurat. Usahakan untuk terus mengalokasikan dana darurat dengan jumlah minimal 6-12 kali lebih besar dari total pendapatan Rekan tergantung pada status dan jumlah orang yang harus dihidupi.

Baca Juga: 3 Cara Memprioritaskan Dana Darurat agar Hidup Aman

Belajar Berinvestasi

Single ParentSumber: news.line.me

Lakukan investasi agar keluarga memiliki jaminan masa depan. Tidak harus dalam jumlah besar saja, Rekan juga bisa melakukan investasi dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu, tentunya yang sesuai dengan kondisi keuangan Rekan saat ini.

Namun sangat penting untuk berhati-hati dalam memilih instrumen investasi, terutama bagi Rekan yang belum terbiasa dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenal hal ini. Berinvestasilah dalam berbagai instrumen yang jelas dan memiliki risiko yang rendah, agar uang tidak hilang dan menguap dengan percuma. Jangan lupa untuk melakukan investasi dalam beberapa instrumen, agar risiko dapat terbagi dan keuangan tetap memiliki jaminan yang baik di dalam investasi yang Rekan lakukan tersebut.

Baca Juga: Simak, 7 Tips Berinvestasi Bagi Para Investor Pemula

Jadi Rekan, itu adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat mengatur keuangan untuk Rekan yang single parent agar keuangan keluarga lebih stabil dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Rekan dan orang terdekat Rekan Bijak!

Single parent

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: