Transaksi? Lebih Baik Tunai, Debit, atau Kredit? Yuk, Cermati Kekurangan dan Kelebihannya!

Transaksi menggunakan kartu baik debit maupun kredit bukanlah hal yang aneh lagi di jaman yang sudah modern saat ini. Penggunaan kartu tersebut telah menjadi kebiasaan dan gaya hidup kekinian. Masyarakat modern menganggap transaksi dengan kartu debit ataupun kredit lebih relevan dengan era saat ini yang serba cepat dan praktis.

Transaksi? Lebih Baik Tunai, Debit, atau Kredit? Yuk, Cermati Kekurangan dan Kelebihannya!

Transaksi? Lebih Baik Tunai, Debit, atau Kredit? Yuk, Cermati Kekurangan dan Kelebihannya!

Selain praktis transaksi menggunakan kartu di anggap lebih aman. Meski masyarakat saat ini lebih banyak yang melakukan transaksi dengan kartu baik debit maupun kredit. Namun, masih banyak yang lebih memilih melakukan transaksi tunai dibanding menggunakan kartu. Lalu muncul pertanyaan mengenai lebih baik menggunakan yang mana saat transaksi? dengan tunai, kartu debit atau kartu kredit? baik transaksi tunai atau menggunakan kartu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penasaran apa saja? yuk, simak ulasannya berikut ini :

Transaksi Tunai

Transaksisumber : bali.tribunnews.com

Meski uang tunai sudah tidak banyak lagi digunakan untuk transaksi, namun ia masih memiliki pengguna setia salah satunya Ibu rumah tangga. Transaksi tunai yang sering mereka lakukan adalah saat membeli keperluan dapur di pasar, terutama pasar tradisional karena di tempat tersebut dominan alat tukar yang di gunakan adalah uang tunai.

Nah, berikut kelebihan dan kekurangan transksi tunai :

Kelebihan : Lebih Mudah Dalam Transaksi

Di Indonesia masih banyak terdapat tempat yang hanya menerima pembayaran dengan tunai saja. Selain itu sering kali pembayaran dengan kartu, baik debit maupun kredit mengalami gangguan jaringan sehingga pembayaran menggunakan kartu tidak dapat di lakukan. Jadi sebaiknya, rekan bijak selalu menyiapkan uang tunai untuk berjaga-jaga.

Kelebihan : Kecil resiko memiliki hutang

Praktisnya penggunaan kartu debit maupun kredit tidak hanya membawa kemudahan namun juga masalah, seperti menjadi lebih konsumtif karena dengan hanya membawa satu kartu ke sebuah pusat perbelanjaan rekan sudah bisa membeli macam-macam barang yang bahkan tidak dibutuhkan. Lalu tanpa sadar menggunakan kartu dan menumpuk hutang pada bank. Jadi, lebih baik hanya mebawa uang tunai secukupya sesuai kebutuhan saja agar tidak menimbulkan banyak hutang di kemudian hari.

Kekurangan : Tidak Praktis

Uang tunai memang mudah di gunakan karena tidak memiliki resiko terganggu jaringan, namun juga sangat tidak praktis. Karena membawa uang tunai dalam jumlah banyak apalagi dalam bentuk pecahan akan membuat dompet terasa berat dan tentu saja merepotkan.

Kekurangan : Mudah Hilang atau Terselip

Karena ketidakperaktisan uang tunai membuatnya jadi mudah hilang ataupun terselip. Seringkali saat terburu-buru membayar sesuatu dengan tunai lalu uang lain ikut terbawa, jatuh dan hilang entah kemana. Atau karena banyaknya uang tunai yang rekan pegang dan simpan di berbagai tempat yang berbeda membuatnya mudah terselip.

Kekurangan : Resiko Kriminalitas yang tinggi

Membawa banyak uang tunai selain tidak praktis dan dapat menyebabkan resiko hilang juga dapat mengundang niat jahat jika terlihat oleh orang asing. Karena penjahat cenderung menetapkan korbannya berdasarkan apa yang dia lihat, dan membawa banyak uang tunai dapat memancing penjahat menargetkan rekan bijak sebagai korban.

Baca Juga : Ganti Gadget, Beli Tunai atau Kredit? Ketahuilah Pertimbangannya Dahulu

Transaksi Kartu Debit

TransaksiSumber : Medcom.id

Kartu Debit adalah sebuah kartu pembayaran berbasis elektronik yang di terbitkan oleh pihak bank. Jumlah uang yang bisa dibelanjakan adalah jumlah uang (saldo) yang ada di tabungan bank rekan. Selain untuk melakukan pembayaran kartu debit juga dapat digunakan untuk penarikan uang tunai secara instan. Karena hal itulah kartu debit memiliki banyak pengguna. Tapi kartu debit juga memiliki beberapa kekurangan.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan kartu debit :

Kelebihan : Transaksi yang Efisien

Dengan kartu debit melakukan pembayaran menjadi lebih efisien dengan hanya menggesek kartu, pembayaran dengan jumlah berapapun dapat diselesaikan asal saldo di bank mencukupi dan tempat berbelanja menyediakan mesin Electronic Data Capture atau EDC. Rekan tidak perlu membawa uang tunai banyak yang akan merepotkan.

Kelebihan : Dapat Melakukan Tarik Tunai

Salah satu fungsi kartu debit adalah melakukan penarikan tunai. Jadi dengan hanya membawa satu kartu sama dengan membawa seluruh uang di dalam tabungan bank. Dan saat membutuhkan uang tunai rekan hanya perlu mencari atm kemudian melakukan penarikan tunai.

Kekurangan : Rawan Disalahgunakan

Kartu debit seringkali disalahgunakan oleh oknum tertentu, misalnya kasir toko atau swalayan. Dengan melakukan penggesekan ganda di komputer kasir, tindakan tersebut berpotensi meng-copy data nasabah di kartu tersebut.

Kekurangan : Hanya Bisa Digunakan Jika Saldo Mencukupi

Kekurangan kartu debit yang lain adalah tidak bisa dipakai untuk transaksi yang melebihi saldo. Karena sumber dana kartu debit adalah saldo tabungan, jika pemebelian melebihi jumlah saldo yang ada maka kartu tidak dapat melakukan pembayaran.

Baca Juga : 4 Tips Bertransaksi Aman Menggunakan Kartu Debit

Transaksi Kartu Kredit

Transaksisumber : www.mag.co.id

Pengertian kartu kredit sendiri adalah kartu yang di terbitkan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit yang memberikan hak pada pengguna yang memenuhi persayaratan tertentu untuk menggunakannya sebagai alat pembayaran secara kredit pada barang atau jasa, atau untuk melakukan penarikan secara tunai dalam batas kredit yang di tentukan oleh pihak bank atau perusahaan penerbit kartu kredit.

Selain kemudahan tersebut kartu kredit memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut :

Kelebihan : Praktis dan Membantu Mengevaluasi Pengeluaran

Saat melakukan transaksi dengan kartu kredit, rekan tidak akan kerepotan harus mencari atm atau menghitung jumlah uang terlebih dahulu seperti saat melakukan transaksi tunai. Cukup menggesekkan kartu di kasir, pembayaran dapat terselesaikan.

Dan setiap bulan biasanya pihak bank akan mengirimkan seluruh transaksi yang telah rekan lakukan selama sebulan terakhir. Tagihan ini dapat menjadi bahan evaluasi atas seluruh pembelanjaan yang dilakukan.

Kelebihan : Dapat Digunakan untuk Keperluan Darurat dengan Sistem Cicilan

Saat keadaan darurat yang membutuhkan pembayaran besar namun rekan tidak memiliki cukup tunai, kartu kredit dapat digunakan. Dengan ciri khas kartu kredit yang menggunakan sistem pembayaran menjadi “beli sekarang bayar nanti” menjadi kelebihan kartu kredit. Rekan dapat membeli barang terlebih dahulu lalu melakukan pembayaran dengan mencicil secara teratur setiap bulan.

Baca Juga : 7 Keuntungan dan Kelebihan Memiliki Kartu Kredit

Kekurangan : Rentan Digunakan Berlebihan dan Disertai Bunga

Mudahnya menggunakan kartu kredit membuat orang cenderung akan melakukan transaksi lagi dan lagi dengan kartu kredit tanpa memikirkan kemampuan membayar tagihan/cicilan yang akan datang. Dan bunga yang ada membuat harga barang menjadi lebih mahal. Jika keinginan untuk terus menggunakan kartu kredit tidak dikontrol akan muncul masalah hutang pada pihak bank akibat ketidakmampuan membayar cicilan dengan bunga yang membuat tagihan semakin menumpuk.

Baca Juga : 5 Cara Ampuh dalam Menyelesaikan Pinjaman Kartu Kredit

Kekurangan : Aturan yang Ketat dan Berujung pada Bertambahnya Tagihan

Kartu kredit yang mengenakan bunga pada tagihan yang tertunggak, lalu berbagai aturan ketat yang wajib ditaati karena bila tidak, rekan akan dikenakan denda keterlambatan yang akan menambah total tunggakan. Belum lagi biaya administrasi yang perlu diperhatikan dan dibayarkan secara teratur.

Baca Juga : Ketahuilah 7 Macam Biaya Kartu Kredit yang Seringkali Terlupakan!

Nah, itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan transaksi menggunakan tunai, kartu debit dan kartu kredit. Menurut rekan mana yang lebih baik?

Tapi, Jika rekan sedang membutuhkan dana dalam jumlah besar namun tidak memiliki cukup tabungan atau enggan dililit hutang akibat bunga yang tinggi dari kartu kredit di kemudian hari? tidak perlu bingung! rekan bisa melakukan pengajuan pinjaman dana di Danabijak, dengan syarat yang mudah dan bunga yang sangat rendah yaitu hanya 0,8% per hari. Rekan sudah bisa mengajukan pinjaman mulai dari 350 ribu. Jadi, tunggu apalagi? ayo segera kunjungi website danabijak untuk informasi lebih lanjut!

Baca Juga : 8 Tips agar Cepat Dapatkan Pinjaman Online

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Dan rekan, transaksi manapun akan baik jika digunakan dengan bijak. Ayo lebih bijak dalam melakukan setiap transaksi ya rekan bijak!

Transaksi

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: